Pengertian Pre Order dalam Bisnis Online

Pengertian Pre Order dalam Bisnis Online : Apakah Anda pernah mendengar atau melihat sistem  pre order di toko online? Banyak yang tidak memahami arti dan cara kerja pre order dan biasanya beberapa pembeli langsung merasa kecewa. Pada dasarnya pre order adalah istilah yang berkembang dalam sistem jual beli online.

Pengertian Pre Order dalam Bisnis Online


Pengertian Pre Order dalam Bisnis Online

Sistem pre order merupakan sistem keuangan yang artinya sama dalam bisnis online maka sistem tidak menyediakan produk yang dijual atau tidak tersedia dalam persediaan. Hal ini sama saja ketika Anda membeli sebuah produk secara langsung namun produk yang ingin Anda beli tidak ada di penjual. Sebagai konsekuensi maka biasanya penjual akan meminta uang muka untuk bukti bahwa Anda memang berminat membeli produk tersebut.

Mengapa Penjual Memakai Sistem Pre Order?

Perkembangan toko online dan semua jenis bisnis yang menyediakan layanan online memang sangat pesat. Dengan model ini maka persaingan juga semakin besar dan mendorong penjual untuk memilih strategi penjualan produk seperti model pemesanan pre order. Namun sebenarnya langkah ini dilakukan untuk situasi tertentu, seperti:

  • Produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan adalah jenis produk yang baru diluncurkan dari produksi.
  • Produk yang ditawarkan merupakan jenis produk yang masih masuk dalam masa promo sehingga pabrikan atau produsen hanya membuat produk dalam jumlah terbatas untuk mengetahui respon pasar.
  • Produk yang ditawarkan sebenarnya baru dibuat sampel atau contohnya saja, dan produsen hanya melayani produksi produk jika ada pesanan dari pelanggan dengan syarat pembayaran tertentu.
  • Pemilik atau pengelola toko online tidak memiliki stok sebuah produk namun bisa menjamin pembeli bisa mendapatkan produk yang ingin diorder dengan menunggu suplai baru dari produsen.
  • Pemilik toko online tidak mau mengambil resiko penjualan seperti penjualan lambat dan tidak berani menanggung resiko dengan menyimpan produk.

Apa Kelebihan Pre Order untuk Penjual?

Jika Anda memiliki toko online dan menerapkan sistem pre order untuk beberapa jenis produk maka selalu ada resiko yang bisa terjadi. Namun biasanya cara ini dianggap lebih aman dibandingkan menyimpan barang. Beberapa kelebihan pre order bagi penjual adalah seperti:

  • Produsen akan merasa lebih aman karena tidak menyimpan modal pada produk yang belum tentu terjual.
  • Produsen bisa mengalokasikan modal untuk produk lain dan tidak menanggung resiko modal macet.
  • Kekurangan Pre Order bagi Penjual


Meskipun pre order memang dianggap sistem yang sangat aman untuk penjual, namun ada beberapa resiko yang perlu dihadapi. Beberapa resiko yang paling sering terjadi adalah seperti calon pelanggan akan merasa sangat bosan untuk menunggu hingga produk benar-benar bisa dimiliki, sementara biasanya pembeli online tidak bisa bersikap lebih sabar. Selain itu Anda mungkin juga akan menghadapi resiko kehilangan pelanggan karena pelanggan pasti ingin mencari penjual online lain yang benar-benar bisa menyediakan barang dalam waktu cepat.

Perlukah Pre Oder dalam Bisnis Online?

Sebenarnya pre order adalah sistem pemesanan produk yang sah dalam bisnis jual beli produk. Namun jika Anda menerapkan cara ini dalam bisnis yang masih baru atau baru berkembang maka bisa menyebabkan pelanggan tidak mau kembali ke toko Anda. Jadi sistem ini layak dipakai untuk toko online yang sudah besar dan sudah berkembang. Selain itu sistem ini juga layak untuk penjual online yang menjadi penjual produk utama sehingga tidak memiliki pesaing, misalnya untuk seri produk tertentu yang baru dirilis di pasar.

0 Response to "Pengertian Pre Order dalam Bisnis Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel