Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Skripsi Cepat Kelar

tips agar skripsi cepat kelar

 

 Menjadi mahasiswa adalah impian semua orang, namun sayang, tak semua orang bisa merasakannya. Maka, jika saat ini kamu sedang menyandang gelar sebagai mahasiswa, cobalah untuk bersyukur dan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, sebab di luar sana ada banyak sekali pemuda-pemuda yang sebenarnya juga ingin sekali mengenyam bangku perkuliahan, tapi sayang takdir berkata lain, sehingga harapan tersebut hanya menjadi mimpi belaka. 

So, jika kalian adalah salah satu orang pilihan, yang bernasib baik, bisa menikmati momen kuliah, maka manfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.
Dan salah satu cara kalian memanfaatkan momen kuliah dengan baik adalah dengan menyelesaikan skripsi tepat waktu. Bisa kuliah tepat waktu menjadi salah satu indikasi bahwa kamu belajar dengan serius, ya terlepas kalian setuju atau tidaknya kalian dengan pendapat ini. Paling tidak, dengan kuliah tepat waktu atau 4 tahun adalah contoh kalian bisa bertanggung jawab atas amanah yang telah diberikan oleh Tuhan dan orangtua kalian yang membiayai. Ia kan?


Sampai saat ini, lumayan banyak mahasiswa yang sepertinya masih sepele dan suka menunda-nunda pengerjaan skripsi, sehingga skripsinya nggak kelar-kelar dan harus nambah semester demi semester. Padahal, bagi yang kuliahnya masih dibiayai orang tua, tentu ini akan menambah beban orang tua ya, meskipun mereka nggak bakalan pernah mengataannya, tapi, sebagai anak, kita harus peka, harus tahu, bahwa dengan menunda kelulusan pasti akan membuat orangtua kalian harus menambah jatah kuliah.
Oke, bagi kalian yang merasa kesulitan dalam mengerjakan skripsi, berikut beberapa tips mengerjakan skripsi dari saya. 


Pertama, pikiran judul dari awal. Yap, mulai dari semester dua kamu sudah bisa mulai memikirkan judul skripsi. Memikirkan judul sedari awal adalah langkah paling ampuh untuk mempercepat kamu dalam mengerjakan skripsi. Asalkan, tetap konsisten dengan judul yang kamu pilih. Kalau tiba-tiba kamu menemukan judul yang sepertinya lebih bagus, tolong tetap pada judul pertama, karena salah satu factor yang juga akan membuat kalian lama dalam mengerjakan skripsi adalah ‘karena terlalu sering gonta-ganti judul’. 


Kedua, membaca penelitian yang sejenis. Tips yang kedua adalah dengan membaca penelitian. Yap. Cara ini akan mempermudah kamu dalam menentukan langkah demi langkah yang harus dikerjakan, sehingga step by stepnya jelas. Misal, kamu akan tahu bab 1 meliputi apa saja, bab dua bagian apa, hingga bab terakhir. 


Ketiga, membuat target pengerjaan. Bagaimanapun, target mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam pengerjaan skripsi. Maka, sebelum memulai mengerjakan penelitian, buatlah target terlebih dahulu, berapa lama kira-kira kamu akan menyelesaikan skripsi. Saran saya, buatlah target 6 bulan saja. Terlalu singkat? Nggak kok, 6 bulan sudah lebih dari cukup untuk menyelesaikan skripsi kamu, asalkan kamu terus konsisten menyelesaikan. 


Nah, agar kamu konsisten, cobalah untuk membuat jadwal mengerjakan skripsi. Tentukan berapa jam kamu akan mengerakan skripsi setiap harinya. Jika sudah, lakukan sesuai dengan target. Paling tidak, kerjakan skripsi minimal 3 jam per hari ya. Jangan lupa untuk tetap istirahat jika ketika waktunya istirahat, jadwalkan weekend untuk jalan-jalan. Nggak maalah kok, karena kalau terlalu dipikirkan dan disortir, kasihan tubuhmu, karena ada hak tubuh yang meski kamu tunaikan. 


Oke, itulah tips paling ampuh dalam mengerjakan skripsi agar cepat lulus. Semoga bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang menempuh masa skripsi dan sering dihinggapi rasa malas, atau bagi kamu yang sedang meresahkan seperti apa nanti masa-masa skripsi.

Anita Aprilia
Anita Aprilia Sedang menunggu takdir Tuhan.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Skripsi Cepat Kelar"