Pengertian Waralaba atau franchise dan Contohnya di Indonesia

ADMIN
0
Bisnis waralaba atau sering disebut franchise merupakan perkembangan bisnis era saat ini karena dunia bisnis sangat berkembang dari tahun ke tahun. Dimana para pelaku bisnis dapat dengan mudah membentangkan jangkauan bisnisnya dan memiliki hak paten yang dilindungi hukum. Dalam bahasa inggris waralaba disebut franchising, sedangkan dalam bahasa prancis disebut franchise. Keduanya memiliki arti yakni Hak atau Kebebasan.

Dalam bisnis waralaba atau franchise ini terdapat 2 pelaku yang bekerja sama dengan syarat dan ketentuan tertentu dan disepakati oleh kedua belah pihak. Pihak pertama yang memiliki usaha awal dalam bentuk barang atau jasa dan memberikan ijin usaha menggunakan merk dagangnya disebut sebagai Franchisor. Sedangkan pihak kedua yang menerima ijin usaha barang atau jasa menggunakan merk dagang dari pihak pertama disebut sebagai Franchisee.

Dengan demikian pengertian waralaba atau franchise adalah bisnis kerjasama oleh dua pihak ( franchisor dan franchisee) dalam bidang barang atau jasa yang sudah memiliki merk dan sudah berjalan dengan sistem pembagian hasil tertentu yang telah dibuat oleh pihak franchisor.

Dalam bisnis waralaba ini terdapat beberapa istilah yang harus diketahui oleh pebisnis yang akan memulai suatu bisnis franchise, yaitu Franchise Fee dan Royalti Fee.


Pengertian Waralaba atau franchise dan Contohnya di Indonesia


Pengertian Franchise Fee adalah biaya awal yang dibayarkan oleh franchisee kepada franchisor untuk memulai bisnis franchise. Biaya ini sebenarnya bertujuan untuk membeli hak paten atau licensi dari franchisor dan untuk mempersiapkan segala bahan peralatan hingga barang yang diperlukan. Sehingga pebisnis yang membeli franchise ini tinggal mencari lokasi atau tempat usaha berdiri.

Ini merupakan suatu keuntungan tersendiri untuk bisnis waralaba. Karena investor tidak memulai bisnisnya dari nol. Sehingga dalam melakukan pemasaran tidaklah begitu berat karena masyarakat pasti sudah tahu merk dagang franchise yang sudah terkenal itu. Keuntungan lainnya adalah franchisee ini tidak perlu bingung dalam hal mencari barang atau bahan baku yang dijual karena sudah distock oleh franchisor.

Selain itu keuntungan yang akan diterima oleh franchisee banyak sekali, seperti pelatihan dalam menjalankan bisnis, mendapat berbagai cara dalam melakukan rekruitmen karyawan, bimbingan untuk membuat bisnis plan agar bisa berkembang. Banyak seklai manfaa dan ilmu yang akan diperoleh pastinya.

Pengertian Royalti Fee adalah biaya yang harus dibayar setelah bisnis atau usaha itu berjalan. Besarnya fee yang dibayar tergantung oleh franchisor yang menentukan. Pada umumnya dibayarkan setiap bulanan setelah perhitungan data laba yang masuk. Royalti fee ini sebenarnya untuk kesinambungan antara franchisor dan franchisee agar usaha ini tetap berjalan.


Contoh bisnis waralaba atau franchise di Indonesia

Setelah membaca pengertian dan seluk beluk apa itu bisnis waralaba atau franchise diatas apakah anda tertarik akan memulainya? Banyak sekali bisnis waralaba yang sudah berjalan di Indonesia dari yang kecil sampai yang besar. Mulai dari Franchise makanan sampai barang retail, dari franchise mahal sampai franchise murah.

Bisnis waralaba yang besar contohnya seperti KFC, McDonald’s, J.co Donat & Coffee, Pizza Hut, Dunkin donats, Burger King, 7 Eleven, Circle K. Semua merk dagang tersebut sudah mendunia dan merata di Indonesia. Mungkin jika anda milyarder bisa mencoba salah satu bisnis waralaba tersebut.

Contoh bisnis franchise yang besar di Indonesia lainnya adalah Indomaret, Alfamart, Waroeng Steak, SS Spesial Sambal, Wong Solo, Tong Tji, Kebab Turki Baba Rafi. Bisnis Franchise itu merupakan beberapa pilihan waralaba dengan modal cukup banyak. Namun ada beberapa merk dagang lainnya yang membuat bisnis franchise dengan modal kecil dibawah 10 Juta. Seperti Es Juice, Es Buble, dan kedai kedai mini lainnya yang banyak ditemui di depan gerai Indomaret, Alfamart ataupun di Mall. Model franchise itu bermacam – macam meliputi franchise makanan ringan unik dan franchise minuman.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian bisnis Waralaba atau Franchise dan contohnya di Indonesia yang sudah terkenal dan berjalan lama. Bagaimana? Anda tertarik untuk memulainya? Siapkan dan dan mental yang cukup untuk memulai suatu bisnis. Semoga informasi ini menambah wawasan anda, silakan like, comment dan share ya. Simak ide bisnis baru dipostingan kami lainnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)