Cara Membuat Desain Promosi dalam Bisnis Online

Cara Membuat Desain Promosi dalam Bisnis Online - Dalam berbisnis di bidang apapun, promosi merupakan salah satu strategi penjualan yang penting peranannya. Promosi sudah banyak terbukti mampu meningkatkan jumlah penjualan.

Dalam promosi, penjual biasanya memberi manfaat atau keuntungan lebih kepada pembeli dibanding ketika masa non promosi. Inilah mengapa pembeli banyak yang tertarik membeli pada masa promosi.

Pentingnya promosi tidak hanya berlaku pada penjualan bisnis offline, tapi juga pada bisnis online. Promosi yang ditawarkan haruslah menarik bagi pengunjung, bahkan bagi orang lewat sekalipun. Di sinilah peran desain promosi sangat dibutuhkan. Jangan sampai promosi yang dibuat mengalami kegagalan menjaring pembeli karena desainnya yang kurang menarik.


Desain Promosi Online


Desain promosi yang menarik akan membuat orang yang melihatnya penasaran. Mereka lantas mendekat untuk mencari tahu apa yang terjadi. Di sinilah kesempatan Anda untuk memperkenalkan produk yang dijual. Pastikan target pasar kita mendapat informasi yang meyakinkan sehingga memutuskan untuk membeli.

Cara Membuat Desain Promosi dalam Bisnis OnlineBisnis online sangat mengandalkan foto sebagai senjata jualannya. Jadi, tidak hanya kualitas produk, namun juga kualitas foto yang berperan penting. Buatlah desain foto promosi yang sangat menarik agar mereka yang melihatnya langsung tertarik untuk membaca lebih lanjut. Ketertarikan bisa berlanjut dengan mengunjungi website Anda. Dan pada akhirnya diharapkan terjadi transaksi pembelian.

Misalnya, Anda membuat brosur promosi toko online. Buatlah brosur tersebut menarik dari segi tampilan dan muatan informasi. Brosur yang menarik mengandung komposisi warna yang mencolok namun tetap proporsional antara ukuran gambar, tulisan, dan warna latarnya.

Hal yang paling penting dalam promosi Anda ditulis dengan huruf paling besar. Misalnya Anda membuat brosur promosi diskon toko hingga 50%, maka tuliskan “DISKON 50%” dengan ukuran huruf lebih besar dari tulisan lainnya. Ini akan membuatnya lebih mencolok dan menarik perhatian pengunjung. Semua orang tentunya sangat menyukai potongan harga.


Bentuk Promosi Online


Bentuk promosi online sebenarnya tidak jauh beda dari promosi offline. Perbedaannya hanya pada penyebaran informasi yang dilakukan melalui media internet. Bentuk promosi online misalnya adalah:

Memberikan produk sampel gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya, mendapatkan contoh produk secara gratis jika mau berlangganan buletin atau newsletter, menjadi follower akun media sosialnya, mengisi survei yang diadakan website Anda, dan sebagainya.

Memberikan diskon produk tertentu yang berlaku dalam kurun waktu terbatas. Pembatasan waktu bisa membuat mereka yang berminat menyegerakan pesanan atau pembeliannya.
Memberikan produk gratis dengan syarat pembelian tertentu. Misalnya gratis produk ketiga jika membeli dua produk tersebut. Istilah yang lebih terkenal adalah beli 2 gratis 1. Ini merupakan promosi yang membujuk pembelinya untuk membeli lebih banyak.

Memberikan subsidi atau bebas ongkos kirim. Pembeli online seringkali merasa diberatkan oleh adanya ongkos kirim. Apalagi jika barang yang dipesan harganya justru lebih murah dari biaya pengiriman. Misalnya produk berukuran besar, tapi ringan. Biasanya ongkos kirim dihitung berdasarkan ukuran atau volume barang, bukan berat barang.

Promosi subsidi atau gratis ongkos kirim bisa diberlakukan untuk wilayah tertentu dan dalam kurun waktu tertentu juga. Misalnya jika lokasi Anda berada di Barru maka promosinya adalah gratis ongkos kirim se-Kabupaten Barru, dan subsidi ongkos kirim sebesar 50% untuk wilayah lainnya se-Indonesia, selama bulan Maret 2019.

0 Response to "Cara Membuat Desain Promosi dalam Bisnis Online"

Post a Comment