Tips Persiapan Menghadapi Pengumuman CPNS

Pengumuman CPNS merupakan salah satu pengumuman yang paling dinanti-nantikan oleh masyarakat. Lowongan CPNS masih begitu diminati oleh banyak orang meskipun mereka tahu sangat sulit dan banyak persaingan untuk mendapatkannya. Tidak heran jika suasana pengumuman CPNS sedikit menghebohkan dan oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diantisipasi oleh kita semua yang terlibat di dalamnya. Berikut ini tips persiapan menghadapi pengumuman CPNS yang wajib diketahui.

Tips Persiapan Menghadapi Pengumuman CPNS
Tips Persiapan Menghadapi Pengumuman CPNS

Suasana Pengumuman CPNS dan Cara Menanggapinya

Ada banyak sekali reaksi dan suasana yang kemungkinan timbul saat diadakannya pengumuman ini. Reaksi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Perasaan Kecewa

Bahkan, sebelum pengumuman diberitahukan kepada umum, sudah ada yang merasa kecewa terhadap dirinya sendiri. Perasaan ini bisa jadi timbul akibat persiapan yang kurang maksimal selama menghadapi ujian. Oleh sebab itu, untuk menghindari perasaan kecewa, buatlah persiapan sebaik mungkin agar dapat menjawab soal-soal dengan yakin dan tepat.

Perasaan Galau

Di samping perasaan kecewa, perasaan galau juga dapat melanda apabila persiapan yang dilakukan tidak maksimal. Tentu setelah mengadakan ujian, Anda dapat memprediksi sendiri apakah Anda dapat menjawab cukup banyak pertanyaan atau hanya sebagian kecilnya saja. Pemikiran tersebut membuat banyak orang galau ditambah dengan pembuktiannya pada saat pengumuman CPNS.

Tindakan Kekerasan

Anda juga perlu melakukan persiapan menghadapi pengumuman CPNS terhadap tindakan kekerasan yang sangat umum terjadi. Rasa kecewa dan kesal yang berlebihan bisa mengarah pada perbuatan anarkis yang berlebihan. Antisipasi kejadian ini sejak awal.

Berdesakan

Suasana paling umum yang mewarnai pengumuman CPNS adalah kondisi berdesak-desakan. Banyak peserta yang ingin melihat pengumuman tersebut secara langsung dan bukan melalui online. Jadi, tentukanlah pilihan yang bijaksana menurut kejadian ini!

Kemarahan

Bagi peserta yang tidak siap menerima kekecewaan karena tidak lolos ujian, kebanyakan meluapkannya dalam bentuk kemarahan. Ada peserta yang menyalahkan panitia dan ada pula yang tidak segan-segan menuduh bahwa peserta lain tidak jujur.

Gangguan Jiwa

Pernyataan ini kelihatannya berlebihan, tetapi begitulah adanya. Dari tahun ke tahun, selalu saja ada peserta yang kehilangan kesadaran jika namanya tidak muncul dalam pengumuman CPNS. Ketidaksiapan dalam menerima kenyataan membuat mereka menderita gangguan jiwa. Sungguh tragis jika melihat kejadian yang satu ini!

Berteriak

Hampir mirip dengan konser, pengumuman CPNS juga kerap kali diwarnai dengan teriakan. Bahkan terkadang terjadi tawuran.

Tindakan Bunuh Diri

Sangat tidak masuk akal jika ada peserta yang sampai bunuh diri jika tidak lolos dalam ujian CPNS. Ya, begitulah yang terjadi jika tidak disertai persiapan mental dan obsesi yang berlebihan.

Bahagia Berlebihan

Sebaliknya dari kesedihan berlebihan bahkan tindakan bunuh diri, ada pula yang meluapkan rasa senang berlebihan karena berhasil diterima. Hal ini juga kurang bijaksana untuk dilakukan dan hendaknya tetap menjaga keseimbangan baik senang maupun sedih.

Nah, apa saja tips persiapan menghadapi pengumuman CPNS yang perlu Anda ketahui dalam menanggapi suasana yang umum terjadi pada peristiwa tersebut? Jika ternyata nama Anda tidak ditemukan dalam pengumuman CPNS, maka cermatilah beberapa saran berikut ini.

Pertama, Anda butuh ketenangan dan jika perlu mencuci wajah agar mendapatkan sedikit kesegaran untuk mengurangi berbagai perasaan negatif yang muncul. Kedua, tunjukkan sikap positif dengan memberi ucapan selamat kepada peserta lain yang berhasil diterima. Ketiga, mulailah semangat yang baru dan tidak perlu terlalu memikirkan kegagalan yang sudah lewat, serta memulai target baru untuk selanjutnya mungkin di bidang lain. Akan tetapi, jika Anda tetap menginginkan PNS, buatlah persiapan yang lebih baik dan lebih maksimal pada seleksi CPNS berikutnya.

Bagaimana dengan Anda yang berhasil lulus dan namanya disebutkan dalam pengumuman tersebut? Tetaplah bijaksana dengan tidak menunjukkan kesenangan yang berlebihan terhadap mereka yang sedang merasa sedih karena tidak berhasil. Jadi, perlihatkan sikap sewajarnya dan berikan dukungan bagi peserta lainnya yang belum beruntung. Semoga tips persiapan menghadapi pengumuman CPNS ini dapat berguna bagi kita semua.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak