Layanan Peningkatan Minat Baca

Layanan Peningkatan Minat Baca

Layanan Peningkatan Minat Baca - Dalam usaha meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, kita tidak boleh melupakan pembinaan minat baca. Kemampuan membaca ternyata menentukan kecerdasan seseorang. Selain tugas guru dan orang tua, perpustakaan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam pekerjaan ini. Telah dibuktikan oleh banyak negara adidaya keampuhan perpustakaan dalam mencerdaskan bangsanya. Apalagi pada era informasi dan globalisasi ini, pengembangan sumber daya manusia perlu ditingkatkan. "Kebodohan bukanlah suatu hal yang permanen," demikian pernah diucapkan presiden Soeharto. Kita akan lepas dari kebodohan, kalau kita cerdas, kreatif, dan rajin bekerja keras.


Dewasa ini pembinaan minat baca merupakan hal yang sangat penting tetapi seolah-olah dilupakan orang. Kita begitu percaya kepada sekolah tempat anak-anak kita belajar di sekolah dasar, saat anak diajari membaca. Pada saat itu kita pernah memperhatikan betapa susahnya orang yang baru mulai membaca. Huruf yang jelas itu seolah menjadi satu, dan mengucapkannya pun sukar sekali. setelah sekian bulan belajar dengan guru di sekolah, barulah anak kita bisa membaca.

Peningkatan minat baca adalah suatu hal yang sangat penting, tetapi seolah dilupakan orang. Kita mempercayakan pembinaan ini kepada sekolah, tetapi ternyata sekolah tidak berhasil. Mutu sekolah dari berbagai tingkatan terus merosot. Orang tua sebenarnya juga harus ikut meningkatkan minat baca anak di rumah.

Bacaan anak lelaki tidak sama dengan anak perempuan, jangan kita paksa anak remaja membaca buku seperti yang kita inginkan. Membaca mendorong untuk kita berpikir. Selain itu kita juga memperoleh pengalaman yang tidak terhingga. Dengan bacaan kita bisa mengetahui bagaimana orang-orang Indian di Amerika Serikat dibantai, bagaimana Pangeran Diponegoro menghadapi peluru tentara Belanda.

Cara meningkatkan minat baca bagi orang AS ialah dengan jalan menyediakan buku-buku di perpustakaan. Terutama di Perpustakaan sekolah. Alternatif lain ialah perpustakaan umum. Kedua jenis perpustakaan ini hidup dengan baik karena pajak.

Dari perpustakaan kita bisa memperoleh banyak ide. Tetapi di negara kita, perpustakaan belum membudaya. Memang zaman belanda sudah ada perpustakaan, tetapi itu untuk kepentingan mereka. Rakyat di pedesaan belum mengerti apakah perpustakaan itu.

0 Response to "Layanan Peningkatan Minat Baca "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel