Mengenal Sikap dan Kemampuan Berkomunikasi Pustakawan Nasional

Mengenal Sikap dan Kemampuan Berkomunikasi Pustakwan Nasional

Pustakawan Barru - Salah satu faktor penting dalam hal promosi perpustakaan namun seringkali diabaikan yaitu faktor sumber daya manusianya. Yang dimaksud di sini adalah pustakawan atau petugas perpustakaan.

1. Berwawasan Luas

Kriteria pertama seorang profesional, menurut Tanri Abeng, adalah orang atau petugas itu harus berwawasan luas. Pustakawan yang memiliki pengetahuan umum yang luas akan mudah memberikan layanan yang bermutu kepada pemakai atau pengguna. Wawasan dan pengetahuan umum yang luas dapat diperoleh antara lain dengan rajin membaca buku atau majalah umum.

2. Integritas Tinggi

Integritas yang dimaksud di sini sebenarnya sangat luas. Tetapi secara sederhana integritas seseorang adalah keterpaduan dari beberapa sifat dan sikap baik yang membentuk kepribadian seseorang. Banyak aspek dari kepribadian seseorang yang bisa membentuk integritasnya.

3. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi oleh seorang pustakawan sangat diperlukan tidak hanya untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan tetapi juga untuk melakukan promosi layanan perpustakaan. Kemampuan berkomunikasi di sini mencakup beberapa hal, diantaranya:
  • tingkah laku nonverbal;
  • cara mendengarkan yang baik;
  • cara berbicara yang baik;
  • kemampuan menulis.

0 Response to "Mengenal Sikap dan Kemampuan Berkomunikasi Pustakawan Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel