Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya - Sukses lolos wawancara kerja -kuncinya- adalah kejujuran, tidak ada yang lain. Jika tidak jujur, meski Anda bisa saja lulus tetap saja yang repot nantinya adalah diri sendiri. Anda harus berupaya menutupi dan berupaya mati-matian memenuhi janji.

Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya
Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya

Namun dengan jujur, Anda lebih tenang bekerja. Nah, untuk itu menjawab berbagai pertanyaan wawancara kerja haruslah dijawab dengan jujur. Anda boleh saja menonjolkan keunggulan pribadi, namun penggunaan keterampilan khusus dalam penyampaiannya alias tutur kata mutlak dibutuhkan.

Baca Juga : Sukses Dalam Karir Kerja Sama Bisnis – Bagaimana Caranya?

Mari kita bahasa beberapa pertanyaan wawancara kera dan jawabannya sebagai persiapan sebelum menghadapi wawancara nanti. Dengan mengetahui pertanyaan yang biasanya akan diajukan, Anda akan lebih siap menjawab, bukan?

1. Ceritakan tentang diri Anda

Ini adalah pertanyaan wajib, terutama dan pertama yang akan diajukan oleh pihak pewawancara. Pertanyaan ini bisa saja terlihat simpel namun di sini pula lah Anda bisa menunjukkan diri Anda pada pihak pewawancara. Namun usahakan untuk tidak mengucapkan apa yang sudah ditulis pada CV. Namun fokuskan pada prestasi yang Anda punya, kelebihan Anda dan kegiatan yang menunjang Anda dalam hal proses melamar pekerjaan tersebut. Ingat pula bahwa tidak perlu terlalu berlebihan ketika menjelaskan mengenai diri Anda.

2. Mengapa kami harus menerima Anda sebagai karyawan di perusahaan kami?

Tahukah Anda bahwa ketika perusahaan langsung menanyakan ini berarti langkah selanjutnya menuju proses rekrutmen berikutnya sedikit terbuka. Untuk menjawabnya, Anda bisa menyatakan keyakinan dengan penuh percaya diri serta antusias bahwa Anda memang layak bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga : Cara Menentukan Karir Peluang Usaha yang Tepat

3. Apa kelemahan Anda?

Agak bingung ya untuk menjawab pertanyaan ini. Jawaban terbaik adalah dengan menekankan pada mengubah kelemahan yang Anda miliki menjadi sebuah kekuatan. Ketika menyebutkan kelemahan Anda maka Anda sebaiknya menyertakan solusi yang akan Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

4. Apa motivasi Anda bekerja di perusahaan kami?

Pertanyaan ini diajukan oleh pihak pewawancara guna memastikan seberapa besar keinginan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut, bukan hanya sekadar coba-coba saja. Anda dapat meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda sangat tertarik bergabung dengan perusahaan dengan penuh keyakinan.

5. Apa visi misi hidup Anda? Apa rencana Anda dalam 5 tahun ke depan?

Tips menjawab pertanyaan wawancara ini, Anda bisa menyebutkan rencana hidup dalam 3 kategori yakni jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Pada rencana jangka pendek, Anda bisa berfokus pada apa yang ingin dilakukan dalam waktu dekat. Untuk jangka menengah, Anda bisa berfokus pada apa yang ingin dilakukan ke depannya. Untuk jangka panjang maka sebutkan perkembangan karir apa yang ingin Anda capai di perusahaan tersebut apabila diterima. Jelaskan visi misi Anda secara tepat dan jelas. Libatkan perusahaan dalam tujuan profesional Anda tersebut, seolah-olah Anda sudah menjadi bagian perusahaan. Visi dan misi Anda pun hampir sama dengan visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga : 4 Tips Ampuh Dalam Menyesuaikan Diri dengan Suasana Kerja

6. Berapa gaji yang Anda inginkan apabila diterima di perusahaan kami?

Pada pertanyaan ini berarti pewawancara sudah mulai tertarik pada Anda. Diakui agak cukup sulit untuk menyebutkan sebuah nilai gaji. Jika memang diperbolehkan maka Anda bisa bertanya berapa gaji yang pantas diterima untuk posisi yang Anda lamar. Atau Anda bisa melakukan riset sebelumnya mengenai gaji di perusahaan tersebut dan menjawab secara realistis yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya di atas dapat Anda jadikan panduan ketika dipanggil wawancara. Ingat pula untuk menjawab dengan keyakinan dan kejujuran. Sukses untuk Anda!

0 Komentar