Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

50 Tempat Wisata Di Temanggung Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Indonesia memang terkenal akan pesona alam yang sangat luar biasa, tak heran banyak tempat wisata di Indonesia yang menarik wisatawan dunia. Selain wisata alam yang indah Indonesia memiliki tempat wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi. Setiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata yang menakjubkan, salah satunya di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Tempat wisata di Temanggung sangat banyak dan beragam, dari tempat wisata alam maupun buatan. Letak Temanggung yang berada di dataran tinggi membuat Temanggung banyak memiliki tempat wisata yang menampilkan pemandangan alam.

Tempat Wisata Di Temanggung


Tempat wisata di Temanggung tidak hanya berupa wisata alam, namun Temanggung juga memiliki tempat wisata buatan yang tak kalah menarik. Temanggung dapat dijadikan alternatif untuk berlibur dan menikmati semua tempat wisatanya.

Tempat Wisata Di Temanggung

Berikut ini tempat wisata di Temanggung yang unik menarik dan menakjubkan:

1. Hutan Pinus Dan Umbul Jumprit

Hutan Pinus Dan Umbul Jumprit
Hutan Pinus Dan Umbul Jumprit

Tempat wisata di Temanggung yang pertama adalah Hutan Pinus dan Umbul Jumprit. Destinasi wisata ini memang menarik dikunjungi, dengan menawarkan keindahan hutan pinus yang menawan dan umbul (kolam air) dengan mata air yang jernih dan menyegarkan. Tempat ini sering kali dikaitkan dengan dengan sejarah Kerajaan Majapahit. Disebutkan tempat ini merupakan tempat pelarian Pangeran Singonegoro beserta Pangeran Majapahit mengasingkan diri karena enggan mengikuti kepemimpinan Raden Patah di Demak.

Apabila Anda berkunjung ke tempat ini sebelum hari Waisak, maka anda dapat menjumpai tradisi pengambilan air suci Waisak dari Umbul Jumprit. Selain tradisi pengambilan air suci, terdapat tradisi kungkung atau berendam lewat tengah malam setiap Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Masih banyak tradisi lainnya yang sering diadakan di tempat wisata ini, tempat ini juga memiliki pemandangan yang bagus untuk dimanfaatkan berfoto ria.

Biaya atau tiket masuk : Tiket masuk untuk ke tempat ini adalah 5000 rupiah, cukup terjangkau bukan. Tempat ini terletak di Desa Jumprit Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yang mudah sekali diakses.

2. Hutan Walitis

Hutan Walitis
Hutan Walitis


Hutan Walitis di Temanggung juga merupakan tempat wisata bernuansa alam yang menarik dikunjungi. Di tempat ini terdapat pohon yang tambuh besar dengan lingkar batang sekitar 7,5 meter dengan tinggi mencapai 30 meter. Pohon ini sengat besar, sehingga untuk memeluk batangnya harus dilakukan oleh 6 orang dewasa. Letak pohon ini berada diantara dua gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Tempat ini memiliki pemandangan pegunungan karena terletak di dataran tinggi.

Cerita sejarah yang dikaitkan dengan tempat ini adalah pohon besar tersebut dianggap berasal dari tongkat yang ditancapkan Ki Ageng Makukuhan yang merupakan pengikut wali. Beliau menancapkan tongkatnya pada tanah tempat bertumbuhnya pohon ini. suasana alam di sini sangat asri dengan udara yang menyejukkan.

Tempat ini diberi nama Hutan Walitis karena memiliki pohon besar yang dinamai walitis. Lokasi Hutan Walitis berada di Desa Jetis Kecamatan Selopampang kabupaten Temanggung.

3. Posong Kledung Temanggung

Posong Kledung Temanggung
Posong Kledung Temanggung


Posong merupakan tempat wisata di Temanggung yang paling menyita perhatian wisatawan. Terletak pada ketinggian 2000 mdpl, posong memiliki pemandangan yang menakjubkan. Udara dingin yang menyegarkan dan menyejukkan sangat terasa di tempat wisata ini.

Wisata alam Posong tak kalah indah dengan dataran tinggi Dieng, di tempat ini sering sekali dijumpai fenomena Samudera Awan. Bahkan Sunrise di Posong sangat menakjubkan, tidak diragukan keindahan tempat wisata ini. Dari tempat wisata ini anda dapat melihat pemandangan 7 gunung.

