Daun Kelor dan Manfaatnya

Daftar Isi

Tanaman daun kelor adalah salah satu tanaman yang juga di percayai mampu melindungi kita dari mahkluk ghoib sama hal nya seperti khasiat daun bidara, percaya atau tidak itu relatif bagi tiap individu. 

Manfaat daun kelor untuk gaib bisa sobat cari di om gugel ya, hehehe. Tanaman ini mempunyai segudang manfaat untuk menambah kesehatan tubuh, serta dapat mengobati penyakit. Ramuan tradisional dari tanaman ini telah turun temurun menjadi resep di masyarakat kita.

Kandungan daun kelor

Daun kelor dan manfaat nya bagi kesehatan tubuh sangat banyak karena mengandung senyawa yang bersifat anti jamur, anti depresan, anti virus, dan juga senyawa anti inflamasi. disamping itu daun kelor merupakan salah satu sumber protein nabati, vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C  dan mineral, yang kandungan nya cukup tinggi sehingga sangat kaya manfaat. Tidak ketinggalan pula tanaman ini juga mengandung kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan tanaman ini juga ternyata rendah kalori sehingga tidak di kuatirkan menambah berat badan.

Daun Kelor dan Manfaatnya

Manfaat daun kelor 

Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan.

Khasiat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan kulit, didapat karena Vitamin dan protein yang terdapat di dalam daun nya akan melindungi sel-sel kulit dari berbagai kerusakan efek dari radikal bebas.

Manfaat daun kelor untuk wajah 

Daun kelor manfaat nya dapat mencegah penuaan. Daun nya memiliki antioksidan yang tinggi yang baik dijadikan untuk perawatan kulit sehari-hari. Bukan itu saja, minyak atsiri yang terdapat didalam biji kelor pun mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Cara menggunakan nya cukup dengan menghaluskan daun dan memakai nya sebagai masker daun kelor ke wajah.

Tanaman kelor juga bagus di gunakan sebagai pelembab bibir. Kandungan minyak pada tanaman ini banyak di manfaatkan untuk bahan tambahan pada produk-produk perawatan bibir. Dan minyak tanaman ini juga memiliki kualitas yang hampir mirip dengan minyak zaitun.

Manfaat masker daun kelor lain nya jika di pakai secara rutin akan dapat memperbaiki warna dan elastisitas kulit. Masker ini juga akan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah yang sulit dihilangkan, menjadikan wajah kenyal, serta memiliki wajah yang besih dan cerah.

Khasiat daun kelor untuk wajah juga berguna untuk mengatasi jerawat dan komedo yang membandel. Maskernya bisa mengatasi minyak yang berlebihan pada wajah penyebab jerawat dan komedo, Sekaligus berfungsi untuk mengecilkan pori pori kulit.

Khasiat daun kelor untuk kolesterol

Tanaman yang memiliki nama lain daun Moringa ini juga dapat di manfaatkan untuk menurunkan kolesterol. Kandungan zat dan nutrisi di dalam daun ini bisa menurunkan kolesterol yang cara kerja nya mirip dengan cara kerja pada kacang almond dan oats.

Manfaat daun kelor untuk daya ingat

Kegunaan daun kelor akan membantu meningkatkan kinerja pada otak. Daun ini memiliki antioksidan dan zat-zat kimia lain nya yang sangat baik dalam mengurangi kondisi stress. Dengan rutin mengkonsumsi daun tanaman ini, maka akan membuat daya ingat akan semakin meningkat. 

Manfaat daun kelor untuk kanker

Fungsi daun kelor di percaya bisa mengobati dan dapat mencegah berkembang nya sel sel kanker di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi serta zat-zat baik lain nya yang terdapat pada daun tanaman ini, akan efektif dalam membantu pasien kanker dalam menjalani kemoterapi.

