Mengenal Kemampuan Teknis Pustakawan


Mengenal Kemampuan Teknis Pustakawan


Pustakawan Barru - Seorang pustakawan yang profesional dituntut untuk menguasai secara teknis maupun konseptual bukan hanya bidang perpustakaan, melainkan juga bidang-bidang lain yang berkaitan misalnya bidang dokumentasi, informasi dan kearsipan.

Kemajuan teknologi informasi yang  sangat pesat dewasa ini sangat erat kaitannya dengan pekerjaan pustakawan. Oleh karena itu, seorang pustakawan masa depan harus menguasai teknologi informasi dan jangan sampai jadi pustakawan yang gagal teknologi.

Kemampuan Teknis Secara Konvensional

Seorang pustakawan yang profesional diharuskan memiliki kemampuan teknis yang cukup memadai dalam bidangnya sendiri. Dalam hal ini bidang yang berkaitan dengan kemampuan dalam mengelola segala sesuatu tentu saja yang berkaitan dengan perpustakaan, dokumentasi dan informasi.

Pengguna di perpustakaan terdiri dari berbagai jenis dan kebutuhannya. Oleh karena itu, agar dapat memberikan layanan yang baik sudah seharusnya seorang pustakawan bisa mengantisipasi keadaan dan kebutuhan pengguna. Berikut ini uraian mengenai jenis pengguna dan jenis informasi yang kiranya mereka perlukan.
  •  Pemegang keputusan da perencana. 
  • Manajer dan administrator
  • Ilmuwan, peneliti, dan tenaga konsultan
  • Pengajar, dosen, dan mahasiswa
  • Praktikan, teknisi, dan industriawan. 
  • Tenaga penyuluh
  • Media massa
  • Pemakai akhir (konsumen - ibu rumah tangga dan lain-lain)

 Kemampuan Teknisi Sesuai Dengan Kemajuan Teknologi

Dampak kemajuan teknologi informasi telah masuk ke berbagai sendi kehidupan, termasuk di dunia perpustakaan. Kemajuan teknologi informasi berdampak pada layanan perpustakaan yang dapat dilakukan secara proaktif oleh pustakawan untuk kepentingan penggunanya.
 
Bagi pustakawan fungsional pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dalam kegiatan dan pekerjaan sehari-hari mempunyai implikasi lain. Ini tentunya menjadi pemikiran dan kajian ulang para perancang nilai  angka kredit pustakawan. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel