Tips-Tips Wisata ke Bandung untuk Pemula

Daftar Isi

Tips Wisata ke Bandung - Si Kota Kembang yang merupakan ibu kota dari Jawa Barat ini adalah salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tips-Tips Wisata ke Bandung untuk Pemula


Bandung yang jaraknya kurang lebih 3 jam berkendara dari Jakarta menawarkan banyak jenis wisata, mulai dari kuliner dengan hidangan khas Sundanya, fashion dengan sederet outlet pakaian maupun wisata alam Bandung yang kaya akan destinasi wisata alamnya seperti Gunung Tangkuban Perahu, kebun strawberry atau Kawah Putihnya.

Tips Wisata Bandung

Nah, agar Anda tidak bingung dan tetap nyaman selama berwisata di Bandung yang sejuk ini, sebaiknya Anda memperhatikan tips-tips wisata ke Bandung berikut ini.

1. Kenakan Pakaian Hangat

Bandung yang berada di dataran tinggi merupakan sebuah kota yang cenderung bersuhu lebih dingin dari Jakarta. Jika sedang musim hujan terutama, Bandung bisa membuat tubuh Anda kedinginan jika tidak menggunakan baju yang hangat.

Terutama jika Anda ke kawasan Kawah Putih atau Lembang, Anda perlu mengenakan pakaian yang akan melindungi Anda dari dingin agar kegiatan wisata tetap nyaman.

2. Transportasi

Meskipun di Bandung Anda akan menemukan banyak transportasi umum seperti angkot (angkutan kota), sehingga Anda tidak akan terasa sulit menemukan transportasi umum selama berlibur di Bandung. Tips wisata ke Bandung yang kedua ini alangkah baiknya Anda membawa kendaraan pribadi atau sewa mobil atau motor untuk berjalan-jalan di Bandung, agar lebih nyaman.

Selain berbekal kendaraan pribadi, Anda juga perlu berbekal GPS atau peta agar tidak tersesat dan berurusan dengan polisi Bandung. Sementara untuk pergi ke Bandung sendiri, Anda bisa naik bus, kereta, atau transportasi udara seperti pesawat yang kini sudah didukung oleh bandara di Bandung.

3. Penginapan di Bandung

Bandung tentu saja menyediakan banyak pilihan akomodasi untuk Anda, dari tarif penginapan murah hingga penginapan yang mahal, dari yang fasilitas nomor satu hingga yang kesekian. Anda hanya perlu berbekal internet untuk mencari akomodasi yang sesuai dan cocok untuk Anda.

Tips Wisata ke Bandung Murah

Pastikan juga lokasi penginapan strategis atau setidaknya tidak menyulitkan Anda untuk mengakses obyek-obyek wisata yang ingin Anda kunjungi di Bandung. Selain itu, pilih juga lokasi yang agak dekat dengan pusat kota agar lebih aman dan strategis.

4. Obyek Wisata Bandung

Anda dapat menjumpai banyak jenis tempat wisata di Bandung, seperti wisata kuliner, wisata alam, maupun rekreasi. Untuk wisata kuliner, Anda dapat menemukannya di banyak titik di Bandung, seperti di dekat Gedung Sate atau di kawasan Dago sambil menikmati Bandung dari ketinggian.

Tangkuban Perahu Tips Wisata ke Bandung
Gunung Tangkuban Perahu


Untuk wisata alam, Anda bisa mencoba berkunjung ke Kawah Putih, Gunung Tangkuban Perahu, serta Lembang yang menawarkan Anda hamparan hijau serta suhu yang lebih dingin dari pusat kota Bandung. Anda bisa berkunjung ke De Ranch untuk naik kuda atau ke kebun strawberry di Lembang. Sedangkan untuk rekreasi, Anda bisa datang ke Trans Studio Bandung untuk puas bermain di indoor theme park terbesar se-Asia Tenggara itu.

5. Wisata Belanja Bandung

Nah, untuk tips wisata ke Bandung yang kelima ini yaitu tempat belanja di Bandung. Selain ketiga jenis wisata yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bandung juga akan menjadi surga bagi Anda si shopaholic. Ya! Bandung dilengkapi dengan sederet outlet pakaian baik di mall, distro maupun FO atau Factory Outlet.

Paris Van Java Mall
Paris Van Java Mall


Anda bisa puas berkeliling untuk belanja di daerah Jalan Riau, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Cibaduyut, Buah Batu, Dago atau Cihampelas. Anda juga bisa pergi ke ITC Kebon Kelapa atau Pasar Baru untuk mengasah kemampuan tawar menawar Anda.

Jangan lupa untuk menggunakan bahasa lokal alias bahasa Sunda agar mendapat harga terbaik! Bagi Anda yang tidak masalah dengan pakaian secondhand atau bekas, Anda bisa hunting pakaian murah di Pasar Induk Gedebage atau di BaBe (Barang Bekas).

Nah, itu tadi adalah tips-tips wisata ke Bandung, khususnya bagi Anda yang pemula. Bandung merupakan sebuah kota yang indah untuk dikunjungi dan dinikmati, jadi tunggu apa lagi? Hayuk atuh!

Posting Komentar