10 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Daftar Isi
10 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui - Tentunya kita pasti sudah tak asing lagi dengan cemilan mungil yang mempunyai corak garis-garis putih dan hitam  pada bagian kulitnya, kita biasa menyebut cemilan ini dengan nama kuaci atau biji dari bunga matahari. Kuaci ini mempunyai ukuran antara 6 sampai 10 mm saja, dengan permukaannya yang rata dan halus. Dalam satu bunga matahari dapat menghasilkan ratusan biji matahari yang sangat tinggi akan minyak nabati yaitu minyak tak jenuh ganda. Sebenarnya, bunga matahari ini berasal dari negara Amerika bagian tengah namun akhirnya tersebar luas kesegala penjuru termasuk di negara Indonesia. Tanaman yang memiliki bunga nan menawan ini masuk kedalam golongan famili Asteraceae.

Manfaat Biji Bunga Matahari


2. Pencegahan Masalah Migrain

Dengan banyaknya simpanan kadar magnesium didalam biji bunga matahari, menjadikannya sangat baik untuk menyeimbangkan kadar kalsium didalam tubuh. Hal ini akan memberi pengaruh positif pada fungsi saraf dan juga otot agar bisa bekerja dengan maksimal. Magnesium didalam biji bunga matahari juga memiliki peranan yang tidak bisa dianggap remeh karena mampu mencegah tekanan darah tinggi, migrain dan kejang otot. Tak hanya itu, manfaat ini juga akan semakin kuat dengan ditambahkannya kandungan vitamin B1 pada kuaci ini, yang akan menguatkan lapisan myelin saraf sehingga gangguan fungsi sarafpun dapat dicegah dengan baik.

3. Mengatasi Gejala Penyakit Asma dan Rematik

Tingginya kandungan vitamin E yang dibawa oleh biji bunga matahari akan menghasilkan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel serta jaringan didalam tubuh. Vitamin E akan larut dalam lemak tubuh dan bekerja sebagai zat anti peradagan yang hebat, sehingga sangat efektif dalam mengurangi gejala penyakit asma dan juga rematik.  Kebaikan antioksidan ini juga berfungsi untuk mengurangi hot flashes pada wanita dalam masa menopause dan mencegah masalah komplikasi diabetes.


4. Mencegah Penyakit Kanker

Adanya kandungan vitamin E dan juga selenium pada biji bunga matahari ini, akan sangat membantu tubuh dalam menghadapi penyakit mengerikan seperti kanker. Selenium dan vitamin E didalam tubuh berperan aktif dalam mengadakan perbaikan dan juga pencegahan terhadap kerusakan sel. Tidak hanya itu, selenium disini juga memiliki sifat antioksidan yang akan menjauhkan kita dari bahaya penyakit kanker kolon, kandung kemih dan juga prostat.

5. Melindungi Kesehatan Tulang

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan pembentukan energi, maka tubuh kita membutuhkan kandungan zat fosfor dan juga magnesium. Kedua zat tersebut bisa kita peroleh dari memakan kuaci ini, sehingga sangat tepat jika kita menyukai cemilan kecil ini, untuk membantu memelihara kesehatan tulang kita.


6. Detoksifikasi Tubuh

Racun didalam tubuh harus dikeluarkan agar fungsi organ tubuh dapat berjalan tanpa halangan. Jika kita banyak mengkonsumsi biji bunga matahari tentu tubuh akan mendapatkan banyak asupan selenium. Selenium terbentuk dari berbagai protein yang salah satunya adalah glutation peroksidase, yaitu suatu enzim yang mempunyai sifat antioksidan yang dapat digunakan organ hati untuk membnatu mengeluarkan racun berbahaya didalam tubuh.

7.  Mencegah Masalah Diabetes

Untuk kita yang enggan berurusan dengan masalah diabetes, mulai sekarang bisa rajin memakan biji matahari alias kuaci. Karena didalam kuaci tersimpan senyawa polifenol yang berbentuk asam chlorogenic yang akan membantu mengurangi pemecahan glikogen didalam hati, yang akhirnya akan mengurangi jumlah gula dalam darah.

8. Mencegah Depresi

Saat stres dan depresi melanda maka cobalah untu banyak memakan cemilan yang dapat membantu mengurangi masalah tersebut seperti kuaci ini. Karena diketahui kandungan niasin dan piridoksin dalam kuaci dapat bekerja memacu aktivitas asam amino didalam otak, tentunya hal ini akan bertimbal baik dalam memperbaiki suasana hati dan mencegah neurosis.

9. Melindungi Kesehatan Jantung

Agar organ jantung kita terlindungi dengan baik, maka disarankan untuk gemar memakan cemilan seperti biji bunga matahari ini. Sebab vitamin E yang ada didalamnya dapat mencegah pembentukan oksidan hasil dari oksidasi kolesterol. Dengan demikian bisa mencegah penimbunan lemak pada dinding arteri, yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

10. Menyehatkan Janin

Untuk ibu hamil disarankan untuk rajin mengkonsumsi kuaci ini, sebab tingginya kandungan asam folat dalam kuaci ini dapat membantu memenuhi sistesis DNA serta melindungi kesehatan saraf janin didalam kandungan.

Demikian informasi mengenai 10 manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh yang mungkin banyak dari kita tidak mengetahuinya. Sehingga jangan ragu lagi untuk menikmati cemilan biji bunga matahari pada setiap kesempatan, karena selain enak, kekayaan manfaatnya dapat kita rasakan untuk tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar