Layanan Rujukan Perpustakaan

Layanan Rujukan  Perpustakaan


Layanan Rujukan  Perpustakaan - Salah satu bagian penting di perpustakaan adalah layanan rujukan perpustakaan. Apabila perpustakaan tidak memiliki bagian rujukan, maka tugas ini harus dikerjakan oleh bagian sirkulasi. Mengingat semua pertanyaan dapat dijawab melalui literatur, maka yang penting adalah bagaimana petugas bagian sirkulasi ini mengetahui bahan-bahan apa yang dapat dipergunakan untuk menjawab pertanyaan rujukan tersebut.

Sumber dan Berbagai Jenis Buku Rujukan

1. Pelayanan Referensi

Pelayanan rujukan merupakan bagian yang cukup penting dalam suatu sistem perpustakaan. Bagus atau tidaknya suatu perpustakaan dapat diukur dari koleksi dan pelayanan rujukan pada perpustakaan tersebut.

Tujuan bagian Rujukan atau referensi adalah untuk mendapatkan, memelihara, dan menyediakan pengetahuan rekaman oleh manusia dan mempergunakan di perpustakaan.

Makin lengkap buku rujukan yang dimiliki oleh perpustakaan, makin mampulah pustakawan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung.

2. Ciri-ciri Buku Rujukan

  • Buku "R" umumnya mahal
  • Tidak perlu dibaca seluruhnya
  • Tidak boleh keluar dari perpustakaan
  • Untuk layanan "R" diperlukan ruang baca dan mesin foto kopi.

Penulis terkenal buku rujukan adalah Bill Katz. Menurut William Katz buku rujukan dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu
  1. Direction Type.
  2. Source Type
  3. Government Documents & AV Material

0 Response to "Layanan Rujukan Perpustakaan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel