Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Artikel

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Kuliah

| Juni 29, 2022 WIB

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Kuliah - Lulus kuliah dan mendapat gelar sarjana atau diploma pasti membanggakan. paling tidak ada nambah gelar di belakang nama kita. Kehidupan mahasiswa dengan segala lika likunya akan kita tinggalkan, pernah mikir gak sih setelah lulus kuliah mau ngapain? Berikut ini hal – hal yang bisa dilakukan setelah kuliah yang mungkin dapat menginspirasi anda.

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Kuliah

1. Travelling

Apakah anda pernah melakukan hal – hal ini ketika kuliah? jalan – jalan ke pantai, mendaki gunung, pergi ke obyek wisata lokal, backpacker ke luar pulau? jika belum pernah maka anda perlu mencoba untuk melakukannya pasca lulus kuliah. Sensasi traveling ke tempat – tempat yang belum pernah anda kunjungi bisa menyegarkan pikiran dan menambah pengalaman baru untuk anda sekaligus mungkin memberi inspirasi untuk anda.

2.   Menyelesaikan Urusan yang belum terselesaikan di kampus

Jika anda masih mempunyai urusan yang belum terselesaikan di kampus tempat anda kuliah maka anda harus menyelesaikannya. Permasalahan yang belum terselesaikan di kampus bisa membuat beban di pikiran anda dan menghambat anda untuk melanjutkan karier atau tujuan hidup anda.

3. Membuat Karya Pribadi

Jika anda memiliki bakat atau hobi dalam bidang tertentu seperti menggambar atau bermusik, anda bisa mencoba untuk membuat lukisan atau menciptakan lagu. Karya – karya non komersil yang anda buat sekarang mungkin bisa berguna atau menjadi sebuah kebanggaan di masa depan.

4. Mencari Wawasan Kerja

Pekerjaan adalah motif utama ketika kita memutuskan untuk kuliah. Misal jika ingin menjadi hakim maka and mengambil kuliah pada jurusan hukum. Lalu bagaimana jika jurusan yang anda ambil bersifat universal? anda bisa mencoba mencari wawasan kerja kepada rekan – rekan, saudara, atau senior anda tentang lapangan kerja apa yang bisa anda masuki. Bekerja tidak hanya di perusahaan maupun instansi pemerintah, anda juga bisa mencari nafkah dengan berwirausaha.

5. Jangan Sombong!!

Lulus kuliah hanya membuktikan bahwa anda mampu melewati ujian selama perkuliahan dengan batas nilai yang ditentukan. Modal penting berupa ilmu bisa membuat anda percaya diri tapi usahakan menghindari sifat sombong karena ada banyak lulusan lain seperti anda yang mempunyai kemampuan yang sama atau bahkan lebih.

×
Berita Terbaru Update