Oleh Oleh Khas Makassar Yang Banyak Diburu Para Wisatawan

Oleh Oleh Makassar – Pada saat bepergian ke suatu kota yang ada di Indonesia, oleh oleh inilah yang menjadi suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan seperti halnya di Makassar ini. Oleh oleh inilah memang wajib dicari waktu akan pulang dari tempat wisata. Berbagai oleh oleh khas Makassar dapat anda jumpai mulai dari souvenir, makanan hingga kerajinan tangan lengkap di Makassar.

Namun dari banyaknya macam oleh oleh Makassar yang telah ada hingga membuat anda menjadi bingung harus membeli oleh oleh yang mana. Nah untuk itu kali ini kami akan memberikan referensi oleh oleh khas Makassar yang sering diburu oleh wisatawan. Langsung saja simak dibawah ini.


oleh oleh khas makassar,oleh oleh makassar,oleh2 khas makassar


Oleh Oleh Khas Makassar

Otak Otak Ikan Tenggiri Makassar

Oleh oleh khas Makassar yang pertama yaitu otak otak ikan tenggiri. Otak otak ikan tenggiri khas Makassar ini dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian dibakar. Untuk mendapatkan otak otak Makassar ini memang cukup mudah sebab banyak sekali penjual yang menjajakannya. Namun perlu diketahui bahwa ada dua tempat penjual otak otak Makassar yang cukup terkenal yaitu otak otak Ibu Elly yang berlokasi di Jl Kijang dan otak otak Ibu Sanny yang ada di Jl Lasinrang.


Minyak Gosok Cap Tawon


Minyak gosok khas Makassar ini sudah ada sejak tahun 1912 sehingga tak heran juka sampai saat ini minya cap tawon ini manjadi salah satu oleh oleh khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan. Untuk harga minyak gosok khas Makassar ini bervariasi mulai dari Rp. 11.000 bahkan hingga Rp. 105.000.


Kain Tenun Atau Sarung Khas Bugis

Kain tenun atau sarung bugis mempunyai corak yang cukup menarik dan lebih khas. Kain tenun dan sarung khas bugis memiliki ciri dengan warna yang beragam. Untuk bahan yang digunakannya anda bisa memilih mulai dari kain katun dan kain sutera.


Bannang – Bannang

Sesuai dengan namanya, oleh oleh khas Makassar yang satu ini memang menyerupai benang kusut yang kemudian dilipat-lipat. Makanan ringan khas Makassar juga bisa dikatakan sebagai lambang ikatan yang erat dan sering sekali dipakai dalam upacara pernikahan di Makassar.


Baruasa

Oleh oleh Makassar ini merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang sangat mudah untuk dijumpai di berbagai sudut kota Makassar dan harganya pun cukup terjangkau. Baruasa sendiri merupakan jajanan kue yang terbuat dari bahan parutan kelapa yang kemudian dikeringkan dengan tepung beras dan telur.


Kue Kurma

Diberi nama kue kurma karena bentuk kue ini hampir sama seperti buah kurma. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat kue kurma ini antara lain tepung terigu, mentega, telur dan maizena. Kemudian kue tersebut dibalut dengan saus karamel sehingga sekilas warnanya nampak seperti kurma.


Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi juga menjadi oleh oleh khas Makassar yang sayang sekali dilewatkan. Camilan ini terbuat dari kacang tanah yang bagian luarnya dibalut dengan tepung terigu dan dibentuk seperti molen mini.


Kopi Toraja

Kurang lengkap rasanya bila anda sedang berkunjung atau mau berkunjung ke Makassar tanpa membawa oleh oleh khas Makassar yang satu ini yaitu kopi toraja. Kopi toraja terkenal dengan baunya yang cukup harum dengan rasa yang nikmat. Ada beberapa jenis kopi toraja yang bisa anda bawa pulang diantaranya Kopi Toraja Arabica, Kopi Toraja Blend dan Kopi Toraja Robusta.


Sirup DHT

Selain kopi toraja, di Makassar juga terdapat sirup yang bernama sirup DHT. Sirup DHT ini mempunyai rasa pisang ambon yang tidak bisa anda jumpai di kota-kota besar. Selain itu sirup DHT ini sudah sejak puluhan tahun lalu dan bahkan perusahaannya tersebut sengaja tidak mengganti logo dikemasannya untuk menjaga kelestarian dari sirup DHT.


Kerupuk Jintan

Makanan ringan khas Makassar yang satu ini memang sedikit agak aneh bila dikatakan krupuk, tapi padahal penampakannya seperti kerupuk. Namun jika camilan ini dimakan memang renyah seperti kerupuk pada umumnya. Kerupuk jintan dibuat dari bahan dasar tepung terigu, margarine, soda kue dan telur dengan tambahan jintan hitam. Rasa kerupuk jintan ini teksturnya keras namun cukup renyah serta memiliki rasa yang cukup begitu gurih.


Handicraft Toraja

Di Makassar juga terdapat banyak yang menjual berbagai handicraft toraja yang bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas Makassar mulai dari ukiran kayu, lukisan, gantungan kunci dan baju khas toraja.

Demikianlah informasi dari kami mengenai oleh oleh khas Makassar. Semoga informasi diatas bisa anda jadikan referensi oleh oleh Makassar saat anda berkunjung ke Makassar. Terima kasih.

0 Response to "Oleh Oleh Khas Makassar Yang Banyak Diburu Para Wisatawan"

Post a Comment