Pantai Boom Banyuwangi, Wisata Pantai Indah Di Jawa Timur

Daftar Isi
Pantai Boom Banyuwangi - Pantai Boom adalah salah satu pantai yang ada di kabupaten Banyuwangi. Dulunya pantai ini merupakan pelabuhan penting Banyuwangi. Kapal-kapal yang membawa berbagai muatan biasanya berhenti di Pantai ini. Hal ini terbukti karena adanya dermaga pelabuhan dan gudang bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Di dermaga ini para penduduk biasanya melakukan beragam aktivitas seperti memancing. Selain itu di sisi pantai boom ini juga terdapat sebuah taman makam pahlawan wisma raga laut yang menjadi tempat pemakaman bagi para pasukan ALRI yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda.

Pantai Boom Banyuwangi

Keindahan Pantai Boom

Di sepanjang bibir pantai juga terdapat kedai-kedai yang menjual berbagai makanan ringan dan masakan ikan laut. Pantai Boom juga menyediakan kuda bagi para pengunjung untuk bisa menyusuri pantai. Lokasi pantai boom berada di kelurahan Kampung Mandar kecamatan banyuwangi.  

Pada tahun 2004 lalu kawasan ini digunakan sebagai tempat pembuatan kapal umbul-umbul blambangan yang disediakan oleh pemerintah untuk mempromosikan pariwisata di Banyuwangi namun tenggelam.

Sejak tahun 2014 pemkab Banyuwangi bertekad untuk mengangkat potensi pantai boom menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama di Banyuwangi. Dan sejak akhir 2012 di pantai boom ini selalu diadakan event parade gandrung sewu yaitu seribu penari gandrung menari diatas pasir pantai boom. Selain adanya event gandrung sewu, pantai boom ini juga dipilih sebagai tempat pagelaran music jazz yang megah dan bertajuk Banyuwangi Beach Jazz Festival. 

Tidak bisa dipungkiri akan keindahan pantai boom ini, di mana pada waktu pagi hari adalah waktu yang sangat di tunggu oleh para pengunjung pantai untuk melihat munculnya matahari, sehingga pantai ini dijuluki The Sunrise of Java dan menjadi momen yang takkan terlupakan.

Akses untuk menuju pantai boom ini cukup mudah yang berjarak sekitar 2 km dari pusat kota, sehingga dapat dibilang pantai boom ini pantai kota. Dari kota Banyuwangi anda bisa menaiki ojek atau mobil pribadi. Rambu-rambu yang mengarah ke pantai boom cukup jelas, jadi tidak akan sulit untuk mencapai ke pantai boom ini.

Posting Komentar