Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencintai Negeri Ini, Indonesia

cara mencintai negeri ini

 

Ada banyak cara untuk mencintai negeri ini. Dari cara yang paling sederhana hingga cara yang paling ekstrim. Namun sayangnya, para pemuda saat ini sudah mulai lupa bagaimana caranya untuk mencintai. Hal ini karena mereka selalu terbuai dengan berbagai arus globalisasi yang memang kadang membuat mereka lupa akan jati dirinya. Lupa akan tanah yang diinjaknya. Oleh karena itu, ada baiknya kita mempelajari kembali bagaimana cara mencintai negeri ini. Sebab tanah yang saat ini diinjak adalah hasil perjuangan panjang dan pertarungan hidup dan mati para pendahulu.


Mereka bahkan rela hidup dalam berbagai tekanan, berperang melawan penjajah, berkorban nyawa, keluarga, dan harta untuk mendapatkan satu kata bernama ‘merdeka’. Mungkin, jika saja mereka dihidupkan kembali sejenak dan melihat kondisi Negara yang dijerjuangkan setengah mati ini seperti ini, tentu merekan akan menangis darah, sebab perjuangan mereka seolah tak dihargai.
Maka, ada baiknya jika kita kembali mengingat pelajaran yang pernah kita dapatkan di bangku sekolah akan pentingnya mencintai tanah air dan bagaimana cara mencintainya. Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa ada banyak secara untuk mencintai negeri ini. Jadi, yuk simak bagaimana cara mencintai Indonesia di tengah derasnya arus global.


Bangga Terhadap Indonesia

Cara mencintai negeri ini yang pertama adalah dengan bangga terhadap tanah air. Apabila kita bisa menanamkan rasa bangga terhadap Indonesia atau terhadap tanah air kita sendiri, maka berbagai cara akan kita lakukan untuk menjaga marwah ataupun harga diri Indonesia. Rasa bangga yang ada di dalam diri setiap orang akan menimbulkan rasa bela negara yang sangat besar, apalagi kita tahu bahwa dengan membela negara itu artinya kita telah membela kehormatan.

Menggunakan Produk Lokal

Cara mencintai Negara yang kedua adalah dengan mencintai dan menggunakan produk-produk local. Di tengah banyaknya brand brand internasional, kadang membuat anak-anak bangsa mulai lupa untuk menggunakan produk-produk yang dihasilkan dari negerinya sendiri. Tak heran jika kemudian banyak sekali anak muda yang saat ini justru lebih bangga mengenakan pakaian, sepatu, tas, dan lain sebagainya yang merupakan produk dari luar negeri. 


Padahal sebenarnya, ada banyak sekali produk-produk lokal yang juga tak kalah keren dari produk luar negeri. Tapi sebagian besar anak muda malah lebih asyik dan lebih bangga ketika menggunakan brand-brand terkenal, karena berbagai orang menyatakan bahwa dengan menggunakan brand-brand yang terkenal akan membuat mereka lebih percaya diri dan bisa dianggap kekinian, alias gaul.


Bersatu

Cara mencintai Negara yang ketiga adalah tidak terpecah-belah. Bagaimanapun, cara mencintai apapun ialah dengan selalu bersatu dan hal ini adalah hal yang harus kita tanamkan sejak saat ini, nanti, dan esok. Dengan saling bersatu, maka Indonesia akan semakin kuat, berbeda ceritanya jika kita mulai memilih untuk bercerai berai, sebagaimana pepatah mengatakan ‘bersatu kita teguh bercerai kita runtuh’. 


Selain cara mencinta Negara dari hal-hal di atas, masih ada berbagai cara mencintai Negara yang lainnya kok. Maka mulai sekarang, cobalah untuk lebih mencintai Indonesia, mencintai apapun yang ada di Negara ini, sebab jika kita pandai mencintai negeri, tentu akan melahirkan sikap dan sifat rela berjuang yang tinggi, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para orang tua sebelum kita.
Mereka menunjukkan kepada kita, ‘begini loh caranya berjuang’ bahkan hingga titik penghabisan. Semoga bermanfaat dan membuat kita lebih mencintai Indonesia.

Anita Aprilia
Anita Aprilia Sedang menunggu takdir Tuhan.

Posting Komentar untuk "Cara Mencintai Negeri Ini, Indonesia"