8 Manfaat Buah Mentega Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Daftar Isi
8 Manfaat Buah Mentega Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui - Mungkin dari kita banyak yang belum begitu familiar dengan buah yang satu ini. Buah mentega atau sering disebut juga dengan nama buah bisbul, buah marit, velvet apple, kamagong atau buah lemak ini adalah salah satu jenis buah yang masih berkerabat dekat dengan buah kesemek. 

Buah mentega memiliki kulit buah yang berbulu halus, berwarna merah dan mempunyai diameter sekitar 12 cm. Bagian daging buahnya berwarna putih dengan tekstur sedikit keras dan cenderung kering. Biasanya buah mentega ini sering dijadikan campuran dalam pembuatan rujak buah, sebab rasanya yang masam dapat membuat citarasa rujak semakin nikmat dan menyegarkan tubuh.

Manfaat Buah Mentega Untuk Kesehatan


3. Melancarkan peredaran Darah

Kita juga bisa mendapat manfaat buah mentega sebagai buah yang dapat melancarkan perdaraan darah dalam tubuh. Zat-zat yang tersimpan diadalamnya cukup baik dalam mengontrol sirkulasi darah. Dengan begitu, tubuh akan semakin sehat dan suplai darah pada organ-organ dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya masalah penggumpalan di bagian pembuluh darah yang jika tidak segera diatasi akan berakibat sangat fatal, karena dapat mengganggu kesehatan organ jantung dan risiko serangan jantungpun tidak dapat dihindarkan.

4. Memelihara Kesehatan Mata

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, manfaat buah mentega juga bisa kita rasakan pada organ penglihatan kita yaitu mata. Buah mentega menyimpan kandungan vitamin A yang akan membantu memelihara kesehatan mata kita. Sehingga mata kita dapat terhindar dari berbagai masalah dan gangguan mata seperti mata minus, katarak dan juga silindris.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium serta fosfor yang ada pada buah mentega ini sangatlah baik untuk memelihara kesehatan tulang yang kita miliki. Jika asupan kalsium terpenuhi dengan baik maka tulangpun akan semakin sehat, kuat dan terhindar dari masalah pengeroposan dan juga pengapuran tulang. Dan bagi kita yang sering mengkonsumsi buah mentega saat masih dalam masa pertumbuhan maka akan sangat mendukung dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta tinggi badan kita.

6. Membantu Memperbaiki Sel Tubuh

Buah mentega juga memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu dalam membantu memperbaiki sel tubuh yang telah rusak. Didalam buah mentega terkandung protein yang akan bermanfaat untuk pertumbuhan selbaru didalam tubuh. Protein ini juga mempunyai peranan penting dalam melakukan perbaikan  serta regenerasi sel tubuh yang sudah rusak.

7. Sumber Energi Tubuh

Tahukah kita bahwa buah mentega mempunyai kandungan kalori sebanyak 11, 8 gram dalam setiap 100 gram buah mentega ini. Dengan demikian buah mentega ini dapat kita jadikan sebagai sumber energi untuk tubuh. Buah mentega dapat berperan sebagai karbohidrat yang akan memberikan asupan energi yang besar untuk tubuh dalam bentuk kalori. Sehingga kita bisa memakan buah mentega ini sebagai cemilan sehat saat kita sedang beraktivitas, agar kita selalu mendapat energi dan tidak mudah merasa lelah.

8. Menyehatkan Pencernaan

Buah mentega berisi kandungan serat yang cukup tinggi, dan serat sehat inilah yang akan berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Jika sistem pencernaan terjaga kesehatannya maka kita dapat terhindar dari berbagai macam masalah yang mempunyai hubungan erat dengan organ pencernaan seperti sembelit, radang usus, radang lambung, wasir dan juga diare.

Itulah beragam manfaat buah mentega untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan dengan cara mengkonsumsinya. Selain itu, jika kita rajin mengkonsumsi buah mentega ini, kitapun bisa mendapatkan manfaat lainnya yaitu kulit tubuh akan terjaga keelastisannya, kehalusannya, kecerahannya dan kulitpun akan semakin sehat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar