Breaking News

Definisi Bayi Mewakili Perasaan Kasih Sayang

Definisi bayi bisa dikatakan mewakili perasaan kasih sayang yang terjadi antar manusia. Namun setiap orang memiliki definisi atau pemahaman yang berbeda terhadap bayi. Bayi dikatakan sebagai tahapan pertama kehidupan seorang manusia, yakni tahapan pertama setelah ia dilahirkan ke dunia dari rahim seorang ibu.

Definisi Bayi Mewakili Perasaan Kasih Sayang

Nah, pada saat itu setiap perkembangan otak maupun fisik yang terjadi pada bayi akan selalu menjadi perhatian utama. Baik ia dilahirkan secara normal maupun tidak, misalnya kondisi tertentu seperti prematur.

Bayi prematur merupakan keadaan bayi yang lahir sebelum waktunya atau belum cukup bulan dan memiliki berat badan rendah. Jika lahir dalam keadaan prematur maka harus memperoleh perhatian utama dari seluruh keluarga dalam hal perawatan hingga berumur 1 tahun atau ketika perkembangannya benar-benar sudah lebih kuat.

Pengertian Berbeda tentang Bayi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bayi dikatakan sebagai anak yang belum lahir. Dan banyak orang pun memiliki pengertian dan pemahaman yang berbeda mengenai bayi, diantaranya adalah :

  • Sheila Kitzinger, menganggap bayi adalah pribadi yang unik dan akan mengundang rasa ingin tahu Anda.
  • Penny Simkin, Janet Whalley, Ann Kepler yang menganggap bayi merupakan individu yang memiliki temperamen dan kepribadian yang unik.
  • Dalai Lama menganggap bayi adalah seorang makhluk yang hadir ke dunia dengan membawa rasa senang bagi orang lain. Dimana akan meminta keadaan atau kondisi lingkungan yang tepat sehingga akan memungkinkan tumbuh kembangnya baik fisik maupun sosialnya, misalnya sifat kasih sayang yang secara alami ada padanya.

Bayi selalu Menggemaskan

Bayi selalu menggemaskan dengan wajah polosnya yang menyenangkan. Setiap perkembangan yang terjadi sejak ia lahir akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang lain. Ketika ia menangis, membangunkan orang tuanya untuk mengganti popoknya, ia bertambah gemuk, bisa merangkak, memanggil ibu atau ayahnya, berjalan, membuat berantakan rumah dan lainnya.

Bayi akan belajar banyak hal di sekelilingnya. Ia akan memasukkan apapun ke dalam mulutnya, sehingga harus banyak memperoleh perhatian karena ia pun rentan terkena berbagai penyakit. Itulah sebabnya lingkungannya harus bersih, memperoleh imunisasi, dan lainnya.

Bayi akan terus belajar dari lingkungan sekitarnya, seperti belajar berjalan tanpa takut jatuh karena memang belum memiliki pikiran tentang jatuh sehingga ketika jatuh ia akan berdiri lagi dan mencoba berjalan kembali.

Ketika sedang belajar berbicara ia akan menirukan kata-kata apa yang didengarnya, sehingga orang-orang yang merawatnya harus berbicara dengan hati-hati agar bayi tersebut tidak mendengar kata-kata kurang baik dan menirukannya.

Setiap perkembangan yang terjadi pada bayi dan sesuai dengan biasanya akan membuat orang tuanya senang dan bangga. Namun jika perkembangan yang terjadi tidak seperti biasanya, misalnya terjadi keterlambatan berbicara atau berjalan maka akan membuat orang tua sedikit khawatir. Hanya saja setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Definisi bayi selalu memberikan respon yang berbeda bagi setiap orang.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close