5 Kebiasaan Positif yang Perlu Kita Lakukan Setiap Hari

Hidup adalah anugerah yang perlu kita syukuri. Kita beruntung masih merasakan detak jantung dan hembusan nafas hari ini. Mari kita isi hari dengan hal-hal positif.

Nah pada artikel ini, saya akan share kepada Anda mengenai 5 kebiasaan positif yang harus dan wajib kita lakukan setiap hari agar hidup kita menjadi positif juga :). Apa sajakah kelima hal tersebut?

5 Kebiasaan Positif yang Perlu Kita Lakukan Setiap Hari

Inilah ke-5 kebiasaan positif yang perlu kita lakukan setiap harinya.

1. Memulai dari Segala Sesuatu yang Kecil

Jika kita ingin punya jiwa yang positif maka kita harus mulai menerapkan prinsip memulai dari segala sesuatu yang kecil ini. Misalnya Anda punya target berolahraga  selama 30 menit per hari, 5 kali seminggu, maka cobalah memulai dengan hanya berolahraga 10 menit per hari. Setelah berhasil lalu coba tingkatkan menjadi 15 menit per hari, 20 menit per hari, 25 menit per hari… hingga target Anda tercapai.

Membentuk keberhasilan kecil ini sangatlah penting, sebab jika keberhasilan kecil kita itu sangat banyak dan terus berlanjut maka itu akan membentuk sebuah sukses yang amat besar. Dengan adanya “keberhasilan kecil” semacam itu, diri kita akan menjadi lebih termotivasi untuk bisa mencapai target yang lebih tinggi.

Memulai dari yang kecil juga lebih mudah. Bayangkan ketika Anda tidak pernah berolahraga, lalu diminta untuk lari pagi sejauh 10 km setiap harinya? Sangat melelahkan dan bisa menyakiti, bukan? Lain halnya kalau Anda memulai dulu dari yang kecil, lalu bertahap ke yang lebih besar.

2. Pilihlah yang Baik

Kan kita sudah tahu bahwa orang yang baik, dapatnya juga yang baik. Nah terus kalau hidup kita mau jadi baik, yuk mari kita jadi orang yang baik. Bagaimana cara jadi orang yang baik?

Caranya adalah dengan selalu memilih yang baik. Ya pilihlah yang baik dalam segala aspek kehidupan, misalnya kalau bicara, bicara yang baik. Kalau cari teman, cari teman yang baik. Cari teman yang mindsetnya positif dan bukan pengeluh. Kualitas hidup dari seseorang  tidak bisa terlepas dari kualitas lingkungan dan pergaulannya. Untuk itu selalu pilihlah yang baik.

Ketika bersikap, bertindak, berpikir, utamakan untuk memilih sudut pandang yang baik.

3. Senyum dan Bergembiralah

Hidup memang tidak mudah. Akan ada banyak tantangan yang membuat kita bisa mengeluh. Namun kita juga bisa memilih untuk memandang dari hal yang positif. Membiasakan diri untuk senyum dan bergembira juga baik untuk diri kita.

Kita bisa memilih bergembira dengan cara kita masing-masing. Barangkali mendengarkan musik di jalan menuju kantor sudah membuat kamu bahagia? Maka lakukan hal itu.

Jangan lupa bahagia, jangan lupa gembira.

4. Berikan Hukuman Mendidik Bagi Diri Kita

Hukuman juga perlu kita siapkan bagi diri kita sendiri, kenapa perlu? Karne dengan adanya sebuah hukuman maka  pastinya kita akan bisa lebih berdisiplin. Contohnya seperti ini (contoh ini saya kutip dari blog Strategimanajemen.net).

Alkisah ada seseorang yang bertekad selalu shalat subuh berjama’ah di mesjid dengan tepat waktu. Wah, betapa mulianya kebiasaan ini. Namun bagi sebagian besar orang, kebiasaan ini sering cuma fantasi yang tak pernah terwujud.

Orang tersebut lalu menciptakan self disincentive (semacam hukuman bagi dirinya sendiri): ia bilang kepada istrinya, setiap kali gagal shalat subuh tepat waktu di mesjid, ia akan menghukum dirinya sendiri dengan cara membersihkan WC dan kamar mandi di rumah. Seperti itula, pada minggu – minggu pertama, bisa dua tiga kali ia membersihkan WC lantaran gagal memenuhi tekadnya (dan istrinya hanya bisa senyam senyum karena kamar mandi di rumahnya sekarang benar-benar kinclong hehe..he).

Dis-insentif (atau hukuman/punishment) yang terasa simpel (namun powerful itu) pelan-pelan menggedor dirinya untuk komit terhadap tekadnya. Kini ia hampir tak pernah telat shalat subuh di mesjid tepat waktu. 365 hari dalam setahun.

Nah, sudah jelas kan? Maka dari itu mari kita siapkan hukuman khusus bagi diri kita (kalau kita salah) agar kita bisa lebih disiplin dalam mengejar target kita.

5. Ambil Tantangan

Kebiasaan mengambil tantangan adalah hal yang perlu ditanamkan jika kita mau menjadi orang sukses. Orang yang berani mengambil tantangan biasanya sangat optimis, dan dengan begitu ia akan mendapatkan keajaiban-keajaiban yang tidak didapatkan oleh orang yang penakut.

Nah jika Anda mau, segera ambil tantangan yang hadir di depan Anda. Ingat loh, kita selalu bersama Tuhan. Jadi seberapa berat rintangan itu kita bisa selalu menyelesaikannya jika kita di-izinkan oleh Tuhan. Mulai sekarang yuk kita tidak takut lagi.

O iya, agar kelima kebiasaan baik di atas bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan Anda makacoba jalankan ke-5 kebiasaan positif  di atas selama 40 hari tanpa henti. Studi menunjukkan, sebuah kebiasaan akan menjadi permanen jika ia dilakukan minimal selama 40 hari.

Itulah lima kebiasaan positif yang bisa kita mulai hari ini, bisa kita mulai sekarang juga. Semoga menginspirasi.

0 Response to "5 Kebiasaan Positif yang Perlu Kita Lakukan Setiap Hari"

Post a Comment