Cara Awal dalam Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Awal dalam Belajar Bisnis Online Bagi Pemula - Bisnis online sedang menjamur beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, diprediksi akan semakin ramai hingga bertahun-tahun ke depan. Hampir semua bidang bisnis sudah dijalankan secara online.

Bagi Anda yang baru akan memulai, maka saat inilah waktu yang tepat untuk benar-benar melakukannya.

Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh pebisnis online pemula. Langkah awalnya adalah memahami tata caranya, termasuk memahami risikonya. Meski terdengar sangat mudah, bisnis online bukan tanpa risiko. Banyak pebisnis online yang berhasil meraih sukses, namun tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan.

Cara Awal dalam Belajar Bisnis Online Bagi Pemula


Memahami Tata Cara Bisnis Online


Secara umum, bisnis online bisa diartikan sebagai bisnis yang dilakukan dengan media internet. Anda menawarkan produk atau jasa di internet maka pangsa pasar Anda pun adalah pengguna internet. Berikut tata cara sederhana memulai bisnis online.


Menentukan produk atau jasa yang dijual.


Menentukan lapak tempat menyimpan jualan Anda. Sama halnya seperti toko offline membutuhkan toko atau etalase, toko online juga memerlukan toko atau lapak. Bentuk toko bisa berupa website, blog, marketplace, atau akun media sosial. Produk disimpan dalam bentuk foto yang dilengkapi informasi tentang produk. Jadi, konsumen memilih dan membeli produk Anda berdasarkan foto tersebut.

Memasarkan dan mempromosikan. Sebarkan foto produk untuk mendapatkan pembeli. Semakin banyak orang yang melihat yang produk Anda,maka semakin besar pula kemungkinan mendapatkan pembeli.

Menerima pesanan. Pembeli akan menghubungi Anda untuk melakukan pemesanan produk yang diinginkannya.

Menerima pembayaran. Setelah pemesanan diterima, pembeli melakukan pembayaran dengan cara transfer ke rekening bank milik Anda.

Mengirim barang atau mengerjakan jasa. Setelah pembayaran diterima, produk dikemas dan dikirim melalui jasa pengiriman barang ke alamat pembeli.

Menyiapkan Fasilitas Bisnis Online

Banyak yang mengatakan bahwa bisnis online bisa dilakukan tanpa modal. Hal ini tidaklah benar karena berbisnis online memerlukan perangkat dan jaringan internet. Perangkat seperti komputer atau telepon pintar yang terkoneksi internet adalah modal utama menjalankan bisnis ini.

Berbisinis online berarti berbisnis mengunakan teknologi. Karenanya semua pebisnis online harus memahami penggunaan teknologi. Misalnya, bisa mengunakan software komputer dan telepon pintar. Jangan khawatir jika Anda merasa gaptek atau gagap teknologi. Ini bisa dipelajari dengan mudah, selagi Anda memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Komputer mutlak adanya jika Anda menjalankan bisnis online. Namun untuk permulaan, Anda bisa memanfaatkan telepon pintar. Fungsinya kurang lebih sama, namun ukuran layar telepon tentunya lebih kecil sehingga kurang leluasa. Selain itu, tampilan fitur di layar telepon tidak selengkap di layar komputer. Sebaliknya, komputer tidak bisa dibawa ke mana-mana seperti halnya telepon pintar. Artinya, Anda tidak selalu bisa memantau bisnis saat harus bepergian.

Koneksi internet termasuk faktor penting lainnya. Komputer dan telepon pintar tak bisa dimanfaatkan jika tidak ada koneksi internet. Saat ini sudah tersedia pilihan beragam layanan internet dari banyak operator. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan dana Anda. Namun, pastikan koneksinya lancar demi kelancaran transaksi online Anda.

Hal lain yang harus disiapkan adalah nomor rekening bank. Fungsinya untuk menerima pembayaran. Pilihlah bank yang paling banyak digunakan atau ATM-nya mudah dijumpai di mana-mana. Ini untuk memudahkan pembeli mengirim uang kepada Anda, dan Anda mudah mengecek bukti  dana yang masuk.

Akan lebih baik jika Anda memiliki lebih dari satu rekening bank yang berbeda. Transfer antar rekening pada bank yang sama lebih disukai konsumen karena bebas biaya transfer.

Nah, jika anda sebagai pemula yang ingin mencoba memulai bisnis online anda, akan lebih baik jika anda ikut belajar entah secara online maupun offline dengan menjadi member Rahasia Web Pemula. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Awal dalam Belajar Bisnis Online Bagi Pemula"

Post a Comment