9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Ini Harus Anda Sampaikan Kepada Para Bumil

Daftar Isi
9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil -  Kacang hijau sudah terkenal dan akrab dengan masyarakat Indonesia. Khusus untuk ibu hamil, disarankan konsumsi kacang hijau. Ini 9 manfaatnya…

Sebagai tumbuhan yang tergolong jenis polong-polongan, kacang hijau terkenal mempunyai kandungan protein yang tinggi. Memiliki nama latin Vigna radiata, tumbuhan ini sudah banyak dipakai dalam kebutuhan sehari-hari. Olahan yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasarnya antara lain bubur kacang hijau. Ada juga yang menjadikannya sebagai sayuran dalam bentuk kecambah. Untuk keperluan tertentu kacang hijau juga dijadikan tepung. Rasanya enak dan nutrisinya lengkap. Karena itu kali ini kita kuak lebih jauh tentang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Ini Harus Anda Sampaikan Kepada Para Bumil

Kandungan Gizi dan Nutrisi Dalam Kacang Hijau

Sebagai tumbuhan jenis polong, kacang hijau cukup banyak memiliki kandungan nutrisi. Kandungan gizi dalam kacang hijau antara lain ada protein yang memiliki prosentase hingga 24% atau sekitar 7 gram tiap 100 gram kacang hijau. Protein sendiri sangat dibutuhkan untuk membentuk otot dan sel-sel tubuh serta mengatasi rambut rontok. Penyembuhan luka juga memerlukan protein agar lebih cepat, juga masalah pencernaan membutuhkan protein agar tidak ada gangguan.

Selanjutnya, dalam setiap 100 gram kacang hijau terdapat 19 gram karbohidrat kompleks. Meski membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, namun energi dari karbohidrat kompleks ini lebih stabil dan mengenyangkan.

Kacang hijau juga memiliki serat makanan. Dalam setiap 100 gramnya, terdapat sekitar 7,6 gram serat pangan. Serat ini sangat penting untuk lancarnya proses pencernaan serta mencegah sembelit atau konstipasi.

Kacang hijau memiliki kandungan beberapa vitamin penting. Antara lain vitamin A (157 IU), vitamin B1 (0,72 mg/100 gram), vitamin B2 (0,45 mg/100 gram), dan vitamin C (3,0 mg/100). Vitamin A sendiri bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedang vitamin B1 untuk meningkatkan nafsu makan, vitamin B2 membantu proses penyerapan protein. Adapun vitamin C membantu perlindungan dari kanker dengan cara peningkatan kekebalan tubuh serta memperkecil risiko serangan jantung.

Dalam kacang hijau juga terdapat Asam Folat sejumlah 159 µg/100 gram. Asam folat berperan penting dalam perkembangan janin dan pembentukan sel darah merah. Kandungan lemak dalam kacang hijau tergolong rendah sehingga tidak mudah menjadi basi. Lemak tak jenuh dalam kacang hijau juga menjaga kesehatan jantung.

Kandungan mineral dalam kacang hijau meliputi kalsium (27 mg/200 gram) dan fosfor (99 mg/100 gram). Karena itu kacang hijau sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang.

9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Memandang berbagai vitamin dan mineral yang terdapat dalam kacang hijau maka bermacam manfaat bisa didapat dengan konsumsi kacang hijau. Berikut ini 9 diantaranya …

1. Kacang Hijau Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Gangguan pencernaan sering kali dialami oleh ibu hamil saat janin semakin besar dan mendesak perut bagian atas. Maka untuk memperlancar saluran pencernaan, sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi kacang hijau agar tidak mengalami sembelit dan masalah lainnya.

2. Kacang Hijau Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Kandungan fosfor dalam kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Sehingga saat telah lahir nantinya, bayi akan mengalami pertumbuhan tulang yang lebih optimal. Ketika kebutuhan fosfor terpenuhi, maka bayi akan terhindar dari ancaman penyakit tulang.

3. Kacang Hijau Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak dalam kacang hijau cukup rendah sehingga aman dikonsumsi tanpa harus khawatir risiko serangan jantung. Ini berbeda dari persangkaan banyak orang yang mengira setiap makanan yang mengandung lemak berarti membahayakan jantung.

4. Kacang Hijau Menjaga Pertumbuhan Sel Bayi

Protein sebagai salah satu kandungan yang cukup tinggi dalam kacang hijau. Manfaatnya adalah terkait pertumbuhan sel pada bayi. Bahkan protein kacang hijau dikabarkan berguna untuk menebalkan rambut bayi. Sudah maklum bahwa kebanyakan orang tua ingin bayinya memiliki rambut yang tebal dan hitam.

5. Kacang Hijau Bermanfaat Untuk Perkembangan Saraf Bayi

Perkembangan saraf yang sempurna akan menunjang kelahiran bayi yang sempurna pula. Bukankah setiap orang tua ingin bayi yang lahir memiliki organ yang sempurna tanpa kekurangan? Karena itu, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi kacang hijau untuk meminimalkan kemungkinan kelainan janin.

6. Kacang Hijau Sebagai Sumber Energi

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sebagai sumber karbohidrat. Ini penting mengingat ibu hamil membutuhkan banyak energi. Tak hanya untuk ibu hamil, ibu yang menyusui juga dianjurkan rutin mengkonsumsi kacang hijau agar ASI-nya lebih berkualitas.

7. Kacang Hijau Menjaga Nafsu Makan

Dengan kandungan vitamin B dalam kacang hijau, maka nafsu makan ibu hamil akan terpacu. Sudah maklum bahwa para ibu hamil selalu terkendala soal makan karena efek rasa mual dan muntah saat kehamilan. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, maka nafsu makan sang ibu bisa meningkat.

8. Kacang Hijau Mencegah Berbagai Penyakit

Dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak dalam kacang hijau, maka dampak positifnya adalah meningkatnya sistem imunitas dalam tubuh. Sehingga ibu hamil akan terlindungi dari berbagai penyakit.

9. Kacang Hijau  Membantu Penyerapan Protein

Vitamin B2 dalam kacang hijau sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu proses penyerapan protein. Bahkan konsumsi kacang hijau bagi ibu hamil 8 bulan akan semakin banyak manfaatnya. Mulai dari menjaga pencernaan, menjaga tulang, hingga menjaga perkembangan saraf janin yang hampir lahir.

Nah itulah 9 manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang harus Anda tahu. Selalu jaga asupan nutrisi sehat untuk ibu hamil dengan konsumsi kacang hijau secara teratur. Bisa dalam bentuk bubur, ataupun olahan lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar