9 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan Kulit Kepala Juga Untuk Rambut Bayi

Minyak kelapa sekarang nampaknya sudah kalah tenar dengan minyak kelapa sawit. Selain pembuatannya agak rumit minyak kelapa nampak kurang menarik karena tak sebening minyak kelapa sawit. Namun justru kini minyak kelapa terkenal dalam jajaran bahan kosmetik yang bermanfaat sekali. Minyak kelapa kini sering disebut dengan nama kerennya, Virgin Coconut Oil atau VCO. Jauh dari nama ndesonya yang minyak klentik, minyak krengseng dan sebagainya. Nah, ternyata banyak sekali manfaat minyak kelapa untuk rambut dan kulit kepala. Bahkan juga untuk rambut bayi.

9 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan Kulit Kepala

Banyak yang menyangka bahwa penggunaan minyak kelapa sudah ketinggalan jaman, padahal justru minyak kelapa sangat bermanfaat sekali. Bahkan sejak zaman kerajaan, minyak kelapa sudah digunakan sebagai bagian kosmetik para putri raja.

9 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Kulit Kepala

Kini minyak kelapa lebih sering digunakan dalam berbagai resep kosmetika dengan istilah yang asing yaitu VCO. Tentu agak mengaburkan. Padahal bagi orang desa maupun orang-orang tua, penggunaan minyak kelapa dalam keseharian telah sejak dahulu. Nah, kini Anda tak usah malu menggunakan minyak kelapa karena manfaatnya begitu banyak. Berikut ini 9 diantaranya…

1. Minyak Kelapa Untuk Melindungi Rambut dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Manfaat minyak kelapa untuk rambut antara lain berfungsi sebagai tabir surya yang melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Caranya hanya dengan menjadikan minyak kelapa saat Anda bersisir menata rambut.

2. Menyuburkan Rambut

Selain itu minyak kelapa juga berguna untuk menyuburkan rambut Anda. Dalam minyak kelapa atau VCO terdapat asam lemak essensial dan vitamin. Sehingga folikel rambut akan terbangun secara lebih baik.

Cara menyuburkan rambut dengan minyak kelapa adalah dengan melakukan perawatan menjelang tidur. Oleskan minyak kelapa secara merata menggunakan sisir. Gunakan shower cap untuk melindungi bantal dari ceceran minyak. Lalu diamkan minyak meresap semalaman. Pagi harinya barulah dibilas dengan shampoo sampai bersih. Dalam beberapa bulan maka Anda akan mendapat hasil yang maksimal.

3. Minyak Kelapa Sebagai Kondisioner

Minyak kelapa juga bisa Anda gunakan sebagai kondisioner alami. Ini karena minyak kelapa bisa meresap secara mendalam dan lebih cepat ketimbang kondisioner lain. Caranya, awali dengan keramas lalu keringkan rambut Anda. Selanjutnya ambil minyak kelapa secukupnya kemudian hangatkan. Setelah hangat oleskan ke rambut secara merata. Berikan pijatan lembut di bagian kulti kepala bersamaan Anda mengoleskan minyak. Agar lebih merata, gunakan sisir untuk menyisir rambut Anda. Selanjutnya tutuplah dengan shower cap selama 30 menit. Terakhir bersihkan rambut dengan berkeramas.

4. Minyak Kelapa Menghilangkan Ketombe

Dalam minyak kelapa terdapat asam larut yang khasiatnya adalah untuk memperlancar peredaran darah dan oksigen di kulit kepala. Dengan demikian maka rambut Anda akan terbebas dari ketombe.

Menjelang tidur malam hari, oleskanlah minyak kelapa ke rambut Anda secara merata. Gunakan bantuan sisir. Jangan lupa menghangatkan minyak kelapa sebelum menggunakannya. Selanjutnya bungkus rambut dengan handuk dan diamkan semalaman. Pagi harinya siapkan garam epsom untuk meluruhkan minyak yang menempel. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Sebagai catatan, garam epsom berbeda dengan garam dapur, bukan untuk dikonsumsi, dan bisa Anda dapatkan di apotek ataupun dibeli via online.

5. Minyak Kelapa Sebagai Dasar Pewarna Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang selanjutnya adalah sebagai campuran pewarna rambut alami. Dengan minyak kelapa maka pewarna alami akan lebih cepat meresap dan melekat. Pewarna alami rambut sendiri bisa berupa kopi, teh, ataupun bahan lain.
Pertama hangatkanlah minyak kelapa. Setelah itu campurkan bahan pewarna alami rambut ke dalamnya. Setelah tercampur merata baru aplikasikan ke rambut Anda. Setelah pewarna meresap bilaslah rambut sampai bersih.

6. Minyak Kelapa Mengatasi Rambut Keriting

Rambut keriting terasa lebih susah diatur, gampang kusut dan membuat penampilan Anda kurang meyakinkan. Dengan menggunakan minyak kelapa murni maka rambut Anda akan lebih mudah diatur. Caranya cukup dengan mengoles rambut Anda dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Diamkan tanpa dikeramasi lagi.

7. Minyak Kelapa Menghilangkan Kutu

Manfaat minyak kelapa yang seru lagi adalah untuk obat alami penghilang kutu. Sekaligus minyak kelapa akan mencegah kutu kembali ke rambut Anda.
Caranya, campurkan 3 sendok makan minyak kelapa dengan sesendok teh minyak pohon teh dan adas manis. Jika rambut Anda panjang maka tinggal menggandakan resep ini. Setelah itu gunakan campuran tersebut untuk mengoles rambut Anda.

8. Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Salah satu keruskan rambut yang paling sering dialami para wanita adalah rambut yang bercabang. Hal ini bisa terjadi akibat penataan rambut maupun penggunaan produk kimia. Cara paling umum yang diterapkan adalah dengan memotong ujung yang bercabang. Nah, jika Anda sayang dengan rambut dan ingin agar lebih panjang tanpa bercabang, maka cobalah perawatan dengan minyak kelapa. Dengan rutin mengoleskan minyak kelapa pada rambut anda maupun pada kulit kepala, maka rambut bercabang akan berkurang.

9. Minyak Kelapa Menyehatkan Kulit Kepala

Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur sekaligus. Kandungan asam kaprat dalam minyak kelapa cukup tinggi sehingga ampuh untuk melawan ketombe sekaligus menyehatkan kulti kepala. Dengan kulit kepala yang sehat, maka pertumbuhan rambut tentu akan lebih baik.

Demikian pula kulit kepala bayi. Anda bisa menerapkan perawatan menggunakan minyak kelapa pada kulit kepala bayi Anda jika ingin dia memiliki rambut yang lebih kuat dan subur. Kandungan vitamin E dan K dalam minyak kelapa akan sangat baik merangsang pertumbuhan akar rambut. Basahi rambut bayi Anda dengan air hangat, lalu olesilah dengan minyak kelapa secukupnya. Berikan pijatan lembut pada kulit kepalanya dan diamkan minyak menempel sekitar 30 menit. Akhirnya bilaslah dengan air hangat.
Nah, itulah 9 manfaat minyak kelapa untuk rambut dan kulit kepala. Sekaligus manfaat tersebut juga baik untuk bayi. Selamat mencoba, semoga mendapat hasil maksimal.

0 Response to "9 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan Kulit Kepala Juga Untuk Rambut Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel