Pantangan Untuk Ibu Menyusui

Daftar Isi
Taukah anda bahwa pada saat menyusui pun juga ada pantangan yang harus di hindarkan. Tidak hanya pada saat masa kehamilan yang harus anda ketahui pantangan apa saja yang anda hindarkan namun juga pada saat anda menyusui. Sebab makanan ataupun apa saja yang di makan oleh si ibu menjadi sumber nutrisi bagi buah hati anda, dalam hal ini merupakan ASI, kualitas ASI sangat berpengaruh terhadap apa yang di konsumsi oleh ibu, sehingga pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi baik untuk kualitas ASI anda. Hal tersebut perlu di lakukan untuk mencegah kemungkinan efek terhadap air susu ibu yang di berikan pada buah hati anda.
Pantangan Untuk Ibu Menyusui

Pantangan untuk ibu menyusui perlu dilakukan sebab dapat menimbulkan resiko bayi tidak nyaman. Kesalahan ataupun memakanan – makanan yang tidak tepat yang di konsumsi ibu menyusui dapat memicu gejala kolik pada perut bayi. Meski demikian setiap bayi dan ibu menyusui memiliki kondisi yang berbeda – beda, namun tidak ada salahnya bagi anda yang sedang menyusui untuk menghindari pantangan untuk ibu menyusui.

Beberapa Pantangan untuk Ibu Menyusui

Berikut beberapa pantangan ibu menyusui yang seharusnya dihindari:

  • Merokok

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan, beragam jenis bahan kimia yang terkandung dalam sebatang rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Sangat berbahaya bila seorang ibu menyusui juga menghisap rokok, sebab bayi anda dapat terpapar oleh nikotin. Tak hanya dari asap yang di keluarkan, nikotin juga kemungkinan besar dapat berpengaruh terhadap kualitas ASI. Untuk mencegahnya, anda cukup dengan menghindari rokok dan asapnya. 

  • Minuman Beralkohol 

Minuman beralkohol merupakan minuman yang sangat tidak baik untuk kesehatan, beragam efek samping yang dapat dirasakan seperti hilangnya kesadaran, perut terasa mual dan ingin muntah – muntah, suhu tubuh semakin meningkat. Bahkan efek yang lebih parah bila melebihi dosis dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan pada sistem saraf pada tubuh dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Sehingga beragam efek yang di timbulkan oleh minuman keras tersebut tidak di sarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi minuman beralkohol yang dapat berpengaruh terhadap kualitas ASI, hal tersebut akan mempengaruhi pola konsumsi ASI oleh bayi anda, sekaligus juga mempengaruhi pola tidur bayi, efek yang kemungkinan dapat terjadi bagi ibu hamil yakni dapat mempengaruhi (mengurangi) produksi ASI, sebab bir dapat menghambat refleks untuk mengeluarkan ASI. Sehingga dengan mengetahui efek yang dapat di timbulkan dari minuman tersebut maka anda harus berfikir ulang untuk mengkonsumsi minuman yang tidak sehat tersebut.

  • Ikan Mengandung Merkuri yang Tinggi 

Meski kandungan nutrisi pada ikan tinggi, namun hampir semua ikan mengandung merkuri. Polutan ini sangat berbahaya sebab merupakan racun bagi saraf pada tubuh. Ikan yang berada pada rantai makanan di ekosistem laut ikan – ikan besar akan memakan ikan yang lebih kecil yang tentunya juga yang mengandung merkuri sehingga jenis ikan yang lebih banyak mengandung merkurinya yakni ikan makarel, ikan todak dan hiu. Untuk jenis ikan lain seperti salmon, tuna, udang atau jenis ikan lainnya lebih rendah kandungan merkurinya, anda masih dapat mengkonsumsi ikan laut namun dengan batasan yang normal, sebaiknya di konsumsi tidak lebih dari dua kali perminggu. Di sarankan bagi anda yang sedang menyusui sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi sayuran yang tentunya lebih aman untuk di konsumsi sehari – hari. 

  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein 

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein sangat tidak baik untuk kesehatan anda, kafein sendiri tidak hanya terdapat pada kopi namun juga terdapat pada teh dan minuman kola. selain efek yang ditimbulkan seperti detak jantung yang tidak teratur juga dapat meningkatkan rasa kurang nyaman pada tubuh seperti gelisah, selain itu beberapa orang yang terlalu sering mengkonsumsi kafein akan lebih sulit untuk tidur. Sehingga dengan beberapa efek yang di timbulkan dari kafein dapat berpengaruh terhadap kondisi bayi dan ASI yang diberikan. 

  • Obat – Obatan Herbal

Apabila anda ingin mengkonsumi obat – obatan herbal sebaiknya untuk berkonsultasi ke dokter. sebab makanan dan minuman dan obat – obatan yang di konsumsi oleh ibu hamil sangat mempengaruhi hasil produksi ASI yang merupakan sumber nutrisi bagi bayi anda, sehingga anda harus berhati – hati dan cermat dalam mengkonsumsi apapun, untuk mencegah kualitas ASI yang buruk. Peran ibu sangat penting dalam menentukan jenis makanan yang di konsumsi untuk dapat menghasilkan ASI dengan kualitas baik, sehingga dengan menghindari pantangan tersebut anda akan lebih tenang dalam memberikan ASI ke buah hati anda.

Posting Komentar