Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Daftar Isi
Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh - Salah satu jenis makanan tradisional yang hingga saat ini tetap melegenda yaitu Ubi Jalar. Bahan makanan ini merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, ada banyak kandungan yang tersimpan pada ubi jalar misalnya ubi jalar kaya akan mineral, serat dan flavonoid.

Serat sangat baik untuk tubuh terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet. Namun sayangnya keberadaan ubi jalar dianggap sebagai makanan kampung yang tidak bernilai sehingga banyak orang yang lebih memilih makanan lain untuk dikonsumsi.
Jika anda ingin memiliki gusi dan gigi yang sehat, cobalah untuk mengkonsumsi ubi jalar. Ubi jalar memiliki kandungan vitamin C sebanyak 70% AKG dan kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem imun yang akan menjaga gigi kita tidak cepat rusak dan menghindari gusi berdarah.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

2. Menguatkan Tulang

Masalah yang seringkali terjadi ketika kita lanjut usia adalah pengeroposan tulang atau yang sering disebut Osteoporosis. Osteoporosis dapat terjadi akibat tubuh kekurangan kalsium dan zat besi. Untuk menjaga kadar kalsium dalam tubuh tetap seimbang, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar karena ubi jalar dapat menjadi asupan kalsium dan mangan sebanyak 44% dari kebutuhan harian.

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Organ tubuh yang paling vital dalam kehidupan manusia adalah jantung. Jantung dapat diibaratkan sebagai nyawa sehingga kita harus menjaga baik-baik kondisi jantung kita. Cara menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya mengkonsumsi ubi jalar. Ubi jalar mengandung vitamin B6 sebanyak 27% AKG yang dapat meningkatkan homosistein sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

4. Menstabilkan Gula Darah

Kelebihan kadar gula didalam tubuh dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke. Untuk itu tubuh membutuhkan asupan magnesim yang cukup. Setidaknya ada 15% dari 100 gram ubi jalar kandungan magnesium yang dapat mencukupi kebutuhan harian sehingga resiko stroke dapat diminimalisir.

5. Mengontrol Tekanan Darah 

Buah dan sayur banyak mengandung potasium dan jenis makanan tersebut sangat bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika anda ingin menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal? Cobalah mengkonsumsi Ubi Jalar secara rutin karena ubi jalar kaya akan kandungan potasium.

Buah yang dikenal murahan dan kurang populer ini ternyata cukup kaya manfaat dan banyak nutrisi penting yang terkandung didalamnya. Jadi tidak perlu mahal jika ingin sehat bukan..

Semoga dengan adanya ulasan manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh ini, bisa menambah pengetahuan kita semua. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar