5 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh Anda Melawan Penyakit Berbahaya

Manfaat daun sukun – Sukun merupakan salah satu jenis buah-buahan, yang sering dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Tidak hanya buahnya yang sangat enak untuk dimakan, ternyata daun sukun juga memiliki begitu banyak kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun sukun yang sudah kering sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Ada banyak zat yang terkandung dalam daun sukun kering, diantaranya zat anti inflamasi, riboflavin, asetikolan, asam hidrosianat, dan juga tanin. 


5 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh Anda Melawan Penyakit Berbahaya


Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Tradisional

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda ambil dari daun sukun kering :

Mengobati Penyakit Ginjal

Manfaat daun sukun kering yang pertama adalah untuk mengobati penyakit berbahaya, yaitu gagal  ginjal. Penderita yang mengalami penyakit ini, harus menjalani cuci darah yang menimbulkan efek kurang baik, sehingga banyak penderita yang tidak mau menjalaninya. Bagi anda yang tidak ingin menjalani cuci darah, anda bisa mencoba manfaat dari daun sukun kering. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sukun kering, mampu mendorong efek diuretik. Penderita ginjal bisa melakukan terapi ini beberapa bulan sampai penyakit gagal ginjal benar-benar hilang.


Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol biasanya disebabkan karena keseringan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti mengkonsumsi daging sapi, kulit unggas, dan minyak sawit. Lemak tak jenuh ini tidak dapat dijadikan sebagai sumber energi tubuh, melainkan akan ditimbun di dalam tubuh. Sehingga dalam jangka lama bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan stroke. Nah agar bisa mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan manfaat daun sukun kering. Anda bisa menjadikan daun sukun kering sebagai obat, maka kadar kolestrol akan menurun. Kolestrol akan keluar dari bagian darah dan menjadi sisa-sisa metabolisme yang akan dikeluarkan melalui tinja dan air seni.


Mengobati Sakit Gigi

Salah satu penyebab timbulnya sakit gigi adalah bakteri dan kuman yang menumpuk pada gigi berlubang. Untuk dapat membasmi kuman dan bakteri tersebut, anda bisa mencoba menggunakan daun sukun kering yang dijadikan segelas teh. Anda bisa berkumur dengan teh tersebut, untuk menenangkan rasa sakit gigi, dan menjadikan sakit gigi tidak kambuh lagi.


Mengobati Alergi

Manfaat daun sukun yang keempat yaitu untuk mengobati alergi, alergi dapat mengakibatkan gatal-gatal mulai dari tingkat yang rendah hingga menjadi parah. Alergi ini disebabkan karena tubuh tidak mampu memproduksi hormon dan enzim yang membuat sistem alergen untuk tubuh. Sehingga mengakibatkan tubuh mengalami kegagalan, dalam membuat sistem kekebalan tubuh pada zat tertentu. Anda bisa mencoba menggunakan daun sukun kering untuk mengatasi masalah alergi, dan pada saat melakukan terapi usahakan anda tidak memakan makanan yang dapat memicu terjadinya alergi.


Mengobati Penyakit Liver

Liver atau hati merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk menampung segala jenis racun, dan menetralkannya kembali. Kondisi metabolis tubuh yang buruk, bisa membuat hati mengalami kelainan setelah digunakan untuk menetralisir. Selain kondisi metabolisme tubuh yang buruk, pemicu kerusakan fungsi hati bisa disebabkan karena konsumsi alkohol dan rokok. Nah salah satu obat tradisional yang dapat membantu mengatasi masalah ini, adalah daun sukun kering. 

Daun sukun kering sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati. Anda bisa mengkonsumsi daun sukun kering dengan menjadikannya sebagai teh, dengan cara merebus daun sukun kering terlebih dulu. Hal ini dikarenakan daun sukun kering mengandung zat senyawa yang bernama asetilkolin, yang cukup berguna untuk melawan peradangan. Perlu diperhatikan, pada saat proses terapi jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Nah demikianlah informasi seputar 5 contoh manfaat daun sukun kering untuk kesehatan, yang bisa anda coba sendiri dirumah. Selamat mencoba, semoga memperoleh hasil yang maksimal. Karena sehat itu menyenangkan dan mengasyikkan.


BERIKAN KOMENTAR ()