Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Khas Bugis Cucuru Te’ne

Halo silessureng Ogi. Kali ini Pustakawan Barru ingin membagikan resep kue Bugis Cucuru Te’ne. Kue yang mempunyai khas melonjong dan ujungnya mengkerucut ini sangat enak dan digemari sebagai cemilan saat bersantai ria ditemani dengan teh manis hangat.

Resep Kue Bugis Cucuru Te’ne
Kue Khas Bugis Cucuru Te’ne 

Kue ini memiliki rasa khas yang manis gula merah, enak dan renyah bahkan jika kue ini sampai seminggu rasanya tetap enak. Kue tradisional Cucuru Te’ne ini bahan utamanya sangat sederhana yaitu terbuat dari tepung beras dan gula merah.

Sebenarnya Cucuru Te’ne ini merupakan kue khas kabupaten Enrekang, yang nama aslinya yaitu Deppa Te’tekan. Di Toraja, kue ini dijadikan jajanan yang dinamakan Deppa Tori.

Kue yang berbahan dasar sangat sederharna ini, ternyata dalam proses pembuatannya tidaklah mudah, konon membutuhkan keahlian khusus. Karena kesalahan takaran resep saja, rasa dan kekenyalan Cucuru Te’ne tidak sama atau kurang pas dari segi rasa atau bentuk. Namun, kuebugis.com kali ini berusaha membagikan cara atau resep yang sering digunakan oleh pembuat kue Cucuru Te’ne yang sudah ahli.

Resep Kue Bugis Cucuru Te’ne

Bahan :

  • 5 liter tepung beras
  • 2 liter gula merah/aren yang telah dihaluskan
  •  ½ gelas air
  • Wijen secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan alat masak yaitu wajan, kemudian masukkanlah air setengah gelas dan ditambahkan dengan gula merah/aren yang telah kita haluskan.
  2. Setelah semua gula itu tercampur merata dan mencair semua, maka masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sampai semua masuk dan diaduk terus sampai tercampur merata.
  3. Masaklah terus adonan sampai mengental. Tanda apabila sudah matang  yaitu apabila dipukul-pukul dengan jari tangan maka adonan tidak lengket di jari tangan.
  4. Dinginkan adonan, setelah dingin lalu ratakan adonan dengan lebar sekitar 15 – 20 cm dengan tebal sekitar 0,5 cm dengan menggunakan pipa Paralon ukuran 2 inci terus adonan disiapkan di atas plastik yang telah dilumuri minyak makan (supaya tidak lengket) dan ditekan sambil didorong berputar kemudian taburi dengan wijen secukupnya (bahasa aslinya dilole’) Kemudian adonan yang telah rata dipotong-potong dengan bentuk khas cucuru te'ne yaitu bentuk jajar genjang.
  5. Siapkanlah wajan yang telah diisi dengan minyak goreng dan panaskan
  6. Masukkan adonan yang sudah dipotong dan goreng sampai matang dan mengembang.
  7. Tiriskan dan siap disajikan

Nah, itulah cara membuat Resep Kue Bugis Cucuru Te’ne. Untuk anda yang saat ini ingin menyajikan kue khas Bugis ini, maka anda dapat membuatnya dengan resep yang telah kami sajikan untuk anda. Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga hal ini bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Khas Bugis Cucuru Te’ne "