Khasiat daun kelor lain nya juga bisa untuk Menjaga kesehatan otot, Memperbaiki kesehatan mata, menyembuhkan peradangan,  Menjaga kepadatan tulang, Menurunkan tekanan darah tinggi, Penambah darah, Mencegah kerusakan pada hati, Menjaga kesehatan rambut, Menurunkan resiko terkenanya penyakit ginjal, Menyehatkan sistem pencernaan, Sangat baik untuk melancarkan ASI, Menurunkan berat badan, Menjaga kesehatan jantung, Melindungi tubuh dari berbagai bakteri, Mengatasi diabetes, Menghilangkan flek hitam, Sebagai obat untuk rematik, Memperlambat penuaan dini.

Cara mengolah daun kelor

Lantas bagai mana cara pengolahan nya ? Daun kelor dan manfaat nya di atas, dapat kita peroleh dengan berbagai cara, salah satu nya dapat di pergunakan sebagai lalapan mentah, tapi tidak boleh daun nya di biarkan berlama-lama ya, konsumsi daun kelor sesegera mungkin segera setelah di petik dari pohon nya.

Jika lebih dari 3 jam daun tersebut dibiarkan begitu saja, dikuatirkan daun kelor akan mengalami fermentasi di tandai dengan daun nya yang layu, tentunya akan mengurangi khasiat dan bahkan dapat merugikan tubuh. Intinya, langsung konsumsi disaat daun kelor masih segar. 

Cara mengolah daun kelor yang kedua, yaitu bisa juga kita dapatkan dengan cara membuat dan mengolah nya sebagai minuman teh. Cara ini juga banyak di lakukan oleh sebagian orang, bahkan teh daun nya telah banyak yang menjual dalam bentuk kemasan. 

Jika sobat berniat membuat teh daun kelor dengan proses tangan sendiri, sobat bisa mengambil daun yang masih muda yang berada di seputaran pucuk, cuci bersih terlebih dahulu daunnya, dan jemur daun di udara terbuka (di angin-angin kan), tapi jangan di jemur di bawah terik matahari, karena jika di jemur di bawah terik matahari hari akan menyebabkan kandungan vitamin dan kebaikan lainnya akan rusak dan berkurang. Setelah daun kelor dipastikan benar-benar kering sempurna, tumbuk hingga halus dan simpan pada wadah. 

Cara penyimpanan teh bubuk daun kelor harus di perhatikan, letak kan wadah yang berisi bubuk teh daun di tempat-tempat yang sejuk agar bubuk teh nya bisa bertahan lama. Bubuk teh daun pun telah siap di pergunakan, cara menyeduh nya sama seperti membuat teh biasa, campur dengan madu agar lebih nikmat, atau sesuai selera.

Daun kelor dan manfaat nya yang ketiga dapat di peroleh dengan menjadikan nya sebagai sayuran. Daun kelor muda juga bisa di jadikan sayuran bening atau jenis pengolahan lainnya, cara pengolahan nya sama seperti memasak sayuran lainnya, silahkan tambahkan bahan-bahan condimen lain yang sesuai dengan selera. dijamin rasa nya enak dan kaya manfaat. 

Efek samping daun kelor

Daun kelor dan manfaat nya untuk kesehatan sangat banyak, baik itu sebagai pencegahan maupun pengobatan penyakit. Tapi harus di perhatikan bahwa tumbuhan ini juga memiliki efek samping pada sebagian orang. Mengkonsumsi tanaman ini secara berlebihan dapat menyebabkan perut mengalami rasa mual, atau lambung menjadi tidak nyaman. Dengan pemakaian yang bijak  tentu kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Daun kelor dan manfaat nya untuk kecantikan kulit juga memiliki resiko untuk sebagian orang. Tidak semua orang bersahabat dengan cara perawatan menggunakan bahan yang satu ini. Jadi sangat di sarankan sebelum menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikan, ada baik nya untuk mengetes terlebih dahulu pada kulit tangan atau  leher untuk mengetahui terjadi reaksi alergi atau tidak.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar