Tips Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Pendakian Gunung Agar Aman

ADMIN
0

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Pendakian Gunung Agar Aman – Pada artikel sebelumnya sudah di bahas tentang Cara Menangani Gejala Acute Mountain Sickness Ketika Berada di Gunung. Nah akan tetapi kurang lengkap jika Anda belum mengetahui tentang tips Pendakian Gunung Merapi via Selo Boyolali ini.

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang bisa di bilang cukup berbahaya jika pendaki ceroboh atau kurangnya memanajemen. pada artikel kali ini, Pustakawan Barru akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang ingin mendaki gunung dengan aman.

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Pendakian Gunung Agar Aman


Perlengkapan Outdoor

Tips yang pertama adalah tentang perlengkapan untuk pendakian Anda. hal ini sering disepelakan terumata pada pendaki yang belum begitu paham tentang bahaya mendaki gunung. apa saja yang perlu dibawa? mari simak alat perlengkapan apa saja yang harus dibawa.

Perlengkapan Pribadi

Gunung bukanlah semata-mata seperti Mall ataupun pasar yang mana pendaki bisa mendapatkan barang-barang dengan gampang. perlengkapan pribadi yang harus dibawa pendaki haruslah teliti, yakni :

  •     Jaket Tebal
  •     Baju Ganti Min 1 Stel
  •     Sleeping Bag ( Perlengkapan Tidur)
  •     Peralatan Mandi untuk di Basecamp
  •     Carrier/Ransel min 60 Liter
  •     Pisau
  •     Skop Kecil (untuk buang air)
  •     Senter / Headlamp
  •     Sarung Tangan Hangat
  •     Sepatu Outdoor
  •     Sandal Outdoor

Perlengkapan Masak

  •     Nesting
  •     Kompor (rekomended wind proof)
  •     Gas Portable min 2 Tabung
  •     Piring
  •     Gelas
  •     Sendok
  •     Garpu

Perlengkapan Menginap ( Tenda + Flysheet) ukuran menyesuaikan

Nah, untuk perlengkapan memasak biasanya satu set dengan perlengkapan logistik. untuk menyiapkan perlengkapan makanan yang harus dibawa, harus akurat. artinya ketika kita ingin menginap 3 hari di gunung, jadi logistic harus mencukupi.

Berikut adalah list makanan sehat untuk di bawa ke gunung.

Persiapan Makanan

Hindari Makanan Pokok Seperti Mie Instan

Pendaki yang baru pasti berfikiran bahwa makanan pokok untuk menunjang makanan pokok di gunung adalah Mie Instan. ini adalah kesalahan besar! Ketika kita mendaki Gunung, kita mengeluarkan banyak sekali karbohidrat untuk tenaga kita. bayangkan jika Anda telah mengeluarkan banyak karbohidrat, tetapi tidak ada asupannya kembali.

Tubuh pasti akan drop dan akan sangat disayangkan bila tidak bisa melanjutkan perjalanan Kembali. maka dari itu, jangan gunakan Mie Instan sebagai makanan pokok. tapi Nasi lah yang makanan pokok. Bawalah Beras dari rumah secukupnya, dan kalau bisa sisa dari pada kurang.

Air Mineral Yang Mencukupi

Mendaki Gunung tentu adalah kegiatan yang sangat melelahkan. mustahil bagi Anda untuk tidak meminum air guna mencukupi rasa haus. Nah, dalam pendakian juga demikian. bawalah air mineral yang cukup untuk Anda minum dan memasak.

disarankan untuk Anda perorangan membawa air sebanyak 4 liter. jika ingin lama lama bersantai di gunung, berarti itu tidak cukup, Anda harus menambahinya.

Air Mineral adalah penting untuk pendakian. kekurangan air pada tubuh nantinya bisa menyebabkan dehidrasi. jika sudah dehidrasi hebat, Anda bisa kedinginan dan bisa terkena hypotermia. apa itu hypo? Hypotermia adalah kondisi badan Anda menggigil tapi terasa panas. bahkan hypo bisa menyebabkan kematian. jadi, bawalah air mineral yang banyak untuk menunjang hidup Anda selama di gunung.

Pilih Makanan Protein

Sekali lagi, kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang tidak mudah. harus mengeluarkan banyak keringat dan siap untuk kelelahan. untuk itu, disarankan bagi Anda jika ingin mendaki bawalah makanan yang terdapat banyak protein seperti Telur, Sosis, Tempe dan lain sebagainya. hal ini penting, karena tubuh setelah aktivitas begitu berat tentu membutuhkan protein untuk menetralisirnya.

Membawa Sayur-sayuran

Sayuran mayur tentu penting untuk kesehatan. begitu juga untuk dibawa mendaki gunung. hal ini tentu sangat penting. Bawalah Sayur Sayuran yang mudah dimasak seperti Kangkung, Bayam, Kacang Panjang, Kol, Selada dan lain sebagainya. oh ya, setelah membawa beberapa contoh diatas, jangan lupa juga untuk membawa bumbu untuk menyedapkan rasa ketika makan di gunung.

Membawa Buah Buahan

Makanan yang mengandung serat juga sangat penting untuk aktivitas pendakian. jika badan lelah, selain minum air, memakan buah buahan pun dapat menyegarkan kembali tubuh Anda. pilihlah buah buahan yang kadar seratnya banyak, seperti Buah Pir, Semangka, dan Apel.

Mungkin seperti itu tentang Tips Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Pendakian Gunung Agar Aman yang bisa sedikit penulis sampaikan. ketika akan melakukan pendakian, biasakan cek ulang terlebih dahulu perlengkapan yang akan dibawa. jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan.

Dari sini, Anda sudah bisa belajar tentang memanage barang yang akan di bawa. tapi hakikatnya dari sebuah pendakian adalah, Anda bisa memanage diri sendiri. salam lestari! jangan lupa berbagi !

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)