Breaking News

Karir Lowongan Pekerjaan di Penerbit Buku

Lowongan pekerjaan di penerbit buku bisa menjadi satu alternatif yang mumpuni bagi Anda yang ingin bekerja sambil berkarya. Para mahasiswa yang telah lulus pun layak mencobanya, apalagi biasanya mahasiswa baru lulus masih benar-benar fresh dalam hal pemikiran. Di Indonesia sendiri terdapat banyak penerbit buku sehingga Anda bisa mencoba untuk memasukkan lamaran ke satu dan penerbit lainnya apabila gagal. Jangan menyerah!

Karir Lowongan Pekerjaan di Penerbit Buku

Bahkan untuk mencoba karir di lowongan pekerjaan di penerbit buku, Anda bisa berlatar belakang pendidikan apa saja. Anda dapat mencari berbagai informasi tersebut di koran, internet atau pun kenalan Anda jika ada di sebuah penerbit buku. Mari kita mengenal sejenak mengenai karir ini:

  • Dari data di situs web Perpustakaan Nasional Republik Indonesia www.perpusnas.go.id ada 1000 lebih penerbit di Indonesia. Oleh karena itu, peluang untuk bekerja di penerbitan sudah pasti terbuka lebar!
  • Penerbit buku biasanya jarang memasang iklan lowongan di media cetak atau pun internet. Namun informasinya biasanya menyebar dari mulut ke mulut, jejaring sosial dan milis.
  • Pada umumnya penerbit membutuhkan freelance editor, sales untuk penjualan langsung, pracetak yakni untuk pemasangan cover buku dan penjilidan, tenaga outsourcing, desain, ilustrator, gudang, checker buku, dan bahkan dibutuhkan seorang office boy.

Bahkan tahukah Anda bahwa lowongan pekerjaan di penerbitan buku lebih mengutamakan sistem rekrut yang cukup unik. Cara mereka adalah dengan mengandalkan koneksi dan persaudaraan, bahkan melebihi alasan logis seperti pengalaman kerja atau IPK. Ini dikarenakan orang yang bekerja di penerbitan diutamakan yang memang kreatif. Untuk itu pula, melamar pekerjaan di bagian penerbitan buku akan lebih baik jika Anda mendatangi redaksi atau HRD daripada via email.

Salah satu pekerjaan yang paling mudah yang bisa Anda coba adalah direct selling karena sistemnya berdasarkan komisi bukan gaji. Ini didapat dari penjualan yang berhasil Anda lakukan. Meski memang awalnya sedikit, namun seiring waktu Anda pasti dikenal sebagai sales buku, bukan?

Jika Anda tidak mampu menjadi direct sales, maka ada beragam posisi lainnya di lowongan pekerjaan di penerbit buku. Seperti yang telah disinggung pula di paragraf sebelumnya. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan yang mana keahlian Anda:

  1. Tim redaksi atau editor. Pada umumnya lowongan ini ditujukan bagi mereka yang berasal dari jurusan bahasa. Namun tidak menutup kemungkinan bagi yang lainnya yang penting Anda mahir berbahasa asing mungkin? Atau Anda memang suka membaca, menulis dan sangat mencintai buku.
  2. Tim layouter dan desainer grafis. Anda yang berlatar belakang jurusan desain grafis dapat mencoba lowongan ini. Keahlian yang dibutuhkan adalah Anda yang bisa menjadi ilustrator, desain grafis dan marketing.
  3. Tim produksi yakni mereka yang paham soal pracetak dengan menghitung penggunaan kertas untuk buku-buku tertentu dan mengerti mengenai ongkos produksi.
  4. Distribusi. Menjadi bagian dari redaksi distribusi pun bisa Anda lirik. Kebanyakan penerbit mempunyai lini lainnya yakni bagian distribusi di mana tugas mereka adalah menjual buku tersebut. Akan ada banyak tugas yang bisa Anda peroleh di sini.

Sebenarnya ada banyak lagi peluang karir di industri buku. Sesuaikan saja dengan keahlian Anda dan rajin untuk meng-update informasi agar tidak ketinggalan kesempatan yang sebenarnya telah terbuka lebar. Punya sikap untuk mampu berinovasi dan kreatif adalah kuncinya, entah apakah Anda ingin masuk ke penerbit besar ataupun penerbitan kecil – yang penting sesuai dengan passion Anda!

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close