3 Sikap Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru Jika Ingin Sukses

Daftar Isi
3 Sikap Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru Jika Ingin Sukses - Kemajuan bangsa Jepang memang sudah tidak diragukan lagi, Jepang menjadi salah satu negara kiblat dalam hal kesuksesan bisnis industri. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa untuk sukses, kita butuh belajar dari orang atau bangsa yang sudah lebih dahulu sukses. Oleh karena itulah pada artikel ini, kita akan bahas mengenai 3 sikap orang Jepang yang wajib kita tiru, agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih sukses lagi.

So, apa sajakah ke-3 sikap yang saya maksud? Mari kita bahas ya :).

Ada berbagai macam hal yang bisa membuat kita semakin takjub dan kagum terhadap keberhasilan Jepang, salah satu diantaranya yaitu di tengah keterbatasan sumber daya alamnya, Jepang justru mampu mengubah keterbatasan tersebut menjadi sebuah kekuatan yang justru mendukung kesuksesan negaranya.

3 Sikap Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru Jika Ingin Sukses


Tidak cuman itu berbagai macam perusahaan besar seperti Panasonic, Yamaha, Toyota, Honda, adalah sederet pembuktian bahwa Jepang layak kita teladani dalam berbisnis. Nah langsung saja simak 3 sikap orang Jepang yang wajib kita tiru jika ingin sukses berikut ini.

1. Rajin Membaca.

Meskipun saya sendiri belum pernah ke Jepang, namun dari berbagai bacaan dan tayangan yang pernah saya lihat, saya bisa menyimpulkan bahwa kebanyakan orang Jepang itu sangat gemar membaca. Baik ketika mereka sedang dalam perjalanan ke tempat kerja, atau mereka istirahat, dan masih banyak lagi, seakan-akan buku merupakan salah satu bagian penyusun kehidupan sehari-hari mereka.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa "BUKU ADALAH JENDELA DUNIA" dengan membaca buku kita bisa menambah wawasan, informasi dan pengetahuan, dan dari pengetahuan itulah kita dapat membuka jalan untuk menggapai sukses. Oleh karena itu kalau ingin sukses, jangan malas membaca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan primer kehidupan Anda.

2. Mari Kita Terapkan Prinsip Kaizen dan Hansei.

Apa itu? Memang kedua prinsip ini sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Oke mari kita bahas ya.

Prinsip kaizen adalah ongoing and continous improvement, yang bisa kita artikan sebagai berkelanjutan dan peningkatan terus menerus. Sedangkan untuk prinsip hansei adalah never ending correction alias perbaikan tanpa henti. Nah kedua prinsip ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang sudah mendarah daging dalam kebudayaan dan iklim bisnis di Jepang.

Tak heran, dengan penerapan kedua prinsip di atas industri Jepang bisa tumbuh sukses dan jaya. Mereka selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas kehidupannya dan tentunya dibarengi dengan perbaikan yang tidak pernah henti. Sebuah cara kerja yang akan menjadikan sistem hidup  menjadi luar biasa super :).

Oleh karena itu, mari bersama-sama kita terapkan prinsip kaizen dan hansei ini dalam kehidupan sehari-hari.

3. Menjaga Nilai Budaya.

Jepang merupakan negara maju yang masih tetap setia berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal mereka. Kita bisa melihat sendiri, Jepang masih mampu memendarkan cahaya kearifan lokalnya meski ditengah gegap gempita mereka sebagai sebuah negara maju dengan kekuatan industri yang luar biasa.

Kebiasaan warga Jepang dalam menjaga budayanya perlu kita tiru, lihatlah berbagai budaya khas Jepang yang selalu eksis sampai sekarang, seperti budaya samurai, budaya minum teh, dan masih banyak lagi. Kalau saja bangsa Indonesia tetap memegang teguh nilai dan budaya yang ada maka pasti masyarakat kita akan sukses seperti yang dialami oleh bangsa Jepang.

Baiklah sobat PustakawanBarru.com yang baik hatinya, itu dia 3 sikap yang wajib kita tiru dari bangsa Jepang jika kita ingin mencapai sukses dan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk Anda ya :).

Posting Komentar