Menulis Online, Bisnis Maya Paling Asyik

Daftar Isi

Menuangkan ide dalam bentuk tulisan itu harus, hal ini tak hanya dilakukan oleh seorang penulis saja, namun penting dilakukan oleh kita semua yang sedang menyusun rencana kerja maupun program-program kerja yang akan segera dijalankan.

Dunia penulisan itu sangat penting diketahui oleh siapapun, karena lewat sebuah tulisan, dokumentasi kejadian menjadi ada, dan kita tidak perlu menyimpannya dalam fikiran karena bisa kita bukukan dalam sebuah tulisan.

Menulis Online, Bisnis Maya Paling Asyik


Bicara mengenai dunia menulis, sebenarnya ada hal menarik yang bisa kita lakukan. Dan segmen bisnis pun bisa kita sasar bila kita punya kemampuan bagus dalam hal menulis. Apa lagi saat ini media online atau internet sedang memanjakan kita semua untuk berkreasi setinggi-tingginya. Ada dua contoh bisnis maya atau online paling menarik bagi kita yang hobi nulis, dan bila kita cukup jeli, maka peluang ini pun bisa segera kita skat tanpa menunggu waktu lebih lama lagi.

Menulis buku tutorial

Yang pertama adalah menulis buku tutorial. Buku tutorial adalah buku mengenai cara untuk membuat atau mengerjakan sesuatu. Buku tutorial ini umumnya merupakan pengetahuan khusus yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Sangat banyak buku tutorial yang dikemas dalam bentuk elektronik book atau lebih dikenal sebagai e-book.

Misalnya saja buku tutorial cara beternak burung, cara membuat kuliner unik, cara berbisnis tanpa menggunakan modal, cara menjalankan bisnis sampingan, cara sukses mendirikan usaha, dan berbagai tutorial atau cara-cara tertentu. Ini sangat mungkin bisa dilakukan bagi kita yang punya pengetahuan di bidang tertentu yang tidak banyak orang tahu. Bahan tulisan pun tak hanya bisa kita dapat berdasar pengalaman pribadi, namun juga bisa lewat pengamatan langsung.

Menulis buku pengalaman pribadi

Kini di kalangan para pebisnis online ada yang menjual pengalaman mereka pribadi dalam bentuk elektronik book. Bukan hal mustahil sebuah pengalaman bisa dibukukan dan kemudian bisa dijual di khalayak masyarakat online.

Contohnya adalah pengalaman mendapatkan uang dari google misalnya, pengaman bisnis online hingga mendapat ratusan juta perbulan, dan berbagai pengalaman lainnya yang bisa dikemas dalam bentuk cerita dan tutorial. Tak hanya pengalaman berbisnis online, pengalaman keberhasilan di suatu bidang pun bisa kita bukukan dan menawarkannya diinternet lewat blog, web, jejaring sosial, forum dan lain sebagainya.

Menulis online hanya membutuhkan beberapa aspek saja. Yakni kemampuan kita dalam mengingat-ingat sebuah kejadian, kemampuan intuisi dalam menulis, dan uniknya modalnya hanya kemampuan idealisme kita dalam hal menulis. 

Posting Komentar