Wisata Bukit Karst Rammang Rammang Terbaik di Indonesia

EDY SYAM
0

 

Wisata Bukit Karst Rammang Rammang Terbaik di Indonesia
Wisata Bukit Karst Rammang Rammang 

Rammang-rammang merupakan daerah pegunungan di mana sejumlah gunung seperti Gunung Karst menjadi salah satu daya pikat wisata alam yang memesona di Maros. Jika kamu sedang singgah atau berada di Makassar, Rammang-rammang bisa dijadikan tujuan wisata dalam agenda liburanmu. 


Pegunungan kapur yang ada di Rammang-rammang ini merupakan pegunungan karst terbesar yang ada di Indonesia, bahkan berada di posisi kedua di dunia. Rammang-rammang sendiri memang masih terdengar cukup asing di telinga, bahkan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Daerah yang menyimpan sejuta potensi ini berada tak jauh dari Makassar tepatnya di wilayah Maros, Sulawesi Selatan.


Karst merupakan gugusan tebing Cadas yang terbentuk oleh erosi bawah tanah batuan seperti Batu Kapur dan Marmer yang larut dalam air. Kawasan ini juga dikenal sebagai Hutan Batu terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Karst di Yunan, Cina Selatan, Cina. Kawasan Karst Maros sendiri terbentuk oleh batuan gamping sejak ribuan tahun yang lalu membentang di wilayah kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan luas sekitar kurang lebih 40 ribu hektar. 


Keunikan karst Maros-Pangkep terletak pada bentuknya yang seperti menara dan benteng batu yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi dengan berbagai macam bentuk yang unik, ada sebuah menara batu yang jika dilihat dari titik yang pas akan membentuk siluet wajah. Karst Maros-Pangkep yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung adalah surga bagi pecinta alam. Selain menikmati indah tebing batu, kita juga dapat menjelajahi Gua-gua di sekitar karst dengan bantuan pemandu setempat, tentunya dengan peralatan dan pakaian yang sesuai dengan wisata jelajah Gua.


Namun ternyata desa rammang-rammang yang indah ini tidak cukup dikenal oleh warga sulawesi selatan itu sendiri. Kawasan ini baru familiar di antara kawan-kawan pencinta travelling sementara masyarakat umum masih banyak yang bertanya apa, di mana dan ada apa di rammang-rammang itu, harus menyewa perahu kecil yang bisa muat 5 orang. Harga sewa perahu seharian di Ramang-Ramang Rp250.000 dengan tujuan Dusun Berua


Akses


Rammang-rammang bisa diakses dengan mudah dari Makassar, anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi menyusuri jalan poros maros-pangkep kemudian berhenti di belokan jalan masuk menuju pabrik semen bosowa. Dari sana, dusun rammang-rammang hanya berjarak beberapa ratus meter. Jika anda berminat mencoba menyusuri sungai puthe, kisaran harga sewa adalah sekitar 100 sd 150 ribu rupiah tergantung kepiawaian anda menawar, dan itu untuk maksimal 10 orang.


Di desa ini semua pengunjung wajib turun karena pemandangannya luar biasa cantiknya. Kita dikelilingi bukit-bukti beraneka ukuran yang menjulang seperti menyembul dari tanah. Selain menyaksikan keindahan bukit karst di sini sebenarnya pengunjung juga bisa mengikuti jelajah gua yang juga ada di kawasan ini salah satunya gua Berlian. 


Sayangnya gua yang dimaksud berada cukup jauh dan jalannya lumayan menanjak. Memang yang paling asyik berkunjung ke rammang-rammang adalah di sore hari. Suasananya lebih sejuk dan matahari pun sudah mulai beranjak ke peraduannya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)