Walaupun tergolong tempat wisata baru, Posong memiliki banyak pengunjung bahkan banyak wisatawan yang berkali-kali berkunjung ke Posong. Selain tarif yang terjangkau hanya 7000 rupiah, pemandangan di Posong juga sangat indah. Posong terletak di Desa Kledung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung.

4. Kledung Pass

Kledung Pass Temanggung
Kledung Pass Temanggung

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini terletak di jalur yang menghubungkan Temanggung dan Wonosobo. Kledung Pass menyajikan pemandangan alam eksotis dengan tema pegunungan Yat sangat terasa. Selain itu tempat ini merupakan Rest Area yang tepat digunakan istirahat apabila pengemudi merasakan kecapekan.

Tempat ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menyukai suasana pegunungan dan pencinta alam. Sangat cocok untuk berfoto ria, tempat ini juga terletak di sekitar perkebunan teh yang hijau.


Tempat ini berlokasi di Desa Kledung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung, sama halnya dengan Posong terletak di dataran tinggi dan menyajikan pemandangan alam pegunungan.

5. Candi Pringapus

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini tidak seperti tempat wisata yang disebutkan sebelumnya. Candi pringapus merupakan tempat wisata sekaligus bukti nyata peninggalan kerajaan yang masih terjaga hingga saat ini. Tempat wisata ini sangat banyak menarik banyak wisatawan, tak hanya wisatawan lokal bahkan sering di jumpai turis asing.

Menurut para arkeolog, candi ini merupakan peniggalan kerajaan bercorak agama hindu. Candi ini terletak di Desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Untuk menikmati keelokan Candi Pringapus Anda tidak dikenakan biaya masuk alias gratis hanya saja jangan sampai meninggalkan sampah bahkan merusak objek wisata bersejarah ini.

6. Curug Lawe

Temanggung tidak hanya menyuguhkan pemandangan pegunungan yang menarik. Tak hanya objek wisata pegunungan Temanggung juga memiliki objek wisata berupa air terjun, salah satunya Curug Lawe.

Sayang sekali jika anda melewatkan objek wisata yang satu ini, keistimewaan dari tempat ini yaitu air yang mengalir di curug bagaikan untaian benang. Keunikan ini diabadikan dengan namanya, Lawe yang berarti untaian benang berwarna putih.

Objek wisata ini mudah diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, letak curug ini berada di Desa Muncar Kecamatan Gemawang kabupaten Temanggung.

7. Curug Trocoh

Masih sama dengan tempat wisata sebelumnya, Curug Trocoh juga merupakan tempat wisata alam bernuansa air terjun. Curug Trocoh memiliki akses tak semudah Curug Lawe. Sangat cocok untuk Anda pecinta Trading dan berjiwa petualang.

Tempat wisata ini berada di Desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung, dengan letak curug yang berada di dataran tinggi, membuat curug ini sangat dingin dan mampu menyajikan pemandangan pegunungan ketika mencapai curug ini.

8. Alam Sewu

Di Alam Sewu Anda dapat menikmati Sunrise. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya pemandangan perkebunan tembakau khas Temanggung. Kota satu ini memang terkenal dengan kualitas tembakaunya, bahkan sampai dikenal di mancanegara.

Selama perjalanan menuju Alam Sewu Anda akan disuguhi pemandangan eksotis pegunungan yang membuat perjalanan Anda menyenangkan. Selain Sunrise Alam Sewu juga menyuguhkan Sunset dan Samudera awan.

Alam Sewu terletak di Desa Giripurno Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, jika anda sedang berada atau melewati Temanggung sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

9. Embung Tlogopucang

Tempat wisata Embung Tlogopucang merupakan telaga yang menyajikan panorama Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro sebagai background pemandangan. Keindahan telaga dengan pemandangan gunung yang indah saat baik untuk dijadikan tempat berfoto.

Embung Tlogopucang terletak di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Untuk menikmati tempat wisata ini anda hanya dipungut biaya parkir. Selain itu akses menuju tempat wisata ini sangat mudah.

10. Curug Onje

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini merupakan curug istimewa, dengan 7 air terjun berjejer menjadi daya tarik objek wisata ini. Hal tersebut menyuguhkan keindahan alam yang sangat memikat wisatawan. Bagi anda pecinta air terjun belum lengkap rasanya sebelum berkunjung ke tempat ini.

Curug ini terletak di Desa Duren Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. Untuk menikmati keindahan dan keunikan tempat ini Anda hanya diwajibkan membayar 7000 rupiah.

11. Situs Liyangan dan Kolam Cinta

Situs Liyangan merupakan situs yang tergolong baru, ditemukan pada tahun 2008. Talud , Yoni, Arca, dan bebatuan candi merupakan penemuan pertama di Desa Liyangan. Dislokasi ini juga terus dilakukan ekskavasi yang menghasilkan penemuan lain berupa peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Menurut Balai Arkeologi Yogyakarta, situs ini adalah kompleks candi kerajaan yang tertimbun akibat erupsi Gunung Sindoro. Tentu hal ini menjadi tempat wisata bersejarah dan akan menambah wawasan Anda mengenai sejarah Kerajaan Mataram Kuno.

Turun sedikit dari Situs Liyangan, Anda akan mendapati kolam cinta yang dibangun untuk memanjakan wisatawan. Situs ini terletak di Desa Liyangan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Tiket masuk 3000 rupiah dan biaya parkir 2000.

12. Jalur Pendakian Sindoro dan Sumbing

Temanggung memang tidak bisa lepas dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, dua gunung ini sudah menjadi bagian dari Kota Temanggung yang sangat berpengaruh. Keindahan alam ketika dilihat dari bawah sudah sangat bagus, apalagi dilihat dari atas gunung.

Untuk mendaki Gunung Sindoro Anda dapat mengambil dari jalur Kledung, sementara untuk mendaki Gunung Sumbing anda bisa mengambil jalur dari Desa Peger Gunung Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.

Selain wisata alam yang eksotis Anda juga akan merasakan sensasi mendaki kedua gunung ini. Setiap bulan suci Ramadhan dan malam satu Suro, akan banyak dijumpai pendaki mendaki ke dua gunung ini.

13. Embung Kledung

Masih di Desa Kledung, Kledung memang sebagai salah satu desa yang menyumbang berapa tempat wisata. Selain Posong dan Kledung Pass, Kledung juga memiliki waduk mini yang dinamai Embung Kledung.

Embung Kledung merupakan bangunan waduk mini yang dibuat di atas tanah bekas perkebunan tembakau dan teh. Sangat indah pemandangan yang disuguhkan tempat ini. Tempat wisata di Temanggung yang satu ini memiliki ketenangan dan kenyamanan yang baik.

Embung Kledung terletak di desa Kledung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Kesegaran dan kesejukan udara di tempat ini bagaikan puncak yang berada di Jawa Barat. Apabila datang di sore hari anda akan melihat Sunset dan Sunrise di pagi hari. Tiket masuk tempat ini hanya 3000 rupiah.

14. Sedengkeng Pass Petarangan

Tak beda jauh dengan Posong, Gunung Sumbing memiliki Sedengkeng Pass apabila Gunung Sindoro memiliki Posong. Pemandangan jalan menuju Sedengkeng Pass memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dari Posong. Berada di ketinggian 1823 mdpl, menjadikan Sedengkeng Pass memiliki udara yang sejuk dan dingin. Sejauh mata memandang akan terlihat ladang yang hijau.

Sendengkeng Pass hanya bisa dijangkau dengan mengendarai kendaraan roda dua, namun hal tersebut tidak menjadi masalah ketika anda telah merasakan keindahan tempat ini. Bagi anda yang berjiwa petualang sangat disarankan mengunjungi tempat ini.

Tarif untuk menikmati keindahan objek wisata ini hanya 6000 rupiah, lokasi sedengkeng pass terletak di Desa Petarangan Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung.

15. Curug Titang

Curug Titang Merupakan potensi wisata di Temanggung yang masih terjaga kealamiannya, Dr terjun ini terletak di daerah Kecamatan Tembarak. Keberadaan tempat ini memang masih jarang diketahui karena kurangnya promosi dari pemerintah setempat.

Tempat ini sangat berpotensi sebagai objek wisata unggulan. Curug Titang memiliki air yang sangat jernih dan sangat dingin serta derasnya aliran air yang baik, ketinggian dari air terjun ini juga cocok untuk bermain.

Curug Titang terletak di Desa Tembarak Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung, untuk masuk ke tempat ini tidak pungut biaya. Akses termudah menuju tempat wisata ini adalah dari kota Temanggung ke arah selatan menuju Kecamatan Tembarak. Setelah sampai di pusat kota Kecamatan Tembarak carilah Dusun Durenan yang terletak tidak jauh dari kantor Kecamatan Tembarak.

16. Prasasti Gondosuli

Wisata Prasasti Gondosuli merupakan objek wisata bersejarah, Lokasi ini terletak di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Namun apabila anda masih bingung bisa memanfaatkan aplikasi Google maps dengan mengetik Wisata Prasasti Gondosuli.

Tempat wisata ini harus Anda kunjungi karena memiliki pesona keindahan yang sangat baik, Sean itu penduduk lokal juga terkenal ramah terhadap wisatawan lokal maupun asing. Berdasar penelitian Prasasti Gondosuli memiliki 11 baris tulisan dengan huruf Jawa Kuno namun berbahasa Melayu kuno. Bahkan bentuk tulisannya mirip dengan prasasti yang berada di daerah Sriwijaya Andalas (Sumatera).

Selain Prasasti, di tempat ini juga terdapat beberapa bangunan candi peninggalan Kerajaan Mataram pada masa Dinasti Sanjaya. Mengunjungi tempat ini anda akan bisa merasakan bagaimana kehidupan sosial budaya masyarakat jaman dulu karena sangat kental sekali nuansanya.

17. Pasar Papringan

Pasar papringan merupakan pasar yang sangat unik, berbeda dengan pasar tradisional lainnya. Wisata pasar ini terletak di Desa Caruban Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Penduduk di daerah ini juga terkenal sangat ramah dan menyenangkan.

Keunikan pasar ini banyak sekali diantaranya tidak ada penggunaan plastik, transaksi menggunakan uang bambu, terletak di bawah alam terbuka lebih tepatnya di bawah kebun bambu. Menerapkan kearifan lokal yang mulai ditinggalkan dengan menerapkan konsep kesederhanaan namun berkualitas.

Barang yang dijual di sini juga menjadi Ray tarik sendiri misalnya sepeda kayu, radio kayu, jam kayu, asesoris kayu, makanan khas, tekstil motif batik tembakau dan masih banyak lagi. Wisatawan tidak hanya berasal dari dalam negeri, bahkan kerap dijumpai wisatawan asing.

18. Watu Layah

Banyak potensi wisata di Temanggung,salah satunya di Desa Tlogopucang. Desa ini memang terkenal sebagai desa wisata dikarenakan memiliki beberapa tempat wisata, salah satunya Watu Layah. Objek wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat bagus.

Waktu Layah sangat baik dan cocok untuk dikunjungi terlebih bagi anda yang sangat menyukai spot foto yang instgramable. Tempat ini memiliki gardu pandang yang tinggi dan berada atas bukit hutan pinus. Selain gardu pandang di sini juga menyediakan area untuk camping (caping ground).

Lokasi destinasi wisata ini terletak di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung.

19. Objek Wisata Gunung Beser

Apabila Kecamatan Kandangan memiliki waktu layah dan watu angkrik, Kecamatan Jumo memiliki objek wisata Gunung Beser. Pemandangan di tempat ini tak kalah mengagumkan dari Watu Layah dan Watu Angkrik.

Meski tergolong tempat wisata baru, namun tempat ini cukup ramai dikunjungi karena dapat menyuguhkan fenomena Sunrise dan Sunset. Tak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan pemandangan hutan pinus di area perbukitan.

Tempat ini berlokasi di Desa Jombor Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung, anda yang berkunjung ke tempat ini tidak akan kecewa dengan keindahan pemandangannya.

20. Wisata Alam Sindhumoyo

Tempat wisata di Temanggung kali ini berada di Kecamatan Ngadirejo, memiliki pemandangan Sunrise yang indah menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Keindahan tempat ini tak kalah dengan tempat wisata bernuansa alam lainnya.

Awalnya tempat ini merupakan pos pendakian Gunung Sindoro namun dengan kreativitas warga setempat, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai objek wisata. Tiket masuk di tempat ini sangat murah hanya 5000 rupiah. Lokasi Wisata Alam Sindhumoyo terletak di Desa Katekan Kecamtan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.

21. Wisata Watu Angkrik

Selain gardu pandang Watu Layah, Desa Tlogo Pucang juga memiliki objek wisata Watu Angkrik. Dengan tema yang sama yaitu menawarkan pemandangan hutan pinus dari atas bukit namun memiliki pemandangan yang berbeda dengan Watu Layah.

Objek wisata Watu Angkrik mulai dilirik dan diminati wisatawan. Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini bukan hanya dari daerah Temanggung namun banyak juga dari luar daerah. Lokasi objek wisata ini sama dengan Watu Layah yaitu di Desa Telogopucang Kecamatan Kandangan dan berdekatan dengan Watu Layah.

22. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan identik dengan alam liar dan menyeramkan, namun beda halnya dengan hutan Pinus Sigrowong. Wisata Hutan Pinus Sigrowong merupakan tempat wisata di Temanggung bernuansa alam yang ramai dikunjungi.

Sepanjang jalan di tempat ini juga tersedia gazebo yang nyaman untuk disinggahi, jalanan yang bersih dan tersusun dari batu yang tertata rapi menambah kesan alami yang kuat. Tak hanya itu suasana di tempat ini sangat damai dan menenangkan ditambah lagi udara sejuk yang menenangkan.

Walaupun hutan pinus, bukan berarti semuanya terdiri dari pohon pinus. Disela-sela hutan juga terdapat kebun kopi yang sangat dijaga kebersihannya. Tak heran banyak wisatawan yang betah di tempat ini.

Tak hanya itu, hutan ini juga terdapat sebuah gua yang memiliki kisah sejarah. Gua tersebut merupakan tempat persembunyian tentara pelajar saat terjadi agresi yang dilakukan Belanda di tahun 1949-1950.

Tempat ini sudah cukup terkenal terutama bagi pecinta offroad, Hutan Pinus Sigrowong memang sering dijadikan tempat diselenggarakannya event offroad nasional.

23. Pikatan Waterpark

Tempat wisata di Temanggung tidak hanya bernuansa alam dan bersejarah, Temanggung juga memiliki beberapa tempat wisata tidak bernuansa alami. Pikatan waterpark merupakan salah satu tempat wisata air yang menawarkan berapa wahananya. Di sini anda bisa meluangkan waktu bersama keluarga yang Anda cintai.

Tempat wisata ini memiliki berbagai macam wahana, yang tidak kalah menarik adalah tradisi gebyar padusan menjelang bulan Ramadhan. Juga menampilkan berbagai macam Acara kesenian yang sayang untuk dilewatkan.

24. Taman Kartini

Apabila berkunjung ke Temanggung, kurang lengkap apabila tidak mampir ke taman Kartini yang berada di tengah kota Temanggung. Selain mudah diakses taman ini sangat nyaman untuk di kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Jalan Suwandi Suwardi, kowangan, Temanggung Kota. Lokasi yang sangat strategis mengakibatkan banyak wisatawan yang mampir ke tempat ini.

Fasilitas di taman ini sangat banyak, terdapat kolam renang, ayunan, tempat santai, mainan sewa untuk anak-anak dan masih banyak lagi. Banyak juga penjual di sini sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mencari makanan dan souvenir.

Di sekitar taman Kartini juga terdapat tempat olahraga yang disediakan oleh pemerintah. Taman Kartini berada di sekitar area pusat olahraga dan atletik kabupaten, selain itu terdapat perpustakaan daerah.

25. Taman Kali Progo

Tempat ini memiliki sejarah yang kelam bagi pejuang Indonesia. Kali Progo menjadi saksi bisu pembantaian pejuang Indonesia terhadap pasukan penjajah. Di bawah jembatan kali Progo terdapat tempat wisata baru yang menarik dan ramai dikunjungi yaitu taman kali progo.

Taman kali Progo merupakan tempat wisata yang cukup luas dan strategis di pinggiran sungai Progo. Di atas taman terdapat sebuah peninggalan jalur kereta api di atas sungai yang sering dijadikan spot foto.

Selain itu Taman Kali Progo juga menyediakan tempat parkir yang baik. Bagi anda penggemar bersepeda, tempat ini dapat dijadikan pilihan untuk menikmati waktu santa anda. Untuk pemancing sejati, banyak juga dijumpai para pemancing mania yang memancing di aliran sungai kali Progo.

26. Alun-Alun Kota Temanggung

Berkunjung ke sebuah kota tanpa mampir di alun-alunnya terasa tidak lengkap. Terutama alun-alun Temanggung memang sangat cocok dan layak untuk dikunjungi. Apabila ke Temanggung  sempatkanlah mampir di alun-alunnya untuk beristirahat dan menikmati bermacam makanan di sini.

Letak yang sangat strategis, di sebuah jantung kota menjadikan alun-alun ini sangat ramai. Tersedia berbagai macam fasilitas di tempat ini salah satunya lapangan basket dan futsal. Setiap pagi alun-alun merupakan tempat olahraga bagi masyarakat sekitar.

Di sekitar alun-alun Temanggung juga terdapat sebuah taman baru yang sangat bagus yaitu taman Pendopo Pengayoman. Selain itu bagi anda yang suka berbelanja, alun-alun ini terletak dekat dengan swalayan. Tak hanya itu di samping alun-alun terdapat Pendopo Kabupaten yang sering menjadi tempat beberapa acara, mulai dari kesenian, pameran, festival, dan masih banyak lagi.

27. Monumen Meteorit

Berbeda dengan monumen atau tugu pada umumnya yang berada di Temanggung, bahkan dengan monumen lainnya di Indonesia. Kabupaten Temanggung memiliki monumen yang berbeda daripada yang lain, bukan monumen bersejarah masa lampau namun merupakan monumen meteorit.

Monumen ini dibuat untuk mengenang jatuhnya meteorit yang menghantam Desa Wonotirto pada tanggal 11 Mei 2011 tepatnya pukul 09.00 WIB. Tentu saja hal ini menarik minat banyak wisatawan untuk mengunjungi monumen meteorit tersebut.

Lokasi monumen ini Berada di Desa Wonotirto Kecamatan Bulu kabupaten Temanggung. Untuk memasuki wilayah wisata ini tidak di pungut biaya sama sekali.

28. Taman Pengayoman

Selain Taman Kali Progo dan Taman Kartini, Temanggung juga memiliki Taman Pengayoman yang tergolong masih baru namun pembangunannya sangat bagus. Terletak di belakang Pendopo Kabupaten dan alun-alun kota menjadikan taman ini ramai dikunjungi.

Bagi anda yang ingin melakukan wisata kuliner maka Taman Pengayoman salah satu tempat yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

29. Titik Nol Temanggung

Titik Nol Temanggung merupakan tempat wisata di Temanggung berupa bangunan tugu yang dinamai Tugu Sepuser. Tugu ini tidak terlalu besar namun menyimpan hal menarik yaitu titik tengah pulau ini.

Tugu ini terletak di jalur Kranggan-Pringsurat, sebuah jalan menuju Semarang jalur Temanggung. Apabila Anda penasaran dengan tugu ini, dan Anda menuju Temanggung dari arah Semarang anda dapat menyempatkan waktu untuk mampir sejenak di tugu ini.

30. Andromeda Cinema Temanggung

Andromeda Cinema Temanggung merupakan sebuah studio bioskop 4 dimensi, namun ada juga film 3 dimensi. Tempat ini berada di dekat taman Kartini dan pusat kegiatan olahraga kabupaten. Sangat disayangkan apabila anda berkunjung ke Temanggung namun tidak menyempatkan datang ke tempat ini. Tempat wisata di Temanggung yang satu ini tentu sangat menarik terlebih bagi anak-anak.

Tujuan pendirian tempat ini adalah mendukung pencanangan kota layak anak di Temanggung. Kapasitas menonton di wahana ini cukup besar yaitu 96 orang, dengan tarif yang murah 20 ribu per orangnya. Tempat ini memang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

31. Wisata Batu Rananggana

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini merupakan sebuah batu besar yang berada di puncak gunung candil. Jadi Anda yang berniat mengunjungi tempat ini harus mendaki Gunung Candil terlebih dahulu. Objek wisata ini memang sedikit sulit dicapai, sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang.


Walau medan yang ditempuh cukup sulit, namun semua rasa letih dan susah akan terbayar setelah Anda melihat pemandangan sangat indah. Objek wisata ini sangat disarankan bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan menyukai tantangan. Tempat ini masih jarang dikunjungi sehingga suasana alam masih terasa kental.

32. Wisata Bukit Wagir

Wisata bukit wagir di Temanggung ini masih sangat baru karena baru saja diresmikan bupati Temanggung. Di objek wisata ini Anda akan mendapati suasana Sunrise dan Sunset dengan latar belakang pegunungan yang mempesona. Anda dapat menikmati tempat ini ketika siang ataupun malam, hal ini tentu sangat menyenangkan menikmati suasana alam di malam hari.

Tempat Wisata di Temanggung yang satu ini akan lebih ramai ketika datang waktu liburan atau ketika akhir pekan. Anak muda sangat mudah dijumpai karena tempat ini memang cocok, namun bukan berarti tidak ada orang dewasa di sini.

Para anak muda biasanya datang bergerombol dengan teman-temannya, ada juga yang datang bersama pacarnya menikmati tempat indah ini. Dengan suasana sejuk dan menenangkan Akan membuat pengunjung enggan meninggalkan tempat ini.

33. Curug Guwung Candiroto

Curug Guwung terletak di Desa Gunung Payung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Untuk menuju tempat wisata ini Anda dapat menggunakan sepeda motor maupun mobil. Curug ini sering juga dijadikan tempat memancing. Anda juga tidak akan dikenai biaya atau tarif ketika menikmati tempat wisata ini alias gratis.

Akses menuju tempat ini tidaklah sulit, ketika Anda sampai di tempat wisata ini maka akan langsung terlihat sebuah air terjun. Tempat wisata di Temanggung yang satu ini masih sangat alami karena masih jarang dikunjungi.

34. Embung Abimayu

Selain terkenal akan kekayaan duriannya, Desa Ngropoh juga dikenal dengan adanya tempat wisata Embung Abimayu. Embung Abimayu adalah salah satu danau buatan yang terdapat di Temanggung. Pembangunan tempat ini bertujuan untuk menghidupkan sektor pertanian di musim kemarau selain sebagai tempat wisata.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Pemanfaatan tempat ini sangat berpengaruh terhadap pengairan di desa tersebut. Objek wisata ini terletak di tempat tertinggi di Desa Ngropoh, yaitu di atas perbukitan.

35. Embung Soropandan

Temanggung memang memiliki banyak waduk buatan mini, salah satunya Embung Soropandan. Embung memiliki banyak fungsi di antaranya sebagai konservasi lingkungan hidup dan menjadi tempat cadangan air di musim kemarau. Di musim kemarau tempat ini menjadi sangat penting karena sumber air untuk pengairan sangat sulit ditemukan.

Karena ditujukan untuk konservasi maka embung ini dilepas bibit ikan dan ditanami pohon perindang. Tempat ini dibangun diatas lahan seluas satu hektar dan memiliki kedalaman 3 meter. Tempat ini juga memiliki pemandangan yang baik untuk dijadikan latar belakang foto.

Lokasi Embung Soropandan berada di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Tempat ini termasuk mudah untuk di akses.

36. Pesona Gunung Kendil

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini merupakan bekas tempat latihan militer. Namun sekarang tempat ini di alih fungsikan sebagai rest area semenjak latihan militer dipindah ke Kabupaten Magetan. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan yang indah karena berada di pegunungan.

Kawasan Gunung Kendil sudah dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya gazebo, kolam memancing, bumi perkemahan,  dan tempat latihan menembak bahkan terdapat area latihan motor Cross dan mobil offroad. Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di tempat ini, Anda dapat menginap di Resort yang sudah banyak tersedia.

37. Keindahan Jembatan Sigandul

Wisata ini menawarkan keindahan dan kemegahan sebuah jembatan baru yang terletak di jalur Temanggung – Wonosobo. Sigandul adalah jembatan yang tergolong baru dan hanya beberapa waktu lalu peresmiannya. Jembatan ini mulai dibuka dan beroperasi sejak 1 Juli 2016. Sebelum dibuat jembatan ini, kerap terjadi beberapa berita kurang baik. Banyak terjadi kecelakaan di daerah tersebut.

Namun setelah pembangunan jembatan ini jumlah kecelakaan semakin berkurang. Sebelum pembangunan jembatan ini Menag sering terjadi kecelakaan lalu lintas karena tempat dan medan jalan yang berkelok – kelok. Kini jembatan ini menjadi salah satu tempat wisata di Temanggung karena memiliki pemandangan yang bagus.

Jembatan ini menawarkan keindahan alam dari ketinggian, selain itu kemegahan jembatan ini dapat terlihat jelas dan sangat bagus dijadikan latar belakang foto. Letak jembatan ini berada di jalur Temanggung – Wonosobo, apabila anda dari Temanggung hendak pergi ke Wonosobo maka akan melewati jembatan ini.

38. Pesona Embung Nglarangan

Temanggung memang memiliki banyak tempat wisata yang baik, salah satunya Embung Nglarangan yang merupakan tempat foto yang indah. Tempat ini termasuk objek wisata yang terkenal di Temanggung. Selain sebagai objek wisata tempat ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air penduduk setempat.

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung. Kecamatan Tretep terkenal sebagai daerah penghasil komoditas sayur – sayuran yang melimpah.

39. Embung Jetis

Kota yang satu ini selalu memiliki daya tarik sendiri, salah satunya adalah memiliki puluhan tempat wisata yang baik untuk dikunjungi. Banyak sekali di temukan waduk mini di Temanggung yang selain digunakan untuk menyimpan cadangan air juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Salah satu waduk mini yang dijadikan tempat wisata adalah Embung Jetis. Di tempat wisata ini anda akan menikmati keindahan alam yang luar biasa. Embung Jetis terletak di jalur alternatif antara Temanggung dengan Windusari Magelang Jawa Tengah.

40. Curug Merak

Banyak air terjun berada di kota yang dijuluki kota bersenyum ini, memang selalu membuat siapa pun tersenyum akan keindahan alamnya. Salah satu air terjun yang masih alami adalah Curug Merak yang terletak di Sidoharjo Temanggung, Jawa Tengah. Tempat Wisata d tanggung yang satu ini masih sangat alami dan belum banyak diketahui.

Sedikitnya wisatawan yang sudah mengetahui keindahan tempat ini membuat Curug Merak masih memiliki nuansa yang sangat alami. Air yang mengalir di air terjun ini masih sangat jernih sehingga cocok untuk berenang atau sekedar bermain.

41. Candi Gedong Songo Gemawang

Tempat wisata di Temanggung juga banyak berupa kompleks candi, salah satunya Candi Gedong Songo. Candi ini terletak di Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung tepatnya di berbatasan Temanggung – Semarang.

Bagi Anda yang mencari tempat wisata yang murah, santai, dan cocok untuk keluarga, tempat ini merupakan objek wisata yang cocok. Tempat ini memiliki perpaduan objek wisata bersejarah dengan objek wisata bernuansa alam terbuka.

42. Pesona Pendakian Gunung Prau

Gunung Prau juga menjadi destinasi wisata yang baik sekali terlebih bagi para pendaki. Selain terkenal dengan Gunung Sumbing dan Sindoro, Temanggung juga memiliki trek pendakia Gunung Prau jalur Wates. Apabila Anda terbiasa mendaki melalui Wonosobo yang sudah biasa, anda dapat mendaki gunung ini melalui Temanggung.

Keindahan Gunung Prau sangat terlihat jelas melalui trek pendakian Wates. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung parau dengan nuansa berbeda dari biasanya, pendakian melalui Wates merupakan pilihan yang tepat. Selain itu pendakian melalui jalur ini lumayan mudah dan membutuhkan waktu 3-4 jam.

43. Pendakian Gunung Sindoro

Temanggung juga terkenal akan keberadaan Gunung Sumbing dan Sindoro terlebih bagi para pendaki. Gunung Sindoro merupakan salah satu aset berharga bagi kota Temanggung karena selalu menjadi tujuan pendaki di Indonesia. Untuk menikmati keindahan gunung ini tentunya dengan cara mendakinya.

Anda dapat mendaki gunung ini melalui berapa jalur salah satunya Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Gunung setinggi 3130 mdpl ini juga menjadi salah satu dari 3S yang merupakan destinasi wajib pendaki gunung di Jawa. 3S sendiri merupakan 3 nama dari Gunung Sumbing,  Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet.

44. Pendakian Gunung Sumbing

Selain Gunung Sindoro, Temanggung juga memiliki Gunung besar setinggi 3371 mdpl. Gunung Sumbing meruupakan gunung ke 2 tertinggi di Jawa Tengah dan No 3 tertinggi di Pulau Jawa. Untuk mendaki gunung ini anda bisa melalui 4 jalur resmi salah satunya Melalui Dusun Cepit, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Melalui jalur cepit pendaki akan merasakan suasana hening dan sepi cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan. Pemandangan yang disuguhkan selama pendakian maupun ketika berada di puncak sangat luar biasa indahnya. Hanya saja jika Anda mendaki melalui jalur cepit hanya terdapat 2 sumber mata air yaitu di pos 1 dan pos 4.

Temanggung sangat memiliki banyak potensi wisata yang selalu memanjakan pengunjungnya. Terlepas dari 44 tempat wisata di Temanggung yang di tulis pada artikel ini, masih banyak tempat yang memiliki potensi sebagai wisata baru. Dan yang perlu diingat adalah sebagai penduduk maupun wisatawan kita harus senantiasa menjaga objek wisata. Jangan pernah meninggalkan sampah, merusak, bahkan melakukan tindakan buruk di tempat yang kita kunjungi.


Posting Komentar untuk "50 Tempat Wisata Di Temanggung Yang Menarik Untuk Dikunjungi"