Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Bangka Belitung Tidak Rugi untuk Dicicipi

Liburan ke suatu tempat sudah pasti wajib mengeksplor rasa kuliner lokalnya yang khas selain tempat wisata. Daerah yang terkenal berkat film terkenal Laskar Pelangi yaitu Bangka Belitung memiliki kuliner khas yang wajib dicoba. Puas menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik di Bangka Belitung, berikut rekomendasi kuliner khas Bangka Belitung yang wajib dicoba.

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Bangka Belitung Tidak Rugi untuk Dicicipi


1. Mie Belitung

mie khas Belitung
Mie Atep Khas Bangka Belitung

Kuliner mie khas Belitung ini terbuat dari mie kuning yang diberi tambahan seperti udang, kentang rebus, irisan timun, dan taburan emping yang berkuah kaldu udang yang dicampur dengan aneka bumbu rempah. Rasanya gurih dan mienya yang kenyal. Paling enak disantap saat masih panas. Di Belitung sendiri banyak tempat makan yang menyajikan mie Belitung, salah satu yang terkenal adalah Mie Belitung Nyonya Atep. Rasanya dijamin enak apalagi kedai ini legendaris banget.

2. Lempah Kuning

Lempah Kuning khas Bangka Belitung
Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

Dikelilingi dengan lautan, Bangka Belitung memang memiliki kuliner khas hidangan lautnya yang maknyus. Salah satunya Lempah Kuning. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar ikan, biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri atau ikan kakap merah dan bagian yang digunakan adalah kepala. Ada juga yang menggunakan semua bagian, mulai dari kepala ikan, badan, dan ekor ikan. Ikan ini diolah dengan bumbu kuning yang terbuat dari bahan dasar kunyit, lengkuas, terasi, dan cabai.

3. Berego

Berego kuliner khas Bangka Belitung
Berego Khas Bangka Belitung

Tampilan kuliner ini mirip sekali dengan lontong. Bedanya bahan yang digunakan untuk membuat berego yaitu tepung beras yang dicampur tepung sagu. Adonan kedua bahan ini berbentuk gulungan yang kemudian dimasak dengan cara dikukus.  Setelah matang, gulungan – gulungan berego biasanya diiris kecil berbentuk lingkaran dengan ukuran satu suapan. Berego disantap dengan kuah kari ikan yang rasanya gurih. Selain kuah kari ikan, biasanya berego sebagai tambahan makanan alternatif untuk disantap bersama  mie Belitung, gangan, atau lakse.

4. Sup Gangan

Sup Gangan Kuliner Khas Bangka Belitung
Sup Gangan Khas Bangka Belitung


Ikan di Pulau Bangka Belitung seperti jadi makanan utama yang diolah ke berbagai jenis kuliner. Kuliner khas Bangka Belitung yang ini pun terbuat dari bahan utama berupa ikan. Sup Gangan terbuat dari ikan tenggiri yang dimasak dengan campuran aneka rempah diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas dan kunyit. Kuliner ini memiliki rasa yang gurih, asam, dan pedas dan ikannya tidak berbau amis sekali. Dijamin yang sedang ngantuk, makan sup gangan ini jadi melek. Bila tidak terlalu suka dengan ikan, kamu juga bisa menemukan olahan sup gangan yang terbuat dari daging sapi. Sup gangan berbahan dasar daging sapi ini disebut dengan gangan darat.

5. Lakse

Lakse Khas Bangka Belitung
Lakse Khas Bangka Belitung

Kuliner khas Bangka Belitung ini terinspirasi dengan spaghetti. Dilihat sekilas memang bentuknya mirip seperti mie spaghetti. Tampilannya memang seperti mie spagheti tapi dibuntel – buntel dengan ukuran sedang. Lakse terbuat dari tepung beras, santan, dan sagu. Biasanya kuliner ini disajikan dengan kuah ikan seperti sup gangan.

Selain 5 kuliner khas Bangka Belitung di atas, masih banyak tempat – tempat makan yang menawarkan kuliner khas masing – masing daerahnya bisa kamu temukan di aplikasi Cari Aja.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi 5 Kuliner Khas Bangka Belitung Tidak Rugi untuk Dicicipi"