8 Manfaat Tersembunyi Dari Daun Sukun Untuk Kesehatan

8 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan - Untuk masyarakat pedesaan pada umumnya pasti serimg mendapati cemilan berupa sukun rebus ataupun sukun goreng, karena biasanya memang pohon sukun ini banyak kita temukan didaerah pedesaan, yang dimana masih banyak terdapat halaman rumah yang luas. Buah sukun biasa dibuat sebagai cemilan goreng yang lezat, gurih, manis dan sekaligus membuat perut kita terasa kenyang lebih lama. 

Pohon sukun jika kita perhatikan sebenarnya hampir sama dengan pohon kluwih, daunnya berwarna hijau, bentuknya melebar, bagian tulang daunnya terlihat jelas sebagai pembeda dari danging daunnya. Dan bagian daunnya inilah yang ternyata banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan, namun jika ingin mengambil manfaat dari daun sukun ini, kita harus terlebih dahulu mengeringkannya. 

Daun sukun yang telah kering banyak memiliki aktivitas bahan kimia diantaranya yaitu zat anti radang, riboflavin, zat tanin, dan juga kaya akan antioksidan. Untuk itulah tidak heran jika daun sukun ini banyak memberi manfaat untuk tubuh kita. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun sukun ini, mari simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Pola makan kita sehari-hari mempunyai andil yang cukup besar dalam terciptanya keasehatan. Nanum pada masa sekarang ini, sangatlah sulit untuk mengatur pola makan dengan menu yang sehat setiap harinya. Terkadang kita tidak sadar bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan goreng-gorengan akan menimbulkan banyak masalah untuk tubuh, belum lagi dari jenis makanan lain yang banyak mengandung lemak seperti daging sapi, kambing dan juga jeroan tentu akan membuat tubuh kita dibanjiri dengan jumlah kolesterol yang melonjak tanpa kendali. 

Jika kolesterol jahat dalam tubuh tidak segera dimusnahkan, akan terjadi penyumbatan peredaran darah yang akhirnya dapat menciptakan penyakit kardiovaskular dan juga gangguan sistem saraf yang berakibat pada resiko stroke. Daun sukun kering ternyata bisa kita manfaatkan untuk membersihkan timbunan kolesterol didalam pembuluh darahyang kemudian diekskresikan melalui feses ataupun air kencing.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Didalam tubuh kita ada banyak sekali sel yang dapat terancam dan mengalami kerusakan. Seperti pada kasus penyakit kanker, hal ini dapat terjadi akibat munculnya perkembangan dan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali. Hal ini dapat diakibatkan oleh adanya ketidaknormalan perkembangan sel atau juga bisa disebabkan oleh pengaruh buruk radikal bebas yang tidak bisa dilawan oleh tubuh akibat lemahnya sistem kekebalan didalam tubuh. 

Untuk mengatasi dan mencegah penyakit kanker bisa memanfaatkan ramuan herbal yang bisa kita buat sendiri dirumah menggunakan daun sukun kering. Konsumsilah secara teratur air rebusan daun sukun kering setiap hari, manfaatnya hampir sama seperti kita melakukan kemoterapi secara kimia. Hal ini dapat terjadi karena daun sukun kering ini banyak mengandung antioksidan  yang amat tinggi jumlahnya.

5. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat dapat dirasakan oleh siapapun, termasuk juga kita. Asam urat dapat menjadi salah satu penyakit yang dapat melemahkah sistem imunitas dadalam tubuh. Asam urat dapat menimbulkan masalah pembengkakan yang diikuti dengan rasa sakit yang teramat sangat, sehingga siapaun penderita asam urat pasti akan merasa ketidakberdayaan dan ketidaknyamanan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Pembengkakan ini dapat membuat kita terbatas dalam melakukan pekerjaan, karena tentu kita tidak lagi dapat bergerak dengan bebas seperti biasanya akibat pembengkakan tersebut. Untuk membantu mengobati masalah asam urat ini, bisa menggunakan manfaat daun sukun kering, yang akan sangat berguna dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah.

6. Mengatasi Penyakit Hati

Organ hati mempunyai peranan sebagai penetralisir racun atau toksin yang ada didalam tubuh, sehingga jika sampai hati kita terganggu kesehatannya tentu akan besar resikonya bagi tubuh kita. Untuk itu, jagalah kesehatan hati kita dengan selalu menerapkan pola makan dan hidup yang sehat setiap harinya. Dan jika sampai hati kita terlanjur mendapat masalah maka kita bisa mengandalkan daun sukun kering sebagai obat alami untuk membantu mengembalikan lagi fungsi dari hati kedalam kondisi yang normal. Pastikan untuk mengkonsumsi air rebusan dari daun sukun kering secara teratur untuk membantu menjaga kesehatan organ hati kita.

7. Menghentikan Pendarahan

Selanjutnya untuk manfaat daun sukun adalah sebagai bahan alami yang mampu mengatasi masalah pendarahan. Jika sampai kita mengalami pendarahan maka cobalah untuk membuat ramuan tradisional yaitu dengan merebus daun sukun kering kemudian meminum airnya. Didalam daun sukun kering ada semacam zat yang mampu membekukan darah sehingga pendarahan dapat  segera terhenti. Selain itu, zat tersebut juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

8. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat daun sukun untuk kesehatan salah satunya adalah bisa dijadikan obat alami untuk meredakan sakit gigi dan juga masalah mulut lainnya. Caranya mudah saja yaitu dengan menyiapkan daun sukun kering kemudian merebusnya hingga mendidih. Setelah itu, gunakan air rebusan daun sukun tadi untuk berkumur layaknya obat kumur. Dengan pengobatan secara rutin, tentu sakit gigi akibat bakteri dan kuman dapat diatasi dengan baik oleh daun sukun kering ini.

Demikianlah uraian tentang manfaat Daun Sukun untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Manfaat Tersembunyi Dari Daun Sukun Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel