Hati-Hati… Ini Manfaat dan Bahaya Soda/Baking Soda Kue Untuk Wajah

ADMIN
0
Soda kue atau baking soda memang lebih banyak terpakai sebagai salah satu bahan dalam membuat berbagai kue. Manfaatnya banyak berkutat di dunia tata boga, mulai dari roti hingga kue kering. Namun banyak juga informasi tentang manfaat soda kue untuk wajah sebagai salah satu bahan perawatan. Namun perlu juga kita pahami bahwa ada sisi berbahaya dari penggunaan baking soda atau soda kue ini untuk wajah. Apa saja itu? Simak hingga tuntas ya…

Manfaat dan Bahaya Soda/Baking Soda Kue Untuk Wajah

Oh ya, baking soda sendiri memiliki ciri khusus yang harus Anda tahu. Perlu juga digarisbawahi bahwa baking Soda lain sekali dengan baking powder. Meskipun fungsinya sama, namun takaran dalam pembuatan kue antara keduanya jelas beda. Ciri paling mudah dari baking soda/soda kue adalah terasa kesat jika diremas. Mirip dengan kanji. Rasa soda kue juga pahit dan getir. Beda dengan baking powder yang tidak pahit.


5 Manfaat Baking Soda/Soda Kue Untuk Wajah

Setelah memahami beda antara baking soda/soda kue dengan baking powder, barulah kami ketengahkan manfaat soda kue untuk wajah berikut ini. Berbagai masalah kulit wajah banyak yang teratasi dengan penggunaan baking soda.


1. Soda Kue Untuk Wajah Berjerawat

Baking soda terbukti ampuh untuk mengempiskan dan menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta kental. Oleskan pasta baking soda ini ke bagian yang berjerawat. Tunggulah hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih.


2. Baking Soda Untuk Memutihkan Kulit

Manfaat baking soda untuk wajah yang paling dicari oleh kebanyakan wanita yaitu untuk memutihkan kulit wajah. Baking soda akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit bebas dari kusam.

Campurkan saja dua sendok baking soda dengan air sabun. Aduk hingga mengental lalu gunakan untuk mengoles wajah. Berikan pijatan lembut agar sel kulit mati terangkat. Terakhir bilaslah dengan air hangat.


3. Soda Kue Sebagai Sabun Pembersih Kulit

Soda kue juga bisa difungsikan sebagai sabun pembersih wajah. Sifatnya yang mampu mengangkat sel kulit mati akan sangat berguna untuk membersihkan wajah serta memutihkannya. Caranya, campurlah baking soda dengan air lalu gunakan sebagai pencuci muka.


4. Baking Soda Untuk Menghilangkan Minyak Pada Wajah

Soda kue juga punya manfaat yang baik untuk mengontrol dan menghilangkan minyak berlebih di wajah. Dengan memakai soda kue saat membersihkan muka, maka kulit wajah Anda akan bersih, lebih cerah dan bebas dari minyak berlebih.


5. Soda Kue Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam yang biasanya disebabkan oleh bekas jerawat juga terbukti bisa dihapus dengan baking soda. Cukup dengan sesendok makan baking soda, campur dengan air agar encer, lalu dioleskan ke wajah. Tunggu sekitar 25 menit lalu bilas dengan air hangat.


3 Bahaya Baking Soda Yang Harus Anda Perhatikan

Meskipun dikatakan sebagai perawatan alami, namun pada dasarnya baking soda memang bahan kimia. Selain itu ada catatan khusus jika Anda mempergunakan baking soda/soda kue untuk perawatan wajah. Efek samping itu harus dihindari dengan penggunaan yang bijak. Berikut ini rinciannya.


1. Soda Kue Bisa Merusak Lapisan Kulit Wajah Paling Luar

Soda kue mengandung alkaline. Bila sering digunakan, maka zat ini akan menyebabkan lapisan kulit bagian luar rusak. Lapisan kulit luar ini gunanya adalah untuk melindungi dari sengatan matahari.


2. Soda Kue Dapat Menyebabkan Luka Bakar

Dalam soda kue juga terdapat acidic yang ternyata justru mengakibatkan luka bakar. Ada fakta menarik bahwa beberapa minuman bersoda memiliki dampak buruk seperti soda kue. Misalnya pada kasus minuman bersoda yang bisa menghancurkan aluminium foil. Lalu bagaimana jika diterapkan ke wajah? Pada beberapa kasus ada orang yang setelah memakai soda kue malah wajahnya merah dan bengkak.


3. Kandungan Tidak Aman

Meskipun dikatakan sebagai bahan alami, nyatanya soda kue tetaplah merupakan bahan kimia. Dan sebenarnya soda kue juga mempunyai kandungan yang oleh pihak laboratorium dikatakan tergolong tidak aman untuk kulit.

Nah itulah manfaat dan bahaya soda kue atau baking soda untuk wajah yang harus Anda tahu. Silakan konsultasikan ke dokter Anda sebelum mencoba memakai manfaat baking soda ini. Semoga bermanfaat.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)