4 Jenis Penyakit Sumber Malapetaka – Tahukah Anda?, ada jenis penyakit yang bisa membuat hidup jadi antah brantah menjadi sumber petaka yang amat dahsyat. Apakah itu penyakit stroke, liver, diabetes atau penyakit lepra?, tentunya bukan, jenis penyakit ini lebih berbahaya. Bahaya dalam akal fikiran juga kehidupan dunia bahkan di akhirat kelak.

Inilah 4 Jenis Penyakit Sumber Malapetaka
Image by hisbah.net

Baik, sebelum melanjutkan tentang jenis penyakit apa saja, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu sebuah cerita, di mana cerita ini nantinya akan sampai ke inti pembahasan kali ini.

Seorang Bapak sewaktu selesai shalat Isya berjamaah bersama keluarga dan sebelum berlanjut ke shalat tarawih. Tiba- tiba sang bapak berbalik arah menghadap ke 5 anaknya (bapak jadi imam shalat), saat itu juga langsung mengucapkan salam kepada anak-anaknya.

Selesai ucap kemudian Bapak bertanya kepada anak-anaknya, ” kenapa kita terasa susah, baik dalam hal ekonomi dan dalam ibadah sekalipun?, Diantara kelima anaknya tak seorangpun yang bisa menjawab, andaipun bisa tidak ada diantara mereka yang berani menjawabnya, sang anak sangat ewuh, rikuh, segan dan sangat hormat kepada beliau.

Menunggu jawaban dari semua anaknya namun tidak ada jawaban sedikitpun alias pada diam, lalu Bapak tersebut melanjutkan, katanya sumber dari segala kesusahan petaka dalam hidup di dunia maupun di akhirat adalah karena 4 jenis penyakit yang menakutkan. 4 jenis itu adalah: penyakit Kudis, Kutil, Kurap, dan Kuman.

Bapak kemudian bertanya lagi kepada anak-anaknya, kalian tahu penyakit Kudis?, lalu anak-anaknya tetap diam. Karena tak kunjung ada jawaban dari anak-anaknya, akhirnya diterangkan satu persatu.

Berikut penjelasan dari 4 jenis penyakit yang berbahaya untuk kehidupan:

1. Kudis

Yang dimaksud penyakit Kudis disini adalah Kurang disiplin. Apapun pekerjaan kita, ibadah kita atau aktivitas lainnya kalau kedisiplinan tidak ada maka yang terjadi adalah kurang maksimal. Apalagi dalam hal ibadah shalat.

2. Kutil

Kurang teliti, apapun kegiatannya kalau kurang teliti akan ada kesalahan atau kekeliruan. Apalagi dalam hal ibadah shalat disini sangat dianjurkan untuk teliti, baik takbir, ruku’, sujud juga tuma’ninahnya. Kalau didalam hal shalat penyakit kutil ini masih ada bisa dipastikan shalatnya kurang baik.

3. Kurap

Penyakit kurap ini juga akan mengganggu kita. Ya Kurang Rapi tampilan kita akan mencerminkan diri kita. Apalagi dalam hal ibadah shalat seyogyanya kerapian ini sangat di perlu diperhatikan.

4. Kuman

Jenis penyakit ini adalah yang paling rawan, yaitu kurangnya iman. Apalagi dalam shalat keimanan ini harus benar-benar terpatri dalam hati setiap hamba-Nya.

Itulah 4 jenis penyakit sumber petaka didunia dan akhirat. Dan sebenarnya pengertiannya bukan hanya yang sudah kami sampaikan diatas akan tetapi masih banyak sekali pengertiannya, namun meskipun sedikit penyampaian pastinya para sobat Pustakawan Barru sudah faham apa maksudnya.

Dan yang terakhir dari wejangan sang Bapak, yaitu ada dosa yang tidak bisa dihapus oleh shalat dan puasa tapi akan terhapuskan oleh susahnya mencari nafkah untuk sendiri dan keluarga.

Kemudian obat yang paling manjur untuk menghilangkan 4 jenis penyakit diatas adalah dengan mempraktekkan apa yang dimaksud dengan 4 jenis penyakit diatas, yang kurang disiplin jadi disiplin, yang kurang teliti jadilah yang teliti, kemudian yang kurang rapi, rapikanlah dan yang terakhir apabila merasa masih kurang iman, maka tambahlah keyakinannya dan patrilah dalam hati.