Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Iklan

Daftar Isi
Cara menghasilkan uang dari internet dengan iklan. Salah satu model bisnis online yang populer adalah bisnis periklanan online. Bagaimana cara menghasilkan uang dengan iklan di internet? Bagaimana langkah-langkah memulai bisnis periklanan online? Apa kunci sukses bisnis periklanan online? Semuanya akan kita bahas dalam tulisan menarik kali ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Iklan

Langsung saja, inilah pembahasan selengkapnya tentang cara menghasilkan uang dari internet dengan iklan.

Konsep Menghasilkan Uang dengan Model Bisnis Periklanan Online

Pada dasarnya, model bisnis periklanan online mirip seperti model bisnis media. Anda pasti pernah membaca media, seperti Kompas, Detik.com, majalah merek tertentu, dan lain sebagainya. Nah bisnis media biasanya mendapatkan pemasukan dari iklan. Ketika kita mau menjalankan bisnis online dengan model bisnis periklanan maka kita akan bermain di bidang media, tepatnya media online.

Prinsip menghasilkan uang dengan periklanan online adalah kita memiliki sebuah website. Lalu di website tersebut kita sediakan ruang iklan. Nah, ruang iklan inilah yang nantinya bisa kita sewakan kepada para pengiklan.

Ada dua jenis model periklanan online yang kerap digunakan oleh pemilik website untuk menghasilkan uang dari websitenya.

Dua jenis model periklanan tersebut antara lain :

  • Model bisnis periklanan PPC.
  • Model bisnis periklanan sewa ruang iklan.

PPC (Pay Per Click) adalah sebuah model periklanan di mana pemasang iklan hanya perlu membayar biaya iklan apabila iklannya diklik. Ambil contoh harga per klik per iklan adalah 1000 Rupiah. Nah, iklan si A diklik oleh 1000 orang. Artinya harga yang harus dibayar oleh si A tadi adalah sebesar 1000 x  1000, yakni 1.000.000. Itulah model iklan PPC. Jadi, pemasang iklan hanya membayar untuk klik yang terjadi pada iklannya.

Bagi pemilik website yang mau menampilkan iklan PPC di websitenya, mereka harus bergabung dengan situs penyedia program PPC. Misalkan Anda mau menampilkan iklan PPC di web Anda, maka Anda harus mendaftar di situs iklan PPC.

Setelah Anda terdaftar di situs iklan PPC, Anda akan mendapatkan kode iklan. Nah, kode iklan tadilah yang Anda pasang di website. Setelah kode iklan dipasang, iklan PPC akan tampil website Anda.

Contoh iklan PPC Google AdSense yang ada di sebuah website.
Contoh iklan PPC Google AdSense yang ada di sebuah website

Sekarang, tugas Anda sebagai pemilik website adalah mendatangkan sebanyak mungkin orang ke website Anda. Setelah itu, upayakan orang-orang yang datang ke website Anda mengklik iklan PPC yang Anda pajang. Mengapa? Karena Anda hanya akan dibayar untuk setiap klik yang terjadi pada iklan Anda. Semakin banyak pengunjung web yang mengklik iklan Anda, maka akan semakin banyak pula komisi yang Anda dapatkan.

Selain model periklanan PPC, juga dikenal model bisnis periklanan sewa ruang iklan. Untuk model bisnis iklan ini, konsepnya lebih sederhana dibanding PPC.

Jika Anda menjalankan model bisnis periklanan ini maka tugas Anda adalah menyediakan ruang iklan di website. Selanjutnya ruang iklan itu Anda tawarkan pada pemasang iklan. Nah pemasang iklan yang mau beriklan di website Anda tinggal membayar sewa ruang iklan tersebut.

Bergabung di Situs Penyedia Layanan PPC

Di internet sudah tersedia banyak situs yang menyediakan layanan PPC. Baik PPC lokal Indonesia ataupun PPC yang menjangkau wilayah internasional. Contoh situs penyedia layanan PPC misalnya :

  • Google AdSense. Alamat websitenya : www.AdSense.Google.com.
  • Infolinks. Alamat websitenya : www.Infolinks.com.
  • IdBlogNetwork.com. Alamat websitenya  www.IdBlogNetwork.com.
  • PPCIndo. Alamat website  : PPCIndo.com.

Dari beragam situs penyedia layanan PPC, sebagian besar blogger dan pemilik website menganggap bahwa Google AdSense merupakan PPC terbaik. Google AdSense merupakan layanan iklan PPC yang dimiliki dan dikelola oleh Google. Tak hanya itu, Google AdSense juga dikenal sebagai program PPC yang memberikan komisi per klik terbesar.

Bagi Anda yang mau belajar secara mendalam dan detail tentang menghasilkan uang dari program periklanan Google Adsense, Anda dapat belajar di situs Si Tukang Tidur Main AdSense. 

Langkah-Langkah Menghasilkan Uang di Internet Dengan Periklanan Online

Proses menghasilkan uang melalui bisnis periklanan online sebenarnya butuh proses. Namun jika disederhanakan, inilah langkah-langkah menghasilkan uang dari internet dengan menggunakan bisnis periklanan online. Silakan disimak langkah-langkahnya.

  1. Membuat sebuah website dengan topik tertentu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat website. Anda perlu memiliki sebuah website agar dapat menampilkan iklan. Nah, akan lebih baik apabila Anda membuat website yang punya topik khusus. Tujuannya agar website Anda kelak memiliki brand dan ciri khas tertentu. Contoh, kalau Anda suka menulis di bidang marketing maka buatlah website tentang marketing. Kalau Anda suka menulis tentang properti maka buatlah website tentang properti.
  2. Jadikan website tersebut sebagai website rujukan, populerkan website Anda. Setelah Anda membuat website, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah Anda harus menjadikan website Anda sebagai website rujukan orang-orang. Dengan kata lain, jadikan website Anda sebagai website yang terbaik di bidang web Anda. Contoh, web Anda merupakan website yang membahas tentang topik investasi properti, maka jadikan web Anda sebagai web yang terbaik di bidang investasi properti. Agar web Anda menjadi rujukan orang-orang, Anda harus membuat banyak artikel di web Anda. Tak sekadar artikel, tetapi harus artikel yang berkualitas.
  3. Datangkan trafik ke website Anda. Setelah Anda mengisi website Anda dengan berbagai konten, maka datangkanlah pengunjung ke website Anda. Istilahnya, Anda mendatangkan trafik ke website. Bagaimana cara mendatangkan trafik ke website? Tentu website Anda harus dipromosikan.
  4. Pasang Iklan PPC/Tawarkan Ruang Iklan di Blog Anda. Setelah website Anda mulai dikunjungi oleh banyak orang, maka langkah berikutnya adalah mulailah memasang iklan PPC di website Anda. Atau jika Anda ingin menghasilkan uang dengan menyewakan ruang iklan, sediakanlah ruang iklan di web Anda. Selanjutnya, tawarkan ruang iklan tersebut kepada pemasang iklan yang tertarik.
  5. Terus Tingkatkan Pertumbuhan Website Anda. Jangan berhenti hanya sampai langkah 4 tadi. Melainkan, Anda harus terus meningkatkan pertumbuhan website Anda. Tingkatkan jumlah pengunjung web Anda, tingkatkan jumlah pembaca setia website Anda. Intinya, tingkatkan nilai website Anda. Sebab semakin tinggi nilai website Anda, Anda punya posisi tawar yang semakin tinggi terhadap para pengiklan nantinya.

Itulah langkah-langkah menghasilkan uang di internet dengan model bisnis periklanan online. Kembali kami merekomendasikan, jika Anda ingin dipandu langkah demi langkah untuk belajar periklanan Google Adsense, Anda dapat belajar di situs Si Tukang Tidur Main AdSense. Akan lebih baik jika ada yang memandu Anda langsung secara langkah demi langkah.

Semoga bermanfaat dan pastikan Anda sukses selalu.

Posting Komentar