Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Terkenal Yang Wajib Kamu Coba

Cilacap merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas. Selain terkenal dengan wisata pantainya, cilacap juga menyimpan surga dalam hal makanan.  Jadi kalau kamu suka jalan-jalan ataupun gemar makan, tidak ada salahnya mengunjungi kota yang satu ini. Di sini kamu akan menemukan berbagai jajanan dan oleh-oleh khas Cilacap yang bisa dicoba ataupun dibawa pulang.

7 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Terkenal Yang Wajib Kamu Coba


Oleh-Oleh Khas Cilacap

Untuk lebih jelasnya mengenai jajanan dan makanan khas Cilacap. Berikut ini beberapa makanan dan jajanan oleh-oleh khas Cilacap yang bisa kamu coba.

1. Ikan Asin

Cilacap memang terkenal dengan produksi hasil laut yang berlimpah. Mulai dari ikan, udang, kepiting, dan kerang banyak dijumpai di Kota ini dan sebagian diasinkan. Maka tidak heran kalau Cilacap mempunyai oleh-oleh khas yaitu ikan asin. Jadi saat kamu berkunjung ke Cilacap, rasanya belum komplit kalau belum membeli ikan asin dan dibawa pulang ke rumah.

2. Sambal Tuna

Buat kamu yang menyukai sambal tidak ada salahnya membeli oleh-oleh khas Cilacap yang satu ini yaitu sambal tuna. Sambal tuna ini biasanya dikemas di dalam kaleng seperti sarden. Dengan bahan dasar ikan tuna, menjadikan sambal ini gurih dan lezat dengan rasa ikan tuna yang melekat disambalnya. Sambal ini cocok buat lauk ataupun teman makan kamu.

3. Napia

Nopia merupakan salah satu jajanan khas Cilacap yang bisa kamu coba. Dengan bentuknya yang bulat dan berwarna putih dan berisi campuran gula merah menjadikan nopia ini menggoda selera. Cara pembuatan dari nopia ini cukup unik, yaitu ditempelkan pada kuali panas. Jadi buat kamu yang datang ke Cilacap harus mencoba makanan ini.

4. Rempeyek Yutuk

Rempeyek yutuk merupakan salah satu makanan khas Cilacap yang cukup terkenal. Yutuk sendiri merupakan salah satu hewan laut yang bentuknya menyerupai kepiting ataupun udang. Akan tetapi kalau sudah menjadi rempeyek, yutuk sendiri rasanya menjadi gurih enak dan tentunya menggoda. Makanan ini paling pas dimakan saat ngobrol. Selain gurih dan renyah rempeyek yutuk ini kalau dimakan akan timbul suara kriyuk kriyuk.

5. Keripik Tempe

Banyak daerah yang menjadikan kripik tempe sebagai salah satu makanan khas daerah tersebut, salah satunya adalah Cilacap. Tentunya masing-masing daerah mempunyai rasa dan khas sendiri-sendiri. Kripik tempe sendiri layaknya mendoan biasa tetapi digoreng matang hingga renyah dan suaranya kriuk. Makanan ini cocok dijadikan cemilan sore ataupun dijadikan lauk. Dan yang paling penting kripik tempe ini bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika pulang dari Cilacap

6. Lanting

Lanting merupakan makanan berbahan dasar singkong yang berbentuk bulat dan berlubang bagian tengahnya. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikan lanting ini cocok untuk dijadikan cemilan ketika saat bersantai bersama keluarga, teman ataupun pacar. Di daerah Aipala menjadi pusat pembuatan makanan yang berbahan singkong ini, dan sudah distribusikan ke seluruh pelosok Cilacap dan sekitarnya. Cemilan ini sangat pas dan cocok buat kamu yang suka singkong.

7. Kiripik dan Stik Sukun

Selain terkenal dengan hasil lautannya, Cilacap juga mempunyai produk kualitas unggulan di bidang pertanian yaitu buah sukun. Di Cilacap sendiri buah sukun diolah menjadi menjadi oleh-oleh khas yaitu kripik ataupun stik.  Dengan bentuk tipis dan bentuk persegi panjang menjadikan kripik dan stik sukun tampilannya menggoda untuk dimakan.

Keduanya pun diolah dengan digoreng menjadi crispi. Tentu saja rasanya enak dan gurih bila dimakan. Bukan itu saja, kripik dan stik sukun juga bisa kamu olah lagi dengan cara di kukus ataupun direbus.

Posting Komentar untuk "7 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Terkenal Yang Wajib Kamu Coba"