12 Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Daftar Isi

Manusia memerlukan tidur setiap hari entah itu tidur siang atau tidur malam. Bagi Ibu hamil sendiri pastinya harus menemukan posisi tidur yang pas dan tepat ya tentunya karena jika posisi salah bisa menimbulkan gangguan karena perut dan tubuh yang mulai membesar. Posisi tidur yang baik menurut Islam juga ada dan bisa diterapkan karena semua ini berasal dari sunnah Baginda Rasulullah Saw.

12 Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil


Mungkin dalam bulan pertama kehamilan perut belum membesar akan tetapi jika sudah memasuki bulan ke 5 sampai 9 tentu saja posisi harus dibenarkan. Untuk itu dibawah ini akan saya berikan rekomendasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

1. Menggunakan Bantal

Saat hamil sangat penting anda tidur menggunakan bantal sebab kepala anda akan tertopang dan juga sirkulasi darah bisa mengalir lancar. Namun ingat tentu saja bantal harus empuk karena jika bantal sudah keras bisa membuat leher anda malah sakit sebaiknya jemur atau ganti jika sudah demikian.

2. Meletakkan Bantal Di antara Perut

Hal ini sangat tepat dan patut dilakukan karena ibu hamil akan selalu merasa tidak nyaman oleh karena itu jika anda sedang tidur anda bisa meletakkan bantal diantara perut anda supaya menjadi lebih nyaman dan juga anda bisa merasa lebih rileks.

3. Meletakkan Bantal Dipunggung

Terkadang anda akan merasa punggung anda seperti tertekan dan semacamnya saat tidur anda bisa meletakkan bantal dipunggung anda. ini akan membuat anda semakin rileks dan tentu tidur akan semakin nyaman. Tapi sebaiknya gunakan bantal untuk ibu hamil supaya badan tidak terasa sakit saat bangun.

4. Meletakkan Bantal Di Bawah Dengkul

Tentu saja saat hamil badan terasa berat karena perut yang membesar oleh sebab itu kaki perlu rileks sejenak. Saat tidur sebaiknya anda menaruh bantal dibawah dengkul dengan ini bisa membuat ketegangan otot pada kaki menjadi lebih santai dan lebih tenang.

5. Memeluk Guling

Tidur memeluk guling bagi ibu hamil juga menjadi hal yang bisa dilakukan apalagi sebagian orang lebih nyaman tidur memeluk guling. Ibu hamil yang memeluk guling tidurnya akan lebih terasa nyaman dan bisa membuat stress hilang.

Dan dibawah ini akan saya berikan posisi tidur ibu hamil sesuai bulan.

6. Posisi Tidur Ibu Hamil 3 Bulan

Pada saat anda memasuki bulan 1 sampai ke 3 anda masih bisa tidur dengan normal seperti terlentang. Terlentang merupakan posisi tidur ibu hamil yang benar dan bisa diterapkan mulai bulan pertama sampai bulan ke 2. Tengkurap pun bisa dilakukan namun jangan keseringan karena tidak baik apalagi jika perut sudah membesar.

7. Posisi Tidur Ibu Hamil 4 Bulan

Saat memasuki bulan ke 4 tentu perut akan mulai membesar oleh sebab itu saat ini anda harus tidur dengan posisi miring. Posisi miring yang tepat sebaiknya untuk bulan ke 4 adalah dengan posisi miring kekanan. Dengan posisi miring kekanan organ sebelah kiri seperti jantung dan sebagainya tidak akan menjadi tumpuan. Tidur miring kekanan juga merupakan posisi tidur yang baik menurut Islam.

8. Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan

Bulan ke 5 tentu akan semakin membesar sebaiknya mulai menggunakan posisi miring kekiri karena jika terus-terusan miring kekanan pastinya organ sebelah kanan menjadi tumpuan jadi tidak akan seimbang. Kita harus menyeimbangkannya dengan tidur miring kekiri. Seperti halnya diatas tidur miring kekiri akan membuat organ bagian kanan tidak menjadi tumpuan dan juga merupakan posisi tidur yang baik menurut Islam dan patut diterapkan.

9. Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan

Bulan ke 6 tidur sudah mulai terasa tidak nyaman menggunakan beberapa macam metode apalagi jika kita tidur terlentang pastinya punggung akan menjadi tumpuan dan akan terasa sakit. Tidur menyamping dengan lengan dan kaki lurus ke bawah akan sangat dianjurkan. Hal ini sangat tepat dilakukan karena perut dan rasa lelah mulai menyerang terus-terusan.

10. Posisi Tidur Ibu Hamil 7 Bulan

Bulan ke 7 harus benar-benar menjaga posisi tidur anda dan tentu saja sudah harus banyak-banyak istirahat. melakukan tidur dengan posisi miring dan tangan berada dipipi menjadi sangat tepat bahkan ini merupakan sunnah Baginda Rasulullah Saw.

11. Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan

Anda akan mulai merasakan kontraksi di bulan 8 dan sangat tepat menggunakan bantal dibawah anda untuk tidur. Dengan tidur miring ke kanan lalu berpindah ke kiri akan membuat tubuh menjadi lebih seimbang ditambah dengan bantal dibawah punggung dan kepala membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan saat bangun badan terasa ringan.

12. Posisi Tidur Ibu Hamil 9 Bulan

Bulan ke 9 anda akan mulai menghitung hari untuk masa kelahiran banyak-banyaklah beristirahat dan juga konsumsi makanan bergizi dan jangan lupa gunakan posisi tidur miring. Kalau anda tiba-tiba terbangun dalam keadaan terlentang tenang saja anda bisa kembali tidur miring kembali atau anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memindahkan posisi saat tidur terlentang keposisi miring.

Menurut Baginda Rasulullah Saw tidur miring merupakan tidur yang sangat tepat jadi tidak harus diterapkan saat hamil bahkan Baginda Rasulullah Saw saat tidur menggunakan posisi tidur miring jadi kita harus mencontohnya.

Salam Sehat Selalu...

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar