Ini Dia Objek Wisata Nan Indah yang Ada di Kabupaten Barru

Daftar Isi

Ini Dia Objek Wisata Nan Indah yang Ada di Kabupaten Barru

1. Pulau Dutungeng

Gambar Pulau Dutungeng
Pulau dengan luas sekitar 9 Ha ini memiliki hamparan pasir putih yang indah di sisi luarnya. Dengan dikelilingi pemandangan laut yang biru anda dijamin akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat ini. Berlokasi di Desa Cilelang sekitar 48 Km dari Kota Baru. Pulau Dutungeng adalah pulau yang berada di desa Cilellang yang berjarak 48 Km dari Ibukota Kab.Barru, Luas Pulau sekitar 9 hektar dan dipadukan dengan Hamparan Pasir putih di Pesisirnya. Fasilitas yang ada di Objek Wisata ini cukup Menjanjikan diantaranya...Terdapatnya COTTAGE sebanyak 10 unit dengan Desain Tradisional Bugis. Jika anda yang Hobby kuliner tenang saja disini terdapat Restoran yang Mempunyai Menu Lokal maupun Mancanegara. Pulau ini sangatlah Unik dengan Sentuhan Bercitra Klasik dipadu dengan Fasilitas yang Lengkap dan Lingkungan Serba Asri, Serta Pemandangan Laut yang menyejukkan Hati dan Mata anda,yang akan Membuat kita Enggan tuk Beranjak dari Pulau Dutungeng.

2. Air Terjun Waesay

Gambar Air Terjun Waesay
Tempat ini memiliki potensi debit air yang cukup besar dan tidak pernah kering pada musim kemarau sekalipun, air terjun setinggi 25 meter juga didukung oleh panorama alam yang sangat indah dan udara yang dingin dan bersih. Disekitar lokasi juga terdapat situs sejarah yang memiliki artefak peralatan batu warisan sejarah masa lampau. Terletak di Kelurahan Lamporiaja, Kecamatan Tanete Riaja.

3. Pantai Wisata Ujung Batu

Gambar Wisata Pantai Ujung Batu

Keindahan pasir putih Pantai Ujung Batu sudah cukup dikenal masyarakat Barru dan sekitarnya. Ujung Batu terletak di kelurahan Sumpang binangae, berjarak 2 Km dari ibukota Kabupaten. Lokasi ini memiliki bibir pantai yang indah dan landai dengan hamparan pasir yang luas sebagai sarana untuk berjemur. Dari lokasi ini dapat pula disaksikan perahu-perahu nelayan dengan berbagai aksesorisnya. Obyek ini selain memiliki view yang eksotis, juga didukung oleh infrastruktur jalan yang baik dan dekat dengan sentra perekonomian. UJUNGBATU adalah Salah satu tempat bersantai masyarakat Barru dan menjadi salah satu Pusat Nongkrong AnakMuda Kab.Barru.Eksotisme pantai ini begitu mempesona. Tak heran jika setiap Sabtu dan Minggu tempat ini selalu ramai dikunjungi para penikmat wisata laut. Waktu paling ramai adalah di malam minggu. Paling Enak Nongkrong Di tempat Ini...Apalagi Ditemani jajanan Yang Khas dengan Angin Pantai... Mereka tidak hanya datang dari Barru, tapi juga kabupaten luar. Seperti Pangkep, Maros, Parepare bahkan dari Makassar. Selain karena keindahannya, Pantai Ujung Batu juga menjadi salah satu etape terakhir perjalanan Sandeq Race dari Majene sebelum finish di Pantai Losari Makassar. Turis mancanegara lebih sering menyaksikan Sandeq Race semalam di Ujung Batu. Meski pantai ini belum dilengkapi fasilitas penginapan dan peralatan seperti alat penyelaman, perahu , speed boat dan banana boat, namun pengunjung sangat merasakan keindahan pasir dan ketenangan ombaknya. Daya tarik Pantai Ujung Batu memang menjadi milik warga luar kota Barru di hari libur. Meski begitu, kalangan anak muda dan pelajar banyak yang memanfaatkan waktu senja untuk menikmati sunset sembari mengabadikan keindahannya melalui kamera. Beberapa pengunjung wisata pantai di Ujung Batu mengaku ingin berlama-lama setiap mengunjungi tempat ini. Gelombang lautnya yang tenang dan pantainya yang dangkal, membuat pengunjung bersama keluarga tidak terlalu khawatir bila membawa anak kecil sekalipun. Selain itu banyak juga pengunjung yang ingin menikmati ikan segar di sekitar pantai. Maklum, lokasi pelelangan ikan dekat dengan pantai sehingga mudah mendapatkan ikan segar. Biasanya wisata keluarga bertambah nikmat sembari menikmati ikan bakar.

4. Pantai Kupa

Gambar Pantai Kupa
Ekotorism Mallusetasi adalah perpaduan antara beberapa obyek wisata yang berada dalam satu lokasi terletak di Desa Kupa, Lokasinya berjarak 34 Km dari Kota Barru.

5. Pantai Labuangnge

Gambar Pantai Labuangnge


Pantai Labuangnge adalah objek wisata Pantai yang terletak di Desa Bojo baru, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.



Lokasi Pantai Labuangnge berjarak sekitar 30 Km dari Kota Barru dan 130 Km dari Kota Makassar.

6. Saoraja Lapinceng

Gambar Rumah Adat Saoraja Lapinceng
Sulawesi Selatan selalu menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan karena potensi alamnya yang menarik dan kayanya wisata sejarah yang ada disana. Salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi adalah Rumah Adat Saoraja Lapinceng. Rumah yang dibangun pada tahun 1895, tepatnya masa pemerintahan Andi Muhammad Saleh Dg. Parani ini menyimpan kekayaan tradisi dan sejarah masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kerajaan Balusu di Kabupaten Barru.


Jika dilihat dari sejarahnya, Rumah Adat Saoraja Lapinceng merupakan saksi bisu perjuangan Kerajaan Balusu menentang penjajahan Belanda. Pada masa pemerintahan Andi Muhammad Saleh Dg. Parani, Kerajaan Balusu dikenal memiliki keadaan yang aman dan damai. Beliau juga terkenal sebagai Raja yang gagah berani yang membuatnya diberi gelar ‘Petta Sulle Datue’.


Rumah Adat Saoraja Lapinceng berada di Lapasu, Kecamatan Balusu. Letaknya sendiri berjarak sekitar 17 km kearah utara dari Kabupaten Barru. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua untuk mengunjungi lokasi objek wisata ini.

Objek wisata Rumah Adat Saoraja Lapinceng terdiri dari 6 petak dengan luas bangunan 35x12 m. Jumlah tiang yang menopang rumah ini ada 35 buah dengan ukuran masing-masing 35x35 cm. Selain itu, masih terdapat beberapa bangunan di dalam Rumah Adat Saoraja Lapinceng, seperti rumah jaga, bangunan panggung pementasan, bangunan kamar mandi dan sumur. 

7. Lappa Laona


Lappa Laona, Wisata Puncak Nan Indah yang Ada di Kabupaten Barru

wisata puncak Lappa laona yang terletak di desa harapan kecamatan Tanete Riaja. Padang atau lappa laona adalah hamparan padang rumput yang hijau dan bukit serta danau.

Objek wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi antara lain.
8. Bola Pitue
9. Diana Waterpark
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar