Jenis dan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Daftar Isi

Pustakawan Barru - Pada umumnya yang dimaksud dengan perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada di bawah pengawasan dan dikelola oleh perguruan tinggi dengan bertujuan membantu perguruan tinggi tersebut mencapai tujuannya.

Jenis dan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi


Pengguna dan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Pengguna perpustakaan perguruan tinggi adalah semua anggota sivitas akademika di perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi mempunyai tugas untuk melayani sivitas akademika dari perguruan tinggi lain yang bidang kajiannya sama.

Koleksi dan Sumber Daya 

Koleksi yang ada di perpustakaan perguruan tinggi pada umumnya lebih baik dibandingkan dengan jenis jenis perpustakaan lain. 

Pustakawan atau Sumber daya manusia (SDM) di perguruan tinggi rata-rata juga termasuk yang terbaik di antara jenis perpustakaan lain. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang sudah mempunyai program studi atau pendidikan ilmu perpustakaan, baik tingkat diploma sampai tingkat sarjana.
 

Status dan Anggaran

Status perguruan tinggi sudah jelas di bawah perguruan tinggi yang bersangkutan. Biasanya perpustakaan bertanggung jawab kepada rektor melalui pembantu rektor satu. 

Anggaran untuk perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia sesungguhnya masih sangat rendah, dibandingkan dengan misi dan tanggung jawab yang dibebankan kepada perpustakaan. Tetapi ini adalah kejadian atau fenoma biasa yang terjadi di Indonesia.
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar