Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja

Daftar Isi

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja - Kehidupan terus berputar ibarat sebuah roda. Perkembangan teknologi pun semakin cepat dan mendorong perkembangan gaya hidup. Teknologi semakin mengalami kemajuan, gaya hidup pun begitu sesuai dengan perkembangannya.

Kebutuhan akan berbagai aspek kehidupan pun semakin bertambah seiring waktu. Kebutuhan akan sandang dan pangan serta pernaungan inilah yang akhirnya menyebabkan persaingan dalam dunia kerja. Mengapa?

Di Indonesia sendiri meski memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah, tetap saja ada banyak jumlah pengangguran. Bahkan jumlah tersebut terus bertambah setiap hari.

Mereka yang pengangguran tersebut bukan hanya yang putus sekolah tetapi bahkan yang sarjana dan magister pun ada. Para intelektual muda ini malah harus menganggur juga karena sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja

Bisa dibilang sangat beruntung bagi mereka yang bisa menemukan lowongan kerja yang memang sesuai dengan bidang dan kemampuan mereka. Itu artinya ada kesempatan untuk mereka mengirimkan surat lamaran kerja kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan tersebut. Namun dengan catatan, berhasil menemukan lowongan kerja dan berhasil mengirim surat lamaran kerja -belum tentu berhasil untuk diterima oleh perusahaan tersebut.

Para pencari tentu bukan hanya Anda ya? Ada banyak pencari kerja bahkan melebihi lowongan yang tersedia. Maka dari itu, perjuangan bukan hanya sampai kepada ketika Anda menemukan lowongan dan mengirim surat lamaran kerja.

Ada beberapa tahap lagi yang harus dilalui sebelum surat lamaran tersebut ditanggapi oleh perusahaan terkait. Untuk itu, hal pertama yang bisa Anda perhatikan adalah surat lamaran kerja yang akan Anda kirimkan tersebut.

Hal pertama yang paling memengaruhi apakah Anda akan mendapatkan respon atau tidak adalah surat lamaran kerja dan juga Curriculum vitae (CV) yang Anda kirimkan ke perusahaan. Maka dari itu, penulisan surat lamaran kerja tentu tidak boleh sembarangan melainkan harus diperhatikan.

Yang kedua, perhatikan kesan pertama Anda akan terlihat menjual dari surat lamaran yang Anda kirim. Bagaimana caranya? Setidaknya beberapa tips mengirim surat lamaran kerja berikut akan membantu Anda.

Mengirim Surat Lamaran Kerja

Berikut tips mengirim surat lamaran kerja, di antaranya adalah:

  • Surat lamaran kerja wajib bersih dan rapi serta menarik untuk dibaca oleh pihak perusahaan.
  • Isi surat haruslah jelas, padat dan jujur atau tidak dibuat-buat.
  • Isi surat harus sopan dan penuh rasa hormat.
  • Tunjukkan prestasi atau pun pengalaman yang Anda miliki yang memang paling sesuai dengan permintaan perusahaan. Jadi tidak perlu pula mencantumkan prestasi atau pengalaman yang tidak ada hubungannya dengan yang diinginkan oleh perusahaan meski kelihatannya hebat.
  • Tunjukkan posisi yang Anda inginkan dalam perusahaan.
  • Cantumkan kemampuan yang bisa Anda lakukan terhadap perusahaan nantinya jika diterima.
  • Periksa kembali isi surat lamaran kerja Anda untuk memastikan apakah ada kesalahan pengetikan atau penulisan.

Sementara itu, berikut tips untuk Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup Anda:

  • Cantumkan sasaran kerja yang Anda memang minati.
  • Cantumkan data pribadi dengan lengkap.
  • Cantumkan pendidikan terakhir.
  • Cantumkan keahlian Anda yang memang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.
  • Cantumkan pengalaman kerja Anda sebelumnya.
  • Cantumkan pengalaman berorganisasi yang memang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dilamar ini. Jadi tidak perlu menuliskan semua pengalaman organisasi yang Anda miliki dari SD sampai dengan kuliah -yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang hendak Anda lamar.
  • Cantumkan prestasi yang pernah Anda raih.
  • Cantumkan kelebihan diri Anda dengan ilustrasi singkat. Anda pun bisa memberikan contoh kasus yang mendukung pernyataan Anda tersebut sehingga tidak dianggap bohong semata.
  • Cantumkan pengalaman les atau kursus.
  • Cantumkan nilai TOEFL.

Ya, semua bergantung pada Anda yang harus mampu ‘menjual diri’ ke perusahaan maka niscaya surat lamaran kerja yang Anda kirimkan mendapatkan respon. Selamat bekerja!

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar