Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tiga Kebiasaan Baik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjaga Bumi

 

kegiatan baik untuk menjaga bumi

Sampai saat ini, kita tahu bahwa kondisi bumi sedang tidak baik-baik saja. Berbagai macam bencana alam terjadi, mulai dari gempa bumi, tsunami, erupsi, dan lain sebagainya. Semua bencana tersebut sedang menghampiri Indonesia belakangan ini, terutama bencana banjir. Bahkan kita tahu bahwa hampir setiap tahunnya di beberapa daerah yang ada di Indonesia selalu terkena banjir. Kejadian ini seolah telah menjadi sebuah rutinitas di Indonesia. 


Memang, fenomena bencana alam ini terjadi atas kehendak Tuhan, namun, tidakkah kita menyadari, bahwa sebenarnya Tuhanpun telah memberi tahu, semua fenomena ini terjadi disebabkan ulah manusia itu sendiri. Salah satunya adalah eksploitasi hutan. Ada banyak pohon-pohon yang dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, mereka melakukan penebangan hutan secara besar-besaran hanya untuk mengantongi keuntungan pribadi. Dan kita sebagai orang yang sama sekali tidak merasakan keuntungannya juga malah merasakan bencananya. 


Maka, yuk mulai membiasakan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa membantu atau membuat bumi kita kembali baik-baik saja. Salah satunya adalah dengan tidak menumpuk sampah plastic. Untuk lebih jelasnya yuk simak beberapa penjelasan tentang tiga kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan untuk berpartisipasi menjaga bumi. 


Membawa Air Putih Kemanapun Akan Pergi

Kebiasaan baik menjaga bumi yang pertama adalah dengan selalu membawa air putih ketika akan bepergian, kemanapun itu. Cobalah untuk membawa air putih sendiri. Hal ini terlihat sangat sederhana namun siapa yang menyangka bahwa efek dari membawa air putih ke manapun kamu pergi terbilang sangat besar. 


Bagaimana bisa? Ya karena ketika kamu membawa air putih itu artinya kamu sudah tidak menyumbang sampah plastik di bumi. Bayangkan jika setiap hari kamu tidak membawa air putih sendiri, dan kamu lebih suka mengkonsumsi air mineral dalam kemasan atau air minum yang manis-manis dalam kemasan. Bayangkan jika satu hari kamu membeli satu plastik saja sudah berapa banyak sampah plastik yang kamu hasilkan dalam seminggu? Itu baru satu orang belum lagi apabila kamu kalikan dengan 7 orang saja dalam seminggu, tentu dengan demikian kamu melihat bahwa angka plastik di Indonesia terus bertambah karena tidak adanya kesadaran ini.
Maka cobalah untuk mulai sadar bahwa dengan hal sederhana yakni membawa air putih sendiri dari rumah kamu telah melakukan sebuah gerakan yang besar. 


Makan Di Tempat

Kegiatan baik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga bumi yang kedua adalah dengan makan di tempat. Ketika sedang makan di luar, cobalah untuk makan di tempat saja. Hal ini juga terbilang sederhana ya, namun efeknya juga luar biasa. Dengan makan di tempat, kamu bisa membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastic. Ketika kamu makan di tempat, maka kamu hanya akan mengotori piring saja dan itu bukanlah sebuah sampah. Berbeda halnya jika kamu bungkus dan dibawa ke rumah, yang pasti dikemas di dalam plastic kan?


Menggunakan Tote Bag

Kegiatan baik yang terakhir adalah  dengan menggunakan tote bag tote bag. Tote bag merupakan salah satu alternatif yang sangat bagus kamu gunakan ketika sedang berbelanja. Ketika di pasar, perhatikan berapa banyak jumlah plastik yang digunakan oleh orang-orang! Kamu tentu tak bisa menghitungnya ya. Tak heran jika kemudian Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik yang terbilang cukup besar. Dan tahukah kamu bahwa sampah plastik baru bisa terurai jika sudah bertahun-tahun lamanya.
So, yuk mulai melakukan hal-hal sederhana namun bisa berdampak besar bagi bumi kita seperti yang di atas. Mulailah dari yang paling mudah.

Ilmu Hadis
Ilmu Hadis Ilmu hadis merupakan salah satu jurusan yang mulai diminati oleh banyak calon Mahasiswa.

Posting Komentar untuk "Tiga Kebiasaan Baik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjaga Bumi"