Jenis dan Layanan Perpustakaan Umum

Pustakawan Barru - Pustakawan yang bekerja di perpustakaan umum adalah yang paling banyak mendapat tantangan dalam hal pemasaran dan promosi jasa perpustakaan. Hal ini disebabkan karena mereka harus melayani seluruh lapisan masyarakat yang jumlahnya sangat besar.

Jenis dan Layanan Perpustakaan Umum
Kantor Perpustakaan Umum Cimahi

Pengguna dan Layanan Perpustakaan Umum

Sebagaimana kita ketahui pengguna perpustakaan umum adalah semua orang yang hidup, bekerja, atau belajar di suatu lokasi atau kota kabupaten tertentu tempat perpustakaan umum itu berada. 

Dalam merancang strategi pemasaran dan promosi layanan perpustakaan, kita senantiasa perlu mempertimbangkan keberadaan mereka. Karakteristik dan kebutuhan mereka yang berbeda-beda juga harus diperhitungkan agar tujuan dari pemasaran dan promosi kita tercapai.

Koleksi dan Sumber Daya Manusia

Perpustakaan umum di Indonesia pada umumnya belum mempunyai banyak pustakawan profesional. Rata-rata pustakawan yang bekerja di perpustakaan umum di kabupaten atau kota-madya hanya berbekal kursus-kursus singkat.

Sebagaimana biasanya di perpustakaan, maka bahan pustaka di perpustakaan umum juga dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu bahan pustaka yang bisa dipinjamkan ke luar dan bahan pustaka yang hanya diperbolehkan dibaca di dalam perpustakaan saja.

Status dan Anggaran Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum di Indonesia berada di bawah tanggung jawab pemerintah daerah tingkat dua. Jadi kepala perpustakaan bertanggung jawab kepada walikota atau bupati. Dengan demikian pembinaan dan anggarannya didapatkan dari pemerintah daerah tingkat dua tersebut.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel