30 Tempat Wisata di Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Daftar Isi

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Tempat wisata di Wonosobo sangat diminati para wisatawan dari berbagai macam daerah.

30 Tempat Wisata di Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan


30 Tempat Wisata di Wonosobo


Berikut ini daftar tempat wisata di Wonosobo yang dapat kamu kunjungi :


1. Wisata Telaga Warna Wonosobo

Dinamakan Telaga Warna memang karena warna airnya yang sangat cantik sekali seperti hijau zamrud, biru laut serta kekuningan. Hal ini disebabkan karena pembiasan cahaya yang terpantul dari kandungan belerang yang terdapat di telaga warna ini.


2. Wisata Curug Sikarim Wonosobo

Curug Sikarim terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Namun air terjun ini cukup sulit untuk dijangkau dan banyak rintangan karena harus berjalan kaki untuk sampai ke tempat surge dunia ini. Namun jangan salah tempat ini sangat terkenal terutama bagi anak muda yang Hits dengan berburu View Air Terjun yang sangat keren.


3. Wisata Curug Winong Wonosobo

Curug Winong terletak di Desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo dan dpat ditempuh dengan waktu 50 menit dari pusat kota Wonosobo. Diantara ketiga curug di atas Curug Winong ini memiliki fasilitas jalanan yang cukup baik, setelah anda menjumpai tiket masuk maka anda hanya melewati jalan setapak yang sudah bagus maka tak perlu khawatir ya.


4. Wisata Telaga Merdada Wonosobo

Telaga Merdada berbentuk menyerupai kaldera yang terbentuk karena letusan gunung berapi yang telah terisi air dan menjadi sebuah telaga.


5. Wisata Telaga Cebong Wonosobo

Telaga Cebong terletak di Desa Sembungan Wonosobo dan hampir Perbatasan dengan Dieng. Telaga berketinggian sekitar 2.300 mdpl maka tak heran jika telaga ini sering berada di atas awan.


6. Wisata Telaga Menjer Wonosobo

Wisata Telaga Menjer terletak di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Telaga terbentuk dari letusan gunung Pakuwaja yang lama kelamaan terisi air dari beberapa mata air kecil dan curah hujan yang tinggi Kota Wonosobo. Telaga ini sudah di fasilitasi dengan kapal yang digunakan untuk berkeliling menikmati indahnya pemandangan telaga menjer ini hanya dengan membayar Rp. 15.000,-saja.


7. Wisata Curug Sirawe Wonosobo

Curug Sirawe terletak di Dukuh Bitingan, Kepakisan, Wonosobo. Air terjun ini berketinggian 70 m dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Tempat ini masih sangat asri dan alami karena termpatnya terpencil dan jarang banyak orang yang menghuni.


8. Wisata Pemandian Air Panas Kalianget Wonosobo

Pemandian Air Panas Kalianget Terletak di Jalan Garung-Wonosobo.  Selain untuk menenangkan otot-otot yang lelah pemandian air panas ini konon katanya mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya.


9. Wisata Arung Jeram Serayu Wonosobo

Arung jeram Serayu ini biasanya mulai di jalan tunggoro singomerto sampai ke sungai serayu. olahraga ekstrim ini biasanya sangat digemari di kalangan remaja maupun dewasa. Tempat ini memiliki 30 jeram dengan grade 2 atau lebih tingakt kesulitannya.


10. Wisata Sumur Jalatunda Wonosobo

ini berbentuk ceruk dengan diameter 90 meter dan kedalaman mencapai 200 meter. Sumur Jalatunda ini terbentuk karena rekahan kawah dan kemudian terisi air. Sumur Jalatunda terletak di 12 KM dari Arah utama wisata Wonosobo-Dieng.


11. Wisata Kebun Teh Tambi Wonosobo

Kebun Teh Tambi terletak di daerah garung tepatnya adalah pada jalan alternative dari temanggung menuju Wonosobo-Dieng. Suhu udara di kebun teh tambi ini sekitar 150C sangat dingin bukan tapi pemandangan area Tambi ini sangat menyejukkan mata dengan hamparan Kebun Teh yang sangat luas, subur dan sangat terawat.


12. Wisata Goa Jaran Wonosobo

Goa Jaran ini Terletak di Dataran Tinggi Wonosobo-Dieng. Namun Goa ini sering dijadikan orang untuk bertapa dan masih mempunyai Aura Mistis yang sangat kental.


13. Wisata Waduk Wadaslintang Wonosobo

Waduk ini mempunyai luas sekitar 3000 Ha dan waduk ini merupakan salah satu waduk terbesar se Asia Tenggara. Seiring berjalannya waktu warga sekitar memanfaatkan tempat ini sebagai tempat wisata dan juga penyewaan perahu untuk berkeliling sekitar waduk wadas lintang ini.


14. Wisata Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl maka tak heran jika para pendaki pemula sangat tertarik dengan spot pendakian gunung prau ini.


15. Wisata Kuliner Khas wonosobo

Kota Wonosobo terkenal dengan kuliner khas Mie Ongklok. Menu ini sudah sangat popular dan banyak penirunya mie ongkok hanyalah mie kuah kental degan topping sate sapi.


16. Wisata Lubang Sewu Wonosobo

Wisata Lubang Sewu ini lokasinya berdekatan dengan Waduk Wadaslintang. Tempat wisata ini merupakan wisata baru namun cepat sekali popular dikalangan anak muda dan juga social media.


17. Wisata Bukit Sikunir Wonosobo

Bukit Sikunir sangat popular dengan view sunrise dengan latar 3 gunung besar di Jawa Tengah.  Untuk mendaki bukit ini juga tidak akan memakan waktu yang cukup lama paling hanya 30-45 menit saja.


18. Wisata Gardu Pandang Wonosobo

Gardu Pandang ini Terletak sekitar 17 km dari kota Wonosobo. Dengan view sunrise di atas awan.


19. Wisata Alun-alun Wonosobo

Alun-alun wonosobo terletak di pusat Kota Wonosobo dengan diameter yang sangat luas dengan di kelilingi aneka kuliner khas wonosobo.


20. Wisata Pendakian Gunung Sindoro Wonosobo

View yang di tawarkan pada pucuk gunung memang sangatlah menakjubkan. Apalagi setelah sampai di puncak anda pasti akan melihat view berbagai gunung bagaikan samudra awan.


21. Wisata Batu Ratapan Angin Wonosobo Dieng

Batu Ratapan Angin ini menyediakan Spot Pandang yang dengan pandangan yang sangat merata dari atas maka akan terlihat keindahan Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Menjer dan juga Kawah sikidang.


22. Wisata Candi Arjuna Wonosobo Dieng

Wisata candi ini merupakan wisata peninggalan sejarah pada abad ke 7 pada masa hindu. Candi ini di temukan pada tahun 1814 terdiri dari Candi Semar, Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Sembrada dan candi Srikandi.


23. Wisata Dieng Plateau Theater Wonosobo Dieng

Dieng Plateau mampu mempunyai 60 tempat duduk dengan film berdurasi selama 20 menit yang menceritakan tentang documenter dieng plateau.


24. Wisata Kawah Sikidang wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo selanjutnya adalah Kawah Sikidang. Nama Sikidang berasal dari kawah yang kerap kali berpindah-pindah seperti Kidang atau hewan kijang. Magma yang kawah sikidang ini dapat mencapai 0.5 sampai 1 meter.


25. Wisata Kawah Sileri wonosobo

Nama Sileri di karenakan kawah ini berwarna putih dan berbau leri atau air cucian beras. Kawah ini termasuk kawah paling besar diantara kawah-kawah yaitu seluas 4 Ha.


26. Wisata Kawah Candradimuka wonosobo

Nama Candradimuka berasal dari tokoh pewayangan Gatotkaca dijedi atau dimandikan dalam bhs Jawanya sehingga Gatotkaca memiliki kesaktian yang mengagumkan.


27. Wisata Petak 9 Dieng Wonosobo

Wisata Petak 9 Dieng terletak di Desa Kejajar Wonosobo Jawa Tengah. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini terlihat permukaan Telaga Warna berwarna-warni dan berkilau disaat terkena sinar matahari terlihat lebih jelas dan sangat memukau.


28. Wisata Flying Fox DPT Dieng Wonosobo

Lokasi ini masih berada kawasan wisata dieng yang dekat dengan batu ratapan angin yang menawarkan view pegunungan yang hijau serta view berbagai telaga dan kawah.


29. Wisata Jembatan Merah Putih Dieng Wonosobo

Jembatan Merah Putih Merupakan jembatan baru yang dibangun oleh warga sekitar sebagai sarana selfie dan berfoto dengan view jembatan yang menawan. Harga untuk masuk ke jembatan merah putih ini Rp. 10.000,- per orang.


30. Wisata Spot Foto Dieng Wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo yang terakhir adalah Wisata Spot Foto Dieng. Dieng merupakan kawasan wisata yang terkenal dan juga mempunyai spot foto dengan background yang sangat luar biasa maka tak heran jika wonosobo sudah banyak terkenal di berbagai Negara dan kota-kota besar.


Itu tadi 30 tempat wisata di Wonosobo yang cukup menarik untuk menjadi tujuan liburan kita saat kita berkunjung ke Wonosobo.


Posting Komentar