Konsep Jaringan Informasi Perpustakaan

Daftar Isi
Pustakawan Barru - Jaringan informasi atau kadang-kadang disebut pula jaringan kerja informasi (information network) yaitu suatu sistem terpadu dari badan-badan yang bergerak dalam bidang pengolahan informasi, seperti perpustakaan, pusat dokumentasi, pusat informasi, bank data dan sejenisnya. Pada umumnya kegiatan jaringan informasi serupa dengan kegiatan kerja sama perpustakaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa kegiatan jaringan informasi merupakan satu muka dari suatu mata uang, sedangkan muka lainnya adalah kegiatan kerja sama perpustakaan.

Konsep Jaringan Informasi Peprustakaan

Tujuan jaringan informasi perpustakaan secara umum adalah meningkatkan layanan kepada pemakai dengan cara mendayagunakan koleksi yang dimiliki secara bersama-sama. Untuk dapat mencapai tujuan  jaringan informasi diperlukan koordinasi yang kuat, efektif dan efisien serta ekonomis, tidak hanya dari segi biaya, tetapi juga dari segi teknis perpustakaan dan dokumentasi.

Karena jaringan informasi dan dokumentasi bertujuan memberikan jasa sebaik-baiknya bagi pemakai, maka pemakai perlu mengetahui kemampuan jasa jaringan, apa yang tersedia, dan bagaimana cara mendayagunakannya. Untuk itu perlu pendidikan pemakai, seperti bagaimana cara menggunakan literatur sekunder, cara menelusur informasi IPTEK, strategi penelusuran, dan cara mengikuti perkembangan informasi IPTEK dalam bidang masing-masing.
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar