Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google, Ini Jawabannya?

Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google? Mungkin jawaban yang kamu cari untuk mengatasi permasalahan tersebut, di mana permasalahan ini menjadi momok menakutkan bagi para blogger pemula yang lagi naik daun. Hal-hal lainnya yang kerap menjadi pertanyaan blogger pemula adalah, tulisan di blog tidak terlihat, page tidak muncul di blog, cara mengatasi postingan yang hanya tampil satu di homepage, laman blog tidak muncul, hingga cara mengatasi blog tidak ditemukan. Nah berikut informasi lengkapnya?

Ini juga yang saya alami. Tiba-tiba tulisan saya yang sudah berada di halaman pertama google, bisa secara tiba-tiba hilang dari peredaran. Postingan blog hilang dari mesin pencari. Saya berpikir tulisan saya sudah tidak layak, sehingga berubah susunan penghuni mesin pencari google. Tapi kenapa tulisan yang baru dan sudah di halaman pertama google juga menghilang, saya jadi semakin bingung?

Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google, Ini Jawabannya?


Kalau kata teman, saya untuk detil setiap menulis artikel. Artinya saya tidak boleh bosan membaca tulisan yang akan di post di blog hingga huruf terakhir. Ini juga untuk memastikan harapan sebagai blogger, tulisan kita untuk terus menduduki posisi yang baik di halaman depan mesin pencarian google. Bahkan, tak hanya google, tapi bisa page one di beberapa mesin pencarian lain, seperti yahoo, bing, dan lain-lain.

Terus saya tanya lagi? Apa kriteria agar tulisan blog bisa muncul dihalaman atas atau di bagian depan halaman google? Jawaban teman saya seperti ini, ketika tulisan kita masuk ke halaman pertama, itu artinya, tulisan blog tersebut dianggar pantas dan memenuhi kriteria google dan berhak berada di bagian depan halaman mesin pencarian.

Jadi intinya, dalam menulis artikel juga, kita harus memastikan tulisan di blog kita apakah sudah memenuhi faktor penunjang tulisan masuk mesin pencarian. Tentunya ini juga menggunakan banyak saran dari yang diinginkan google.

Maka, baik memunculkan tulisan dan blog di halaman atas google dan mempertahankan tulisan blog di halaman pertama google, bukanlah perkara mudah? Buktinya saya saja masih kerap dibuat bertanya-tanya, Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google?

Nah, sekali lagi ini bukan pekerjaan mudah untuk bisa blog kita tetap eksis diposisi terbaik. Kita butuh kerja keras. Selain memastikan tulisan dibaca mesin pencarian google, tentunya kita berharap tulisan blog tampil di page one google. Selain itu juga bisa mempertahankan tulisan di mesin pencarian google.

Karena harus diakui, sangat banyak blogger yang sudah mengalami, saat postingan blognya tiba tiba hilang di pencarian google padahal di hari sebelumnya sempat menduduki posisi paling baik dimesin pencari. Mengapa terjadi demikian?  Kenapa sebuah postingan blog tiba-tiba menghilang dan tidak muncul di hasil pencarian mesin pencari? Berikut catatan Pustakawanbarru.com Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google ?

Alasan Kenapa Postingan Blog Tidak Ke Indek Google?

1. Umur blog kalah saing, karena blog terhitung baru

Bisa jadi demikian. Ada sebagian besar, bahkan blog saya sendiri. Masih kalah saing, dan masih sulit muncul di halaman pertama google. Jangankan halaman pertama. Hal ini juga terkadang tidak keindeks dalam mesin pencarian.

Maka tak heran, jika ada yang mengatakan, bahwa dibutuhkan beberapa hari, bahkan berminggu-minggu untuk bisa membuat blog ke indek mesin pencari. Namun, diantara postingan, biasanya sudah mulai bisa ke indek meski tidak cepat.

Oh iya, satu hal yang penting, pastikan tulisan dan proses indeks google berjalan natural, tanpa ada paksaan ya. Nah, kita cukup cek aja di pencarian. Cara cek blog terindeks atau belum cukup lakukan cara ini : Masuk ke mesin pencarian google, lalu site:www.alamatblog.com.

2. Pengaruh google honeymoon di blog

Google honeymoon istilah dari bulan madu google. Nah, google honeymoon ini bisa juga menjadi salah satu penyebab blog menghilang dari pencarian search enggine atau mesin pencarian.

Google honeymoon itu biasanya juga membuat artikel tiba-tiba muncul dan menduduki tempat terbaik di mesin pencarian. Bahkan, meskipun tulisan blog kita tidak memiliki kualitas SEO yang baik. Nah, hal tersebut juga yang memastikan artikel tidak dapat bertahan lama di halaman google dan mesin pencariannya. Jadi kalau google sudah bulan madu ya hilang tulisannya.

Ciri-ciri blog yang mengalami hal ini yakni blog baru berusia 2 mingguan tiba tiba mendapatkan pengunjung dengan jumlah yang besar tapi setelah beberapa hari artikelnya berubah posisi di halaman mesin pencari, memang tidak kelihatan bagian depan atau pertengahan tapi percayalah bahwa artikel itu masih ada dan masih terindex.

3. Template / artikel blog diserang Virus

Jangan asal copy paste artikel. Nah, ini harus diperhaikan. Terkadan copy paste artikel begitu saja mudah diserang virus. Karena siapa tahu artikel yang di copy paste mengandung virus.  Maka dari itu, banyak dari blogger yang selalu menjaga artikelnya supaya tidak dapat dicopy terkadang menanam script script tertentu agar upaya menjaga artikel blognya tida dapat dicuri orang.

Jenis script virus tersebut beragam, ada yang cara kerjanya sesuai dengan perintah saat ditempatkan pada blog lain, ada juga yang modelnya berupa link yang isinya malware. Ada juga virus yang asalnya dari template.

Nah, bahasa virus yang berasal dari template ini cara kerjanya yakni membuat halaman-halaman lain terbuka secara otomatis dan meredirect url-url tertentu. Lalu ada juga asalnya dari pembuat template menanamkan link credit dan saat link credit terhapus maka proses redirect terjadi.

Dan google paling benci dengan situs atau blog sejenis itu. Kenapa? Karena mesin pencari lebih baik mengabaikan blog dengan link redirect dan tentu tidak memilih supaya blog itu di index.

4. Blog terjebak di sanbox google

Jika begini adanya, artinya ada kemungkinan blog yang dimiliki tersebut hingga postingan blog tidak muncul di pencarian google, ini karena dapat penalti dari google. Penalty ini diberikan pada situs yang menyalahi aturan google.

Nah, untuk itu, kita harus mengetahui, bentuk pelanggaran yang bisa mendapatkan hukuman dari google apa saja? Salah satunya adalah dengan melakukan optimasi pada artikel secara berlebihan seperti menempatkan kata kunci persaingan yang tinggi dengan menabur dan tidak jelas isi artikel itu apa.

Ada juga sebab karena membangun backlink secara serempak dalam waktu yang singkat. Nah, ini yang suka tanamn backlink patut waspada. Karena perbuatan tersebut akan dianggap sebagai spam dan akan dihukum oleh google.

Banyak yang beranggapan membangun backlink itu baik. Iya betul baik. Tapi sebaik-baiknya cara tentunya punya aturan. Maka, sebaiknya hentikan tindakan tersebut sebelum semakin parah. Jikapun sudah terlanjur terjebak maka jangan pernah lewatkan seharipun untuk terus membuat konten konten yang bermutu.

Selain itu google tidak suka perbuatan curang, tentu dong jenis kecurangan apapun pasti dibenci. Nah tindakan curang ini dimaksud agar blog dan tulisan blog berada pada posisi strategis dan di tangkap oleh mesin pencari. Nah ini jenis kecurangan yang dibenci google untuk para blogger :

  • Melakukan, menanam keyword terlalu banyak dalam artikel
  • Membuat link internal yang tidak relevan dengan artikel yang dimaksud
  • Membuat sub-sub judul terlalu banyak dan menyisipkan keyword
  • Menanam link dengan warna yang sama dengan warna bacgground
  • Dan beberapa teknik black seo lainnya .
  • Nah, ketika pengunjung datang membaca artikel kita dan sang pengujung merasa kebingungan sebab kita melakukan aktivitas curang maka potensi besar yang akan didapatkan adalah dimasukkan ke dalam google sanbox dengan begitu blog atau artikel kita tidak terindex.

Baca Juga : Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas

5. Seo artikel blog kalah dengan blog lain

Penyebab lainnya Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google? dan tidak muncul di halaman pencarian karena artikel yang dibuat kalah hebat ama artikel di blog orang lain. Jadi bukan tidak terindex tapi artikel jauh dibelakang alias terpental.

Untuk bersaing dengan topik atau judul yang sama, maka wajib tahu mengenai seo sebab untuk membahas sebuah topik belum tentu yang menulisnya satu orang saja. Maka, semakin banyak yang menulis artikel mengenai topik yang diincar berarti semakin banyak pula pesaing.

Jika pesaing lebih manjur dalam menggunakan teknik seo berarti posisinya ada pada bagian depan mesin pencari. Bagaimana cara supaya bisa bersaing dengan pesaing blog kita? Nah, caranya tentunya melibatkan teknik seo supaya kita juga berkesempatan bisa berada pada bagian depan halaman google. Terus, lakukan optimasi yang baik dan seadanya.

6. Mesin pencari terus adakan perubahan algoritma

Google sudah beberapa kali mengeluarkan algoritma baru ke mesin pencari, Google melakukan perubahan algoritma demi kebaikan pengguna supaya saat pengguna mencari sesuatu dimesin pencari disajikan artikel yang benar benar relevan.

Nah, saat ini, algoritma berubah, maka keadaan dimesin pencaripun juga akan berubah. Jadi bisa saja artikel blog yang telah dibuat yang dulu-dulu berada pada posisi baik yang tiba-tiba berada pada bagian belakang juga sebaliknya di halaman depan.

Jadi, kadang blog yang biasa-biasa saja jangan heran jika tiba-tiba berada di page one google. Mungkin saja artikel tersebut memang yang disukai algoritma google. Untuk itu, teruslah membuat konten tulisan blog yang informatif.  Menuliskan artikel yang betul-betul untuk pembaca bukan untuk mesin

7. Jangan asal kopi paste artikel

Nah, ini mesin robot google sekarang makin ketat. Kita nggak bisa asal kopi paste. Jadi, algoritma google yang dikendalikan robot ini bisa jadi akan menjadi salah satu penyebab sehingga artikel kita tidak di index di halaman pencarian google.

8. Kebiasaan mengubah url blog

Ada prosesi index ulang jika kita mengubah url blog yang sudah diposting. Jadi seperti blog baru yang akan di indeks sangat lama. Maka dalam menentukan blog, tulisan, hingga judul harus dipikirkan secara matan.

Nah, itu dia tips sederhana yang bisa admin bagikan beserta alasan kenapa postingan blog tidak muncul di halaman google.

0 Response to "Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google, Ini Jawabannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel