Pola Hidup Sehat Untuk Mengendalikan Gula Darah

Daftar Isi
Memiliki pola hidup sehat yang di jalani sehari – hari sangatlah membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, yang tentunya untuk menerapkan pola hidup sehat dengan memiliki pola hidup yang teratur. bagi anda yang beresiko terhadap penyakit diabetes sangat baik bila memiliki pola hidup yang sehat yang tentunya untuk mengendalikan gula darah anda. Seseorang yang terjangkit diabetes di sebabkan oleh gangguan metabolisme tubuh yang menyebabkan kadar gula pada tubuh tinggi. oleh karenanya anda perlu menerapkan pola hidup yang sehat. 

Pola Hidup Sehat Untuk Mengendalikan Gula Darah


Pada dasarnya gaya hidup dan kesehatan menjadi pokok perhatian bagi penderita diabetes, namun juga untuk orang sehatpun juga sangat penting untuk memperhatikan gaya hidup dan kesehatan, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. bagi anda yang mengidap diabetes masih dapat beraktifitas dan menjalani hidup secara normal walau menderita penyakit yang bisa di idap seumur hidup ini, untuk itu perlu mengendalikan gula darah agar tetap aman dan tidak mengganggu aktifitas harian anda, Berikut yang dapat anda lakukan untuk mengendalikan gula darah anda :

Makan Sehat 

Makanan yang anda santap sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah anda, oleh sebab itu manjaga asupan makanan sangat penting untuk penderita diabetes, sangat dianjurkan untuk memakan – makanan yang kaya akan serat, dan buah – buahan dan sayurandan hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, daging olahan, dan makanan olahan yang asin, dan minuman dengan pemanis buatan dan di sarankan untuk mengkonsumsi biji – bijian utuh dan susu atau daging tanpa lemak. dan yang paling penting anda harus mengetahui ukuran karbohidrat yang di perlukan tiap harinya. dan anda juga dapat menggunakan insulin atau obat – obatan lainnya yang bertujuan untuk mengendalikan kadar gula darah anda.

Berolahraga 

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan tentunya dapat mengelola diabetes dengan baik, ketika anda berolahraga otot – otot menggunakan gula (Glukosa) untuk mendapatkan energi. Tubuhpun menggunakan insulin dengan lebih efisien, hasilnya tingkat gula pada tubuh akan turun. akan lebih baik bila anda sebelum berolahraga untuk memeriksa kadar gula darah anda, dan konsultasikan dengan dokter anda, untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk anda, sehingga tidak mengganggu kesehatan anda. Baca Juga Menilik Manfaat Rutin Berolahraga

Rutin Untuk Memeriksakan diri ke Dokter 

Memeriksakan diri ke dokter sangat penting, tujuannya untuk mengetahui secara dini bila anda memiliki penyakit lain yang tentunya dapat di tangani secara dini dan dapat disembuhkan dengan lebih cepat, untuk memeriksakan diri kedokter anda dapat melakukannya setidaknya enam bulan sekali, yang pemeriksaannya bisa meliputi jantung, kadar kolesterol dan tekanan darah, pemeriksaan mata, kaki, gigi dan lain – lain, sebab penyakit diabetes dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit sampngan lain pada organ – organ ini.

Berhenti Merokok 

Bagi anda yang sering mengkonsumsi rokok dan dapat menghabiskan berbungkus – bungkus perminggu, anda perlu waspada terhadap ancaman yang didapat, selain menyebabkan berbagai macam penyakit seperti panyakit jantung, stroke, ginjal, dan kerusakan pembuluh darah, kerusakan saraf, juga berdampak pada kadar gula darah anda. oleh sebab itu mulai darai sekarang anda untuk berhenti merokok sebab dampak yang di dapat sangat berakibat buruk bagi kesehatan anda. 

Hindari Untuk Mengkonsumsi Alkohol 

Dalam jumlah yang banyak alkohol dapat membuat kadar gula pada tubuh anda menjadi naik, selain itu juga dapat merusak beberapa jaringan tubuh yang lainnya, dan membuat kenerja jantung menjadi tidak stabil oleh sebab itu hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak bermanfaat untuk tubuh, untuk menjaga tubuh anda tetap sehat dan tentunya menghindari berbagai macam penyakit yang mungkin dapat ditimbulkan dari makanan dan minuman yang tidak baik untuk tubuh.

Kurangi Stres 

Taukah anda bahwa stres dapat membuat kadar gula darah menjadi naik? itu disebabkan oleh hormon yang dihasilkan dalam tubuh saat stres dapat mencegah insulin bekerja dengan baik. untuk itu untuk mengendalikannnya anda dapat melakukan cara dengan bersantai dan lakukan hal – hal yang anda anggap menyenangkan, seperti membaca buku, jalan – jalan, mendengarkan musik dan lain – lain.

Dengan melakukan pola hidup sehat guna mengontrol gula darah, komplikasi serius akibat diabetes setidaknya dihindari, untuk itu jangan ragu atau segan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi ataupun pengobatan yang tepat bagi anda.

Posting Komentar