Wow! Ternyata Ini 16 Manfaat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan. Luar Biasa!!

Manfaat Minyak Zaitun - Ada ungkapan yang semakin terkenal soal minyak zaitun. “Ingin lebih sehat? Ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun!” begitu kira-kira bunyinya. Memang minyak zaitun terkenal sebagai minyak nabati paling sehat sehingga harganya pun paling mahal. Dan dari medis menyatakan memang minyak zaitun memiliki berbagai manfaat yang berguna. Karena itulah kali ini kami akan ungkap tentang manfaat minum minyak zaitun untuk kesehatan. Sebab memang meminum minyak zaitun ataupun mengkonsumsinya adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaatnya.

Menurut situs Alo Dokter, dalam setiap 100 gram minyak zaitun terdapat lemak juga 100 gram. Hanya saja lemak tersebut hanya 14 persen saja yang tergolong jenis lemak jenuh. Selebihnya adalah lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Terdapat juga vitamin E, vitamin K, omega 3 dan  omega 6.

Wow! Ternyata Ini 16 Manfaat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan. Luar Biasa!!

16 Manfaat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Karena mengandung lemak jenuh yang sedikit dan berbagai vitamin, maka tak heran jika minyak zaitun disarankan agar dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit. Namun karena dalam setiap 100 gram minyak zaitun terdapat 885 kilokalori, Anda tetap harus membatasi konsumsi minyak ini. Sehingga tetaplah minum minyak zaitun secara bijak agar memperoleh manfaatnya secara maksimal. Berikut ini 6 Manfaat utama minum minyak zaitun untuk kesehatan.

1. Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kolesterol

Ini adalah manfaat minum minyak zaitun yang paling terkenal di masyarakat. Minyak zaitun mengandung campuran anti oksidan yang berguna menurunkan kolesterol buruk dengan tetap mempertahankan kolesterol yang baik. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol Anda, minumlah dua sendok makan minyak zaitun setiap harinya. Bisa Anda meminumnya langsung, bisa juga dengan dicampur salad.

2. Minyak Zaitun Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok perharinya maka Anda akan terhindar dari risiko serangan jantung.

3. Minyak Zaitun Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat minum minyak zaitun juga terkait hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi minyak zaitun, maka akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderitanya.

4. Minyak Zaitun Mencegah Kanker Payudara

Bagi para wanita juga disarankan untuk minum minyak zaitun setiap harinya. Hal ini akan menurunkan risiko serangan kanker payudara pada mereka.

5. Minyak Zaitun Mencegah dan Meredakan Konstipasi/Sembelit

Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun terbukti membantu peningkatan gerakan usus. Selain itu kandungan vitamin E dan K sebagai anti oksidan punya manfaat untuk menenangkan perut. Sehingga minum minyak zaitun akan efektif untuk meredakan konstipasi atau sembelit. Untuk meredakan sembelit dengan minyak zaitun, Anda bisa mencampurkan sesendok minyak zaitun dengan yoghurt ataupun lemon lalu diminum. Bisa juga dengan sesendok teh minyak zaitun yang Anda minum sebelum tidur.

6. Minyak Zaitun Untuk Mengobati Telinga

Minyak zaitun juga dikabarkan mampu mengobati telinga yang sakit. Namun menurut dokter hal ini kurang efektif. Paling mungkin penggunaan minyak zaitun adalah untuk membersihkan telinga saja, tanpa meminumnya.

Selain 6 manfaat diatas, masih ada beberapa manfaat minum atau mengkonsumsi minyak zaitun untuk kesehatan yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Klaim manfaat itu adalah minyak zaitun untuk mengatasi diabetes, migrain, kanker ovarium, psoriasis, infeksi jamur, eksim, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan kurap. Bahkan bagi penderita diabetes, para ibu hamil dan menyusui, dan Anda yang baru saja menjalani operasi harus menghindari konsumsi minyak zaitun ini.

4 Jenis Minyak Zaitun Yang Harus Anda Tahu

Ada 4 jenis minyak zaitun yang dikelompokkan berdasarkan proses ekstraksi dan tingkat keasamannya. Ada jenis Extra Virgin, Virgin, Fino, dan Pure.

  • Minyak zaitun extra virgin diperoleh dengan ekstraksi langsung dari buah zaitun dengan cara diperas. Jenis ini merupakan jenis minyak zaitun terbaik. Minyak ini merupakan perasan pertama buah zaitun.
  • Minyak zaitun virgin merupakan minyak zaitun yang diperoleh dari perasan pertama buah zaitun namun kadar keasamannya 3 persen.
  • Minyak zaitun Fino adalah minyak zaitun yang campuran dari Extra virgin dengan virgin.
  • Minyak zaitun pure merupakan kombinasi dari jenis virgin olahan dan extra virgin.
  • Minyak zaitun jenis light. Minyak jenis ini diperoleh melalui proses penyaringan dan warnanya terpengaruh proses tersebut.

Dari keempat jenis minyak zaitun tersebut selain jenis extra virgin bisa digunakan untuk menumis maupun memanggang. Akan tetapi lebih baik Anda gunakan minyak zaitun pada makanan dengan cara dicipratkan langsung. Bukan digunakan memasak.

Minyak Zaitun Bisa Digunakan Sampai Berapa Lama?

Produk-produk minyak zaitun berbeda-beda. Ada yang hanya tahan tiga bulan, namun ada juga yang sampai 2 tahun. Namun manfaatnya akan lebih maksimal jika Anda memakai tidak lebih setahun dari tanggal pembuatannya. Sebab berdasarkan penelitian, semakin lama minyak zaitun tersimpan maka kadar antioksidannya akan turun drastis.

Jadi pilihlah produk minyak zaitun yang kira-kira bisa Anda habiskan dalam jangka maksimal setengah sampai satu tahun saja. Jangan lupa untuk menyimpan minyak zaitun dalam kemasannya di tempat yang gelap, tidak terkena cahaya dan terhindar dari udara panas. Akan lebih utama jika menggunakan botol kedap udara atau kaleng dari logam.

Selain itu Anda juga bisa menyimpan minyak zaitun dalam lemari es. Hanya saja minyak zaitun ketika didinginkan akan berubah tekstur dan warnanya tanpa mengurangi khasiatnya. Ketika di letakkan dalam suhu ruangan, maka minyak zaitun akan kembali seperti semula.

Nah, jelas bukan ulasan kami tentang manfaat minum minyak zaitun untuk kesehatan? Sudah dilengkapi pula dengan jenis-jenis minyak zaitun dan cara menyimpannya. Semoga menambah wawasan kesehatan kita dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Wow! Ternyata Ini 16 Manfaat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan. Luar Biasa!